Pengertian Ekuitas Serta jenisnya Dalam Akuntansi

TerakuratPengertian Ekuitas Dan Jenis-jenisnya Dalam Akuntansi – Apakah kalian tau pengertian Ekuitas dalam akuntansi? Ekuitas didalam perusahaan memiliki tujuan tertentu di antaranya untuk mengetahui riwayat dan prospek investasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Untuk mempermudah dalam administrasi atau manajemen perusahaan dan sebagai bukti pertanggung jawaban manajemen terhadap pemilik perusahaan.

Ekuitas adalah kekayaan bersih dari suatu perusahaan dan berasal dari kata equity atau equity of ownership

Sedangkan untuk menyusun sebuah Ekuitas diperlukan beberapa hal diantaranya pembatasan kepada Likuidasi dan Deviden kepada pemilik saham dan batas perlindungan bagi pemegang saham dan urutan penyerapan jika mengalami kerugian.

Baca juga: cara cek npwp aktif atau tidak

Pengertian Ekuitas Dan Jenis-jenisnya

Ekuitas memiliki arti kekayaan bersih dari suatu perusahaan dan berasal dari kata equity atau equity of ownership.Secara mudahnya, ekuitas diartikan sebagai jumlah total aktiva dikurangi dengan total pasiva.

Dalam ekuitas terdapat lima jenis ekuitas yang sering ada dalam sebuah perusahaan. Setiap perusahaan harus memiliki ekuitas karena berguna untuk menghitung besaran saham yang dimiliki.Jenis-jenis ekuitas di antaranya:

  1. Modal

Modal  merupakan sejumlah uang yang disetorkan pemegang saham perusahaan yang pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu

  1. Modal Saham ialah jumlah nominal investasi yang beredar.
  2. Agio/Disagio saham merupakan selisih setoran antar pemegang saham dengan jumlah yang telah ditentukan. Secara garis besar Agio merupakan selisih atas sedangkan Disagio merupakan selisih bawah.
  3. Laba

Laba ini merupakan kumpulan dari keuntungan penjualan produk-produk perusahaan dari tahun-tahun sebelumnya. Jika laba ini berbentuk saldo debit maka disebut deficit.

Baca juga trypophobia test.

Laba ini dapat diminta sewaktu-waktu oleh pemilik saham.Sehingga perusahaan harus memiliki laba tersendiri untuk mengatasi jika terjadi penarikan laba secara mendadak.

  1. Modal Sumbangan
Baca juga  Langkah Untuk Menjadi Pengusaha Kreatif Yang Sukses

Modal sumbangan merupakan modal yang berasal dari perusahaan lain atau perseorangan yang menyumbangkan dengan nominal tertentu. Biasanya modal sumbangan memiliki timbale balik.

  1. Modal Penilaian Kembali

Melakukan perhitungan ulang dari aktiva perusahaan yang dimiliki dan selisih perhitungan dari periode lama dengan periode baru dicatat sebagai modal penilaian kembali.

  1. Modal Lain-Lain

Modal ini berupa modal cadangan yang berasal dari keuntungan perusahaan.Namun laba dalam modal lain-lain tidak dapat diambil sebagai hak pribadi.

Dengan pengertian ekuitas dan jenis-jenis ekuitas dalam sebuah akuntan, semoga Anda akan lebih memahami apa itu ekuitasdan kegunaannya dalam bidang akuntansi.

Baca juga: cek npwp perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *