perbedaan-moisturizer-dan-sunscreen– Bingung memilih antara moisturizer dan sunscreen? Apakah kamu mengetahui perbedaan diantara keduanya? Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu ulasan berikut.

Dewasa ini semakin banyak produk moisturizer yang menyertakan SPF di dalamnya, begitu juga Sunscreen yang disertai moisturizer. Sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari keduanya.

Pengertian dan Fungsi Sunscreen dan Moisturizer.

Sunscreen.

Skincare yang juga sering dikenal dengan sebutan tabir surya ini memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sunscreen dibagi menjadi tiga jenis, yaitu chemical, physical, dan hybrid sunscreen yang ketiganya dilengkapi dengan bahan aktif yang berfungsi sebagai filter UV. Bahan aktif tersebut dapat menghalau masuknya sinar UV ke dalam kulit.

Moisturizer.

Pelembab wajah atau moisturizer merupakan skincare yang biasanya berbentuk krim atau gel. Moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembaban dan tekstur wajah. Akan tetapi, Moisturizer tidak dapat melindungi kulit dari sinar UV seperti sunscreen. Hal inilah yang memunculkan inovasi baru dari brand kecantikan untuk menciptakan moisturizer dengan SPF di dalamnya. Moisturizer dengan gabungan SPF ini mengklaim dapat melembabkan wajah dan melindunginya dari paparan sinar matahari secara bersamaan.

Apakah Penggunaan Moisturizer dengan SPF saja cukup?

Inovasi moisturizer yang digabungkan dengan SPF ini diharapkan dapat mempersingkat penggunaan skincare hingga menjadi lebih praktis untuk digunakan. Produk tersebut juga sangat bermanfaat jika digunakan pada siang hari karena dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa dermatologis di Inggris yang dipresentasikan dalam British Association of Dermatologists’ Annual Conference di tahun 2018 menyimpulkan bahwa moisturizer yang digabungkan SPF ini tidak memiliki perlindungan dengan level sama yang dimiliki oleh sunscreen. Lebih lanjut, para dermatologis juga tidak menyarankan untuk menggantikan posisi sunscreen dengan moisturizer ber-SPF pada rutinitas skincare setiap hari. Hal ini juga didukung dengan uji coba foto menggunakan teknologi lensa infrared yang dilakukan oleh para dermatologis tersebut:

Baca juga  Tips Memilih Eye Cream.

Pada uji coba foto, dilakukan pengambilan gambar menggunakan kamera infrared dengan dua sampel: satu adalah kulit wajah yang menggunakan moisturizer ber-SPF dan wajah menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50.

Hasil foto memperlihatkan bahwa kulit yang menggunakan moisturizer ber-SPF terlihat lebih gelap dibandingkan dengan kulit wajah yang menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50. Hal ini menunjukkan perlindungan yang diberikan oleh sunscreen SPF 50 jauh lebih baik daripada moisturizer ber-SPF.

Selain melakukan uji foto pada sunscreen dan moisturizer ber-SPF dengan menggunakan kamera infrared, para dermatologis di konferensi tersebut juga menyarankan bahwa mengaplikasikan ulang moisturizer ber-SPF setiap 2 jam sekali juga tidak mampu melindungi kulit dengan baik layaknya sunscreen. Jadi, sudah jelas ya ladys, menggunakan moisturizer ber-SPF saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari Sinar UVA dan UVB? Kamu masih membutuhkan sunscreen dengan tingkat proteksi yang lebih baik, agar kulit benar-benar terhindar dari kerusakan akibat sinar UV.

Penggunaan Sunscreen dan Moisturizer yang benar dalam Skincare Routine.

Menggunakan Sunscreen dan Moisturizer sama pentingnya agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari dan tetap terjaga kelembabannya di saat yang bersamaan. Untuk mengaplikasikan keduanya kamu bisa mengawalinya dengan double cleansing, toner, serum wajah, moisturizer, dan yang terakhir sunscreen. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan riasan makeup.

Nah ladys… itulah pembahasan tentang perbedaan Moisturizer dan sunscreen. Jangan mudah tergiur dengan praktisnya skincare yang digunakan ya… Memang terlihat simple dan cepat, namun hasil yang diberikan belum tentu dapat melindungi kulitmu secara maksimal. So, moisturizer dan sunscreen memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Gunakan Moisturizer untuk menjaga kelembaban kulitmu dan gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Baca juga  Tips Menghilangkan Bau Kaki !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here