persamaan intranet dan internet

Terakurat – Persamaan Internet dan Intranet – Internet dan Intranet merupakan dua bidang teknologi yang menghubungkan berbagai perangkat yang membentuk suatu kumpulan dari tautan yang disebut network. Keduanya berada pada cakupan yang berbeda. Intranet menghubungkan antar PC yang lokasinya berdekatan dan biasanya skala penggunaanya juga masih kecil. Contohnya seperti Intranet perusahaan, Retailer, Toserba. Sengkan Internet menghubungkan antar PC yang lokasinya berjauhan seperti lintas negara, lintas benua. Jadi, bisa terlihat dari segi cakupannya.

Namun, meskipun keduanya memiliki perbedaan, jika dilihat dari segi luas wilayah dan cakupannya tetapi ada persamaan diantara keduanya. Baik itu dari segi teknologi yang digunakan, penerapan aplikasi clientnya serta parameter lainnya.

Definisi Internet dan Intranet

Persamaan Internet dan Intranet

Sebelum memulai pembahasan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu dasar dari definisi masing-masing antara Internet dan Intranet. Internet adalah kumpulan dari berbagai WAN di seluruh dunia yang membentuk sebuah jaringan Komputer, dalam artian Internet adalah jaringan dunia. Sedangkan Intranet adalah Internet yang cakupannya lebih kecil serta terbatas, biasnya digunakan pada skala korporasi dan retailer.

Penggunaan Internet berdasarkan kebutuhan distribusi sistem informasi pada lingkungan yang terbatas dan terpisah atau dibatasi dari adanya kemungkinan inforasi bisa terkirim ke dunia luar dalam hal ini Internet.

Jadi, meskipun dalam satu korporasi dirancang Internet sedemikian rupa, bukan berarti user Intranet tidak dapat mengakses berbagai konten yang ada di Internet. User Intranet dalam hal ini seluruh resource di korporasi yang bersangkutan, tetap dapat mengakses Informasi di dunia luar dengan bantuan Router modem yang kebanyakan sudah memiliki fitur built in firewall sebagai pengaman sehingga informasi yang keluar dan masuk bisa dikendalikan dan di filter. Nah, berikut ini adalah persamaan Internet dan Intranet

Baca juga  Inilah Teknologi Modern yang Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

Persamaan Internet dan Intranet

Persamaan Internet dan Intranet

Kesamaan Konten

Meskipun keduanya berbeda dalam segi cakupan wilayah, namun pengguanaan konten keduanya tetaplah sama. Baik untuk konten Audio, Video, Grafik, Dokumen dan lainnya. Keduanya tetap menggunakan konten tersebut untuk berbagai keperluan distribusi data antar node.

Aplikasi yang Digunakan Sama

Selain kesamaan konten, kesamaan dari keduanya adalah dari sisi penggunaan aplikasi (dalam hal ini adalah aplikasi client) baik internet maupun intranet, sama-sama memanfaatkan jenis aplikasi yang sama.

Aplikasi jenis Web Browser untuk membuka laman terdistribusi, aplikasi E-mail client yang bisa kamu gunakan oleh korporasi dalam pemanfaatan media komunikasi antar staff dengan domain internal yang dimiliki oleh perusahan, aplikasi client untuk sharing konten menggunakan protokol FTP dan STP yang dibutuhkan oleh visi IT dalam troubleshoting aplikasi client yang terjadi di perusahaan tersebut, serta masih banyak lagi contohnya.

Menggunakan Protokol Jaringan yang Sama

Baik Internet dan Intranet semuanya sama-sama menggunakan teknologi yang ada saat ini seperti HTTP, TCP/IP, SMTP, POP3, sehingga memungkinkan pemanfaatan aplikasi yang sama diantara keduanya. Meskipun demikian, konfigurasi dan pemilihan aplikasi yang tepat akan tetap perlu dilakukan, mengingat aplikasi yang ada saat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya agak mubazir jika menggunakan aplikasi E-mail yang lengkap jika hanya digunakan untuk keperluan berbasis intranet sedangkan semua fitur tersebut tidak semuanya akan digunakan.

Dapat Menghubungkan Antar Komputer

Persamaan lainnya adalah bahwa keduanya dapat menghubungkan antara node yang satu dengan node yang lainnya untuk bisa saling berkomunikasi, mendistribusikan data, membagikan konten dan lainnya.

Dalam hal ini, node yang dimaksud adalah komputer. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan adanya kedua teknologi tersebut, maka berbagai konten bisa dilewatkan antar node melalui link yang hanya tersedia dalam waktu yang singkat. Hal ini ditunjang dengan perkembangan teknologi, arsitektur aplikasi, media fisik dan lainnya.

Baca juga  Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 yang Harus Kamu tahu!

Sama-sama Menggunakan Teknologi Berbasis Firewall

Karena keduanya bekera pada distribusi jaringan yang saling terhubung, maka sudah menjadi hal yang pasti dibutuhkan untuk memanfaatkan tekologi keamanan baik berupa Firewall untuk mengamankan jaringan yang ada maupun Enskripsi untuk pengkodean konten tertentu. Hal tersebut dilakukan agar hanya user saja yang dapat membuka konten tertentu yang dibagikan melewati jaringan mengguakan security key yang diberikan oleh pengirim. Dengan demikian maka keamanan jaringan keduanya lebih terjamin berkat pengadaan sistem keamanan tersebut.

Lintas Platform Sistem Informasi

Persamaan lainnya adalah bahwa kedua teknologi tersebut adalah sama-sama dapat dijalankan pada lintas platform. Artinya baik Intranet maupun Internet dapat menggunakan Sistem Operasi yang berbeda seperti Windows dengan Linux. Kedua platform tersebut bisa saling berbagi komunikasi karena menggunakan protokol yang sama yakni HTTP dan protokol jaringan lainnya.

Nah, itulah beberapa persamaan antara Intranet dan Internet

By Heruuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *