board-game- Pembatasan kegiatan selama PPKM mungkin akan membuat kamu bosan dan jenuh harus terus berada dirumah. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasi kejenuhan itu dengan berbagai kegiatan seperti menonton film atau drama, memasak kue, atau bermain game. Permainan seru yang bisa dilakukan bersama kluarga adalah beimain Board Game. Berikut ini beberapa Board Game seru yang bisa kamu mainkan bersama anggota keluargamu.

Werewolf: One Night Ultimate Werewolf.

One Night Ultimate Werewolf atau lebih populer disebut dengan permainan Werewolf adalah permainan papan yang sudah cukup populer di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini. Permainan ini merupakan jenis permainan role play yang mana setiap pemain yang berjumlah antara 3 sampa11 orang akan mendapatkan peran yang harus dirahasiakan dari para pemain yang lain.

Tujuan utama dar permainan ini adalah menemukan Werewolf atau serigala tersembunyi yang ada di antara mereka. Permainan ini juga sangat seru jika dimainkan bersama anggota keluarga. Para pemain dengan perannya masing-masing akan saling tuduh untuk menemukan sang serigala yang menyamar diantara mereka. Werewolf ini juga merupakan salah satu permainan strategi yang sangat diminati dan cocok dimainkan bersama-sama.

Pandemic.

Permainan ini merupakan permainan strategi yang bisa dijadikan bahan pembelajaran kepada keluarga tentang bagaimana cara paling tepat untuk menghentikan pandemi. Cocok untuk menghadapi situasi seperti sekarang ini.

Game Pandemic ini sebuah permainan dengan tujuan untuk menghentikan wabah penyakit di seluruh dunia dengan bekerja sama dengan orang lain. Saat bermain, kamu harus melakukan tindakan yang sesuai untuk berpindah-pindah lokasi sambil mengobati penyakit, membangun stasiun penelitian, dan menemukan obat yang tepat agar bisa memenangkan permainan.

Namun, hanya dengan empat tindakan per giliran, kamu tidak mungkin dapat melakukannya sendiri, dan setelah giliran setiap pemain, maka akan lebih banyak penyakit yang muncul di papan. Semakin banyaknya penyakit yang muncul di kota maka wabah juga akan menyebar kemana-mana, hal ini akan mengancam kekalahan. Karena itu kamu harus bekerjasama dengan pemain yang lainnya untuk bisa menghilangkan wabah dan menang.

Game ini merupakan permainan strategi yang mewajibkan kamu dan pemain lainnya bekerjasama untuk membuat rencana ke depan, menentukan letak bahayanya yang sedang terjadi sekarang, dan menganalisis apa yang rentan pada masa yang akan datang.

Villainous.

Rekomendasi board game yang berikutnya adalah Villainous. Jika biasanya dalam film Disney sang karakter utama akan diceritakan mengalahkan sang penjahat (villain), namun dalam board game ini kamu justru ditugaskan sebaliknya.

Pada permainan ini, kamu akan diberikan peran menjadi salah satu tokoh villain, lalu tugasnya adalah mengalahkan para tokoh-tokoh terkenal Disney seperti Aladdin Peter Pan, dan juga Sleeping Beauty. Untuk mengalahkan beberapa tokoh Disney ini, kamu harus mengambil kartu takdir yang sudah disediakan. Setelah itu, kamu bisa merusak rencana villain lain ataupun tokoh baik yang sudah kamu incar. Dalam permainan ini, kamu bisa bermain bersama 2 hingga 6 orang lain, dan telah dilengkapi dengan paket kartu takdir dan juga berbagai penggerak tokoh-tokoh yang ada pada permainan tersebut.

Baca juga  Cantik dan Berhati Emas, Artis Korea Ini Bak Malaikat!

Permainan ini bisa dimainkan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Karena terbilang sangat seru dan penuh intrik, permainan papan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu cara mengisi waktu luang selama di rumah saja. Untuk permainan papan kecil dan ringan yang berisi cukup strategi untuk dimainkan berulang kali, sementara juga tidak mengintimidasi pemain baru, Splendor merupakan pilihan yang pas.

Splendor.

Secara singkat, ini adalah permainan membeli kartu dengan membayar biaya permata dengan warna berbeda, dan setiap kartu yang kamu beli akan memberi lebih banyak permata yang dapat digunakan untuk membeli kartu dengan lebih mudah.

Dalam beberapa kartu ada nilai poin (biasanya hanya yang lebih mahal), dan ketika seseorang mencapai 15 poin, permainan berakhir pada putaran itu, meskipun pemain lain memiliki kesempatan untuk membeli satu kartu terakhir yang dapat menjaring lebih banyak poin. Game ini merupakan permainan santai yang sangat pas jika dimainkan sambil mengobrol.

Jaws: The Board Game.

Ini adalah salah satu jenis board game yang tergolong masih baru. Ia dirilis pada tahun 2019 oleh Ravensburger dan permainan ini diadaptasi dari film klasik bertema hiu, Jaws. Pada permainan ini, hanya ada 2 hingga 4 pemain yang akan berperan menjadi sekelompok orang yang terdampar di sebuah pulau misterius bernama Amity Island. Di pulau ini, manusia harus bertahan dari serangan hiu raksasa yang siap memangsa mereka.

Dalam board game ini, peraturannya cukup sederhana. Tiga pemain akan berperan sebagai manusia yang bernama Brody, Hooper, dan Quint, sementara 1 pemain lainnya akan berperan menjadi sang hiu. Tujuan utama dari game ini adalah menghindari serangan hiu. Bila manusia berhasil meloloskan diri dari serangan hiu, maka tim manusia dinyatakan menang. Sementara jika hiu putih berhasil menyerang kapal Orca yang merupakan tempat berlindung manusia, maka manusia dianggap kalah.

Ticket to Ride.

Rekomendasi board game terakhir adalah Ticket to Ride. Ini adalah rangkaian permainan yang mewajibkan Moms mengumpulkan kartu berwarna. Kartu ini akan digunakan untuk menghubungkan lokasi berbeda di papan, dan mendapatkan poin untuk melakukannya. Permainan ini cukup sederhana dan ada versi game yang lebih besar yang harganya lebih mahal dan dimainkan dalam waktu yang juga lebih lama. Namun, versi miniatur akan memberikan kamu semua taktik game yang lengkap, tetapi dalam sensasi yang tetap menyenangkan.

Fast Fun Blokus.

Asah kecerdasan interpesonal anak dengan permainan board game yang simpel, namun tetap seru.Kemampuan anak dalam bermasyarakat serta memahami dan berinteraksi dengan orang lain menunjukkan kecerdasan interpersonalnya. Untuk para orang tua yang mencari mainan untuk menstimulasi kecerdasan interpersonal anak, Mattel Games Fast Fun Blokus ini sangat rekomended. Board game yang simpel ini harus dimainkan setidaknya oleh dua orang sehingga mengharuskan anak berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga  Rekomendasi Film Natal Untuk Keluarga!

Mainan produksi Mattel Games tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Begitu pula yang saya temukan pada permainan Fast Fun Blokus. Ukuran kepingannya memang kecil, tetapi cukup tebal sehingga tetap mudah untuk dimainkan anak-anak. Dengan permainan yang seru ini, kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain pun bisa makin terasah.

Wooden Latches Board.

Mengasah kemampuan motorik dengan buka tutup 6 pintu.Melissa & Doug Wooden Latches Board merupakan papan dengan enam pintu yang memiliki kunci atau gerendel berbeda-beda. Ada gerendel yang perlu diangkat, digeser, atau diputar untuk membuka pintunya. Berbagai bentuk gerendel ini melatih motorik anak dalam membuka dan menutup pintu tersebut.

Setiap pintu memiliki warna dan angka berbeda, dari 1 sampai 6. Selain mengasah kemampuan motoriknya, anak dapat belajar mengenal warna dan berhitung lewat mainan Wooden Latches Board ini. Saat pintu dibuka, terdapat gambar hewan sejumlah angka yang tertera di depan rumah. Misalnya, rumah oranye dengan angka 6 berisi gambar enam ikan oranye. Ajak anak menghitung bersama jumlah hewan di dalam rumah tersebut.

7 Wonders Duel.

Pertarungan berlatar kebudayaan kuno. Permainan ini dikhususkan untuk dimainkan oleh dua orang saja. Bertemakan strategi, permainan ini cocok bagi Anda yang mencintai permainan yang mengasah pikiran. Kamu bisa menang dengan mengumpulkan poin membangun sebuah peradaban.

Kekurangannya adalah tidak bisa dimainkan oleh banyak orang sekaligus. Namun, selain bisa asyik bermain, kamu juga bisa belajar mengenai pengetahuan peradaban kuno. Singkatnya, kamu dapat bermain sekaligus belajar. Tidak berlebihan bila ada yang menyebutnya education game.

Geistesblitz-2.

Adu kecepatan dalam menyambar objek. Dari namanya saja sudah jelas bahwa permainan ini melatih refleks setiap pemain. kamu harus berhati-hati terhadap refleks cepat lawan bermainmu. Namun, bukan hanya refleks yang terpenting. Ketelitian dan ketepatan juga dibutuhkan dalam permainan ini.

Permainan ini terbilang cukup tricky. Ada saatnya kamu harus mengambil benda, dan ada saatnya kamu harus mengucapkan nama bendanya. Bahkan, ada saatnya kamu juga harus menyebutkan nama benda dalam bahasa lain. Jika kamu yang mau melatih kecepatan dan daya konsentrasi, board game ini adalah jawaban yang tepat.

Star Wars Risk.

Permainan penuh aksi dan petualangan bisa kamu temukan dalam board game Star Wars Risk ini. Berlatar belakang cerita “Star Wars: Return of The Jedi”, peperangan dalam permainan ini pun tidak terhindarkan! Permainan ini adalah board game impian untuk para pencinta Star Wars.

Tujuan dari permainan ini adalah menghancurkan atau melindungi Death Star. Pemain dengan keberuntungan tertinggi akan memenangkan pertarungan ini. Nah, penasaran kan ingin ikut  merasakan pertempurannya!

Baca juga  Sinopsis Film (2020), Anak Garuda!

Candy Land Game.

Sesuai dengan namanya, Candy Land hadir dengan konsep yang juga dipenuhi hal-hal manis. Mulai dari warna-warna cerah sampai desain gambar permen dan makanan manis ada di mana-mana. Permainannya pun sangat sederhana, tujuannya adalah membuat pion sampai di candy castle.

Permainan ini cocok untuk anak-anak, terlebih lagi bagi anak yang sedang belajar tentang warna. Hal ini karena pion boleh bergerak sesuai warna yang ditunjukkan pada kartu. Selain itu, permainan Candy Land sendiri memiliki beragam versi. Ada versi original dengan karakter ginger bread, versi Disney dengan karakter princess, atau versi My Little Pony.

Power Grid Deluxe.

Berlomba membangun pembangkit listrik di berbagai kota dengan board game yang satu ini dijamin seru loh. Board game ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai permainan bertema manajemen. Kamu bisa belajar mengatur sumber daya yang ada untuk membangun pembangkit listrik. Tujuan permainan ini adalah untuk membangun pembangkit listrik sebanyak mungkin.

Waktu bermain yang diperlukan kisaran 90-120 menit. Makin banyak pemain, makin lama waktu bermainnya. Idealnya, permainan ini dimainkan oleh 4-5 pemain. Bermain permainan ini juga bisa melatihmu menjadi manager handal loh!

Laga Jakarta.

Merasakan bagaimana sensasi menjadi perantau di ibu kota, bisa kamu rasakan dalan board game berikut ini. Dalam permainan ini, setiap pemain berperan menjadi perantau di Jakarta yang ingin meraih kesuksesan dengan bekerja. Hampir semua pekerjaan di Jakarta ada di dalam permainan ini, termasuk preman.

Mekanisme permainan ini mirip dengan permainan congklak. Namun, permainan berakhir saat kartu berita telah habis. Pemain dengan poin tertinggi adalah pemenangnya. Di samping itu, dengan membeli Laga Jakarta berarti kamu juga turut mendukung karya anak bangsa. Board game lokal yang satu ini juga tidak kalah seru dengan board game impor. Cintai produk dalam negeri ya teman-teman!

Betrayal at House on The Hill.

Bermain melawan pengkhianat dalam sebuah rumah misterius merupakan permainan yang menarik sekaligus menegangkan. Permainan ini adalah petualangan di rumah hantu dengan menelusuri ruangan-ruangan di dalamnya berdasarkan hasil kocokan dadu. Kamu harus mengalahkan satu orang pemain yang berperan sebagai pengkhianat.

Permainan ini sangat menarik karena seru dan menegangkan. Temanya pun cukup lengkap karena selain horor, ada juga kesan action, petualangan, dan misterinya. Board game ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam sebuah permainan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here