Kenalilah 7 Penyebab Hipoglikemia

terakurat - Penyebab Hipoglikemia - Hipoglikemia - Mengatasi hipoglikemia - mengobati hipoglikemia - gejala hipoglikemia - Istilah medis hipoglikemia

Terakurat Istilah medis hipoglikemia mungkin masih terdengar asing bagi kita. Ternyata ini adalah sebutan untuk gangguan kesehatan yang terjadi karena kadar gula darah berada di bawah normal.

Bisanya hal ini erat kaitannya dengan insulin yang berperan membuka pintu masuk zat gula ke dalam sel. Bagi penderita diabetes, rata-rata mereka menggunakan insulin untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebih.

Baca Juga Penggunaan Obat Imunos.

Bila jumlah insulin berlebih, kadar gula akan otomatis menurun. Faktor lainnya dapat juga karena olahraga berlebihan, pola makan yang buruk dan lain sebagainya.

Mengenali penyebab Hipoglikemia

1. Penggunaan insulin yang melebihi dosis ataupun terlalu banyak meminum obat diabetes. Hal ini dapat menyebabkan pelepasan insulin yang berlebihan.

2. Penyebab lainnya adalah karena ketidak seimbangan penggunaan insulin dengan konsumsi karbohidrat. Seharusnya penderita menyeimbangkan antara aktivitas dengan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Jangan sampai tubuh mengalami defisit sumber energi.

3. Banyak mengkonsumsi alkohol dan minuman keras.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, obesitas dapat menjadikan pankreas memproduksi insulin berlebih.

Baca juga trypophobia test.

5. Puasa juga dapat menjadikan seseorang kekurangan kadar gula darah karena konsumsi makanan juga dibatasi.

6. Menderita penyakit ginjal, hati, tiroid juga kelenjar adrenal.

7. Kekurangan nutrisi karena pola makan yang tidak teratur dan kurang asupan gizi untuk menunjang aktivitas.

Bila kamu sudah merasa adanya gejala hipoglikemia, segeralah seimbangkan kadar gulamu dengan makanan atau minuman manis. Kamu bisa mengkonsumsi permen, jus buah, atau minuman ringan yang tinggi kadar gulanya.

Selain itu kamu juga dapat mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi yang bisa cepat diolah tubuh seperti biskuit, sereal, kue, cake dan lain sebagainya.

Baca juga  2 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Yang Mudah

Baca juga Kumpulan Lagu Barat Terbaik 2019.

Karena kadar gula yang normal berada di atas 70 mg/dl. Pantau terus hingga kadar gula darahmu normal. Apabila keadaannya tak kunjung normal, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter.

Hal ini agar kamu terhindar dari hipoglikemia yang berkepanjangan dan berakibat fatal. Biasanya dokter akan memberikan suntikan berupa glukagon atau infus agar tubuh tidak lemas.

Jadi, jagalah tubuhmu agar tetap memiliki kadar gula darah yang seimbang untuk menghindari hipoglikemia. Sesuatu yang kurang ataupun berlebih itu pasti menimbulkan efek yang tidak baik. Oleh karena itu alangkah baiknya bila kita tetap menjaganya agar seimbang dengan hidup sehat.

Baca juga sociopreneur adalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: