terakurat.com – Rekomendasi Drone Terbaik – Drone atau yang dikenal dengan nama unmanned aerial vehicles (UAV) adalah sebuah robot terbang yang dikendalikan dari jarqak jauh dengan menggunakan kemampuan terbang yang dikontrol oleh software di dalamnya. Sebuah drone dalam penerbangannya mengandalkan global positioning system (GPS). Pada awalnya drone digunakan dalam dunia militer untuk latihan target anti pesawat, sebagai senjata maupun untuk kepentingan pengumpulan data intelijen. Namun seiring dengan perkembangannya, saat ini tidak hanya digunakan dalam dunia militer namun juga dalam dunia sipil seperti digunakan untuk pemantauan lalu lintas, pemantauan cuaca, pertanian, pencarian orang pengantaran barang maupun untuk fotografi dan videografi.

Membutuhkan baterai atau bahan bakarĀ  lainnya untuk terbang, drone juga diperlengkapi dengan rangka bodi yang ringan, baling-baling dan rotor. Dalam pengoerasiannya, drone membutuhkan controller. Operator drone akan menggunakan alat remote control untuk menerbangkan dan menavigasi. Komunikasi yang digunakan antara pengguna dan drone adalah menggunakan Wi-Fi atau gelombang radio.

Rekomendasi Drone Terbaik

Terdapat beberapa pengelompokan drone yang dapat digunakan untuk memudahkan memilih drone sesuai peruntukannya. Pengelompokan tersebut diantaranya :

  • Mini drone. Cukup popular disebut dengan nama quadcopter. Berukuran sangat kecil dan mudah diterbangkan.
  • Professional drone. Biasanya memiliki harga yang relative mahal. Disebut profesioanl karena sesuai dengan tujuan penggunaannya, dengan dukungan fungsi, fitur dan pengoerasian yang mendukung.
  • Hobby drone. Memiliki ukuran sedang dengan kualitas kamera yang standar. Memiliki fitur-fitur unik yang dapat memudahkan dalam penggunaan drone.
  • Racing drone. Drone ini memiliki mesin motor yang sangat baik dengan kemampuan terbang cepat.
  • Selfie drone. Cukup digemari karena memiliki ukuran yang ringkas dan mudah dibawa. Penggunaannya dapat di dalam maupun diluar ruangan.
Baca juga  Jenis Firewall yang Mampu Melindungi Jaringan Komputer

Bila ingin dikelompokkan kedalam kemampuan terbangnya, drone dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Single rotor. Cukup dikenal juga sebagai helicopter remote control dengan kemampuan terbang yang tinggi namun dalam satu posisi tanpa berputar. Drone ini tidak boros dalam penggunaan daya listrik. Single rotor beroperasi untuk menerbangkan drone, sedangkan rotor yang lebih kecil di dekat ekor mengendalikan arah pergerakan drone.
  • Multi rotor. Merupakan pilihan yang cukup popular dikalangan aerial photography dan surveillance karena memiliki kemampuan bertahan yang cukup lama dengan posisi yang stabil.
  • Fixed wing. Merupakan drone yang memiliki desain mirip dengan gaya konstruksi pesawat terbang. Dapat meluncur pada jalur yang telah ditentukan.

Lantas apa rekomendasi drone yang dapat menjadi pilihan saat ini? Berikut beberapa diantaranya :

1.DJI Mini 3 Pro

Drone ini memiliki ukuran yang ringkas, dengan kemampuan yang sangat baik. Memiliki kamera yang bagus, sensor penghindar hambatan dan beberapa fitur canggih lainnya yang biasanya dimiliki oleh drone besar. Kameranya menggunakan sensor 1/1, 3 inci dengan resolusi 12,1 MP. Mengakomodasi kebutuhan berbagai pemotretan dengan bermacam kondisi pencahayaan. Drone ini dapat bertahan di udara sekitar 34 menit. Harga drone ini sekitar 14 jutaan.

2.DJI Mini 2

Memiliki ukuran yang kecil dengan kemampuan performa yang cukup besar. Memiliki fitur yang mendukung untuk penggunaan kasual maupun professional. Memiliki kamera 12 megapiksel mampu menyimpan foto dalam format JPEG dan RAW. Untuk video, drone ini mampu merekam video 4K. Dengan dukungan baterai 4.000 mAh, drone ini dapat diterbangkan selama 31 menit. Harga drone ini dikisaran 7 jutaan.

3.DJI Mavic Air 2

Drone ini memiliki fitur AirSense yaitu kemampuan untuk mendeteksi dan menginformasikan kepada penggunanya apabila ada pesawat terbang di dekat drone. Juga terdapat sensor rintangan yang membuat terjadinya tabrakan sangat minim. Memiliki system autopilot yang canggih dan dengan baterai yang mampu mendukung penerbangannya selama 34 menit. Harga drone ini sekitar 11 jutaan.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Partisi Hardisk Terbaik yang Patut Kamu Coba!

4.Syma X5C-1

Cocok untuk pemula, drone quadcopter ini sudah dilengkapi dengan kamera HD 720p. Memiliki kemampuan gerak yang stabil baik untuk naik-turun, maju-mundur maupun terbang ke kiri-kanan. Dengan dukungan daya baterai 500 mAh, drone ini memiliki kemampuan terbang selama 7 menit. Untuk pemula sangat pas, akrena drone ini dilengkapi dengan propeller guard. Harganya sekitar 500ribuan.

5.Eachine E58

Mirip peruntukannya seperti Syma X5C-1 untuk pemula, drone ini memiliki kamera wide angle dengan bidang pandang sebesar 120 derajat. Kamera juga dapat dimiringkan hingga 90 derajat. Dapat menghasilkan foto sebesar 2 megapiksel dan merekam video HD (720p). Harganya sekitar 600 ribuan

6.Parrot Swing Drone

Bentuk drone ini unik dan berbeda dari model drone quadcopter lainnya. Dengan tampilan sekilas mirip seperti capung dengan dilengkapi baling-baling di ujung setiap sayapnya. Baling-baling ini dapat menghadap ke atas maupun ke depan. Untuk kestabilannya, drone ini dilengkapi dengan sensor gyroscope dan accelerometer tiga poros. Untuk kemampuan foto, drone ini memiliki resolusi kamera 0,3 megapiksel. Harga drone ini sekitar 2 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here