Penyakit Gastritis merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi pada kebanyakan orang. Penyakit ini terjadi pada organ tubuh lambung. Ketika lapisan lambung mengalami iritasi dan juga peradangan, maka penderitanya akan merasa sangat kesakitan. Jika hal ini dibiarkan berlanjut-lanjut, maka kondisi lambung akan menjadi kronis. Inilah yang dinamakan dengan gastritis.

 

 

penyakit gastritis
penyakit gastritis merupakan kondisi dimana lambung mengalami iritasi

Bagaimana Gejala Gastritis?

Penyakit Gastritis pun memiliki gejala tersendiri. Apa saja yang menjadi gejala gastritis?

1. Cepat merasa kenyang
Penderita gastritis akan merasakan perut yang cepat penuh sehingga menjadikannya kenyang, padahal baru makan.

2. Rasa panas pada bagian lambung
Penderita gastritis juga akan mengeluhkan rasa panas yang terjadi di dalam lambung. Selain rasa panas, penderita juga akan mengalami nyeri yang hebat yang akan membuatnya berjalan terbungkuk-bungkuk

3. Mual dan muntah
Penderita gastritis ternyata tidak hanya diindikasikan dengan sakit perut saja. Namun, penderita juga akan mengalami mual dan muntah yang sering.

4. Perut kembung
Gejala gastritis lainnya adalah ditandai dengan perut yang kembung. Perut kembung akan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, penderita juga akan menjadi berkurang nafsu makannya.

5. Gangguan saluran pencernaan
Karena perut mengalami iritasi dan peradangan, maka secara langsung penderita juga akan mengalami gangguan saluran pencernaan. Gangguan pada saluran pencernaan akan membuat tinja yang keluar berwarna hitam pekat. Ini akan menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit pada bagian perut yang sangat dahsyat.

Pola makan yang buruk bisa menjadi penyebab orang mengalami sakit maag. Dan orang yang mengalami sakit maag akan lebih rentan terkena penyakit gastritis. Jadi, kamu yang sudah memiliki maag harus waspada dan benar-benar mengubah pola hidupmu. Itulah penjelasan mengenai penyakit gastritis. Jadilah orang yang peduli dengan kesehatan agar terhindar dari gastritis.

Baca juga  2 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

 

Diagnosis Penyakit Gastritis

Hal yang akan dilakukan oleh dokter dalam mendiagnosis penyakit gastritis, mulai dari menanyakan gejala, meninjau riwayat kesehatan pribadi dan keluarga, melakukan pemeriksaan fisik, hingga melakukan pemeriksaan lanjutan. Beberapa contoh pemeriksaan lanjutan tersebut di antaranya adalah:

  • Tes pernapas guna melihat keberadaan bakteri H. pylori.
  • Endoskopi dilakukan guna melihat adanya tanda-tanda peradangan di dalam lambung. Pemeriksaan ini terkadang dikombinasikan dengan biopsi (pengambilan sampel jaringan pada daerah yang dicurigai mengalami radang untuk selanjutnya diteliti di laboratorium). Metode biopsi juga bisa diterapkan oleh dokter untuk melihat keberadaan bakteri H. pylori.
  • Pemeriksaan X-ray dan cairan barium dilakukan guna melihat adanya tukak di dalam lambung.
  • Pemeriksaan tinja dilakukan untuk melihat adanya pendarahan dan infeksi di dalam lambung.
  • Pemeriksaan kadar sel darah dilakukan untuk melihat apakah pasien menderita anemia.

 

 

Coba baca : waspada penyakit supir karena terlalu lama mengemudi 

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *