Terakurat – Penggolongan Komputer Berdasarkan Penggunaannya – Perkembangan teknologi jaringan komputer saat ini sudah dapat dinikmati oleh setiap orang. Baik orang tua, anak-anak, remaja maupun dewasa sudah dapat menikmati perkembangan internet dan komputer. Tak hanya diperkotaan saja, komputer dan jaringan internet sekarang ini sudah menjangkau daerah yang tidak terjamah maupun daerah pedesaan.

Meskipun masih belum semuanya yang mendapatkan fasilitas tersebut, namun pemerintah terus berusaha agar semua wilayah dapat menikmati internet dan juga komputerisasi.

Namun, tahukah kamu jika komputer tak hanya sejenis saja. Terdapat beragam jenis-jenis komputer lain seperti jenis komputer berdasarkan pengolah datanya dan juga jenis komputer berdasarkan generasinya.

Nah berikut ini adalah penggolongan komputer berdasarkan penggunaannya.

Penggolongan Komputer Berdasarkan Penggunaannya

General Purpose Komputer

Penggolongan Komputer Berdasarkan Penggunaannya

Secara garis besar, General Purpose Komputer adalah sebuah komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum. Selain itu, komputer ini bisa digunakan setiap hari. Dengan begitu, maka komputer tersebut dapat digunkaan untuk mengerjakan berbagai macam tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan serta keterampilan usernya.

Contohnya dalam kategori ini adalah Personel Komputer atau sering disingkat PC.

Selain Personel Komputer, sebagian komputer yang saat ini banyak digunakan dan beredar di masyarakat luas adalah tipe General Purpose Komputer. Tujuan utamanya tentu saja untuk dapat melakukan berbagai macam pekerjaan umum.

Dengan menggunakan komputer jenis ini, tentunya berbagai macam tugas dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat.

Contohnya saja pengeditan dokumen, memanipulasi data kedalam database, penulisan, melacak adanya persediaan produksi, melakukan perhitungan secara ilmiah, bahkan dapat mengontrol sebuah sistem keamanan. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengontrol listrik serta mengukur suhu bangunan.

General Purpose Computer pada dasarnya memanglah dirancang untuk dapat melakukan berbagai macam fungsi dan juga operasi. Contoh lain, General Purpose Computer adalah Ultrabook, Notebook atau biasa disebut Laptop, Netbook dan juga smartphone juga termasuk.

Baca juga  Jenis-jenis BIOS yang Hingga Kini Masih Digunakan

Special Purpose Computer

Jika tadi adalah General Purpose Computer, nah sekarang akan membahas Special Purpose Computer. Komputer jenis ini merupakan kebalikan dari jenis General Purpose Computer.

Special Purpose Computer ini dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Selain itu, hampir setiap waktu dan tugas pada komputer jenis ini adalah untuk memastikan dapat memecahkan suatu masalah tertentu. Special Purpose Computer ini bisa dikatakan sebagai komputer yang dikhususkan untuk melakukan satu tugas saja secara berulang-ulang.

Sistem pada Special Purpose Computer akan sangat bermanfaat ketika memainkan grafis video game dnegan cukup intensif. Selain itu, bisa juga untuk sistem kontrol pada lampu lalu lintas, sistem navigasi dalam pesawat, melacak dan meluncurkan satelit, penambangan minyak, industri otomotif, catatan waktu pada jam digital atau juga sebuah robot.

Meskipun Special Purpose Computer memiliki banyak fitur yang menyerupai dengan General Purpose Computer, akan tetapi sistem penerapannya dalam memecahkan masalah tertentu merupakan tujuan dibentuknya komputer jenis ini. Sebuah intruksi untuk mengendalikannya dibuat langsung ke dalam komputer. Dengan begitu maka pengoperasiannya dapat lebih efisien dan efektif.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Special Purpose Computer hanya dapat melakukan satu fungsi saja. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya jumlah memori yang dibutuhkan serta jumlah informasi yang dapat menjadi input ke dalamnya.

Kelebihannya adalah dalam proses pengolahan datanya menjadi lebih cepat sebab komputer jenis ini hanya melakukan satu tugas saja. Namun sayangnya, jika kamu ingin mengoperasikan Special Purpose Computer, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Contoh dari Special Computer adalah PC Router, Komputer Server dan Dumb Terminal.

PC Router

PC Router adalah router yang dibuat PC yang kemudian dijadikan fungsi router dan dijalankan dengan sistem operasi.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah

Pada umumnya, sistem operasi yang digunakan adalah Linux. Maka dari itu, PC Router kerap kali disebut Linux Based Router.

Komputer Server

Komputer Server adalah sebuah pusat atau jaga titik tengah yang merupakan bagian pening dalam sebuah jaringan. Maka dari itu, komputer server bisa dikatakan juga sebagai jantungnya sebuah jaringan komputer.

Fungsi utama komputer server adalah untuk menyediakan layanan bagi komputer client yakni dengan menyediakan berbagai sumber daya. Sumber daya komputer server seperti hak akses internet, memori yang lebih besar, hardisk yang berkapasitas besar dan tinggi serta printer yang dapat digunakan bersama-sama. Perbedaan antara komputer server dan komputer client bisa terlihat disini.

Dumb Terminal

Dumb Terminal dapat diartikan sebagai komputer terminal yang dapat menerjemahkan sebagian dari kode kontrol. Namun, Dumb Terminal tidak memiliki kemampuan untuk memproses karakter khusus yang dapat menjalankan controlling cursor posirion.

Nah, itulah penggolongan komputer berdasarkan penggunaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here