Genre merupakan penggolongan atau klasifikasi buku berdasarkan jenisnya, misalnya ensiklopedia, novel, komik, buku pendidikan, dan lain-lain.

Novel juga dapat terbagi dalam beberapa kategori seperti metropop, teenlit, chicklit, dan novel umum. Masing-masing genre mempunyai gaya penceritaan dan penokohan yang berbeda-beda. Gaya tersebut disesuikan dengan target pembacanya, apakah dia remaja atau dewasa.

Sebagai contoh, kisah percintaan anak SMA dan wanita dewasa tentu saja berbeda. Untuk itulah klasifikasi dalam novel diperlukan. Sebaiknya Anda mengetahui genre novel yang akan dibeli agar tidak merasa kecewa setelah membelinya.

Novel Teenlit, Cocok Untuk Remaja.

Teenlit berasal dari kata teen dan literature yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai karya sastra untuk remaja. Sama dengan namanya, novel teenlit ini memang sengaja ditujukan untuk para pembaca remaja.

Tema-tema yang diangkat berkutat pada kehidupan remaja dengan segala suka dukanya. Ada kisah percintaan, persahabatan, hingga pencarian jati diri. Kebanyakan penulis novel teenlit menggunakan bahasa gaul yang biasa digunakan oleh kebanyakan remaja masa kini.

Novel Chicklit, Sangat Ringan Untuk Dibaca.

Sama seperti halnya teenlit, chicklit juga berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu chick dan literature. Dalam bahasa Amerika, chick diartikan sebagai perempuan yang muda. Chicklit lebih dipahami sebagai novel yang mengambil tema kehidupan seorang wanita muda di perkotaan dengan segala permasalahannya.

Pada mulanya, genre chicklit ini dihadirkan untuk novel terjemahan bahasa Inggris yang bercerita tentang kehidupan perempuan dewasa. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat banyak penulis Indonesia menulis ke dalam genre ini.

Cintapuccino karya Icha Rahmanti adalah salah satu chicklit asli Indonesia yang menjadi best seller pada awal kemunculannya. Meski permasalahan yang ditimbulkan lebih kompleks dibandingan novel teenlit, genre ini tetap ringan untuk dibaca.

Novel Metropop, Kerap Menceritan Tentang Kehidupan Masyarakat Urban.

Metropop merupakan novel yang banyak mengangkat cerita tentang kehidupan masyarakat urban dengan semua drama dan suka-dukanya. Tokohnya berkutat pada masyarakat kelas menengah yang tinggal di kota-kota besar.

Baca juga  Rekomendasi Film Komedi Romantis Indonesia yang Sangat Seru dan Menghibur

Novel ini sebagian besar temanya mengusung sisi romantisme, gaya hidup, dan karir yang disajikan dengan gaya bahasa pop. Istilah dari metropop pertama kali diperkenalkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Novel umum, bisa dibaca oleh laki-laki maupun perempuan.

Selain ketiga jenis novel tersebut, ada juga beberapa novel yang tema dan kisahnya universal. Penokohannya juga beragam, tidak hanya terpatok pada usia dan jenis kelamin tertentu.

Beberapa novel umum ini dikategorikan dalam buku sastra karena tema, penokohan, dan gaya penulisannya sangat berbobot. Novel jenis ini akan menyenangkan untuk dibaca oleh pria maupun wanita.

Berikut ini Rekomendasi Novel Romantis yang Bisa Kamu Baca Saat Santai :

1. Mariposa – Luluk HF.

Komedi romantis remaja yang akan membuat Anda baper Kisah ini bermula dari platform Wattpad. Mariposa bercerita tentang sepasang anak muda bernama Iqbal dan Acha dengan karakter yang bertolak belakang. Seperti novel teenlit pada umumnya, cerita ini bergulir saat Acha jatuh cinta kepada Iqbal. Novel yang juga berkisah tentang persahabatan dan keluarga ini cocok dinikmati anak usia remaja.

2. #Berhentidikamu – dr. Gia Pratama.

Kisah pencarian belahan jiwa yang akan menghangatkan hati Anda Embrio novel ini bermula dari cuitan dr. Gia di Twitter dengan tagar #Berhentidikamu. Novel ini merupakan perjalanan cinta penulisnya. Bermula dari kandasnya sebuah hubungan dengan cara yang tragis, melakukan pencarian belahan jiwa, hingga akhirnya bertemu dengan cinta sejati. Anda yang sedang patah hati dan galau, ada baiknya membaca buku ini.

3. Catatan Harian Menantu Sinting – Rosi L. Simamora.

Drama menantu mertua yang dikemas dalam balutan humor Menghadapi mertua yang selalu ingin ikut campur dalam urusan rumah tangga memang menyulitkan. Apalagi jika yang dihadapi adalah mertua Batak yang cerewet dan terlalu sayang pada anak lelakinya. Dalam novel ini, Rosi L. Simamora menceritakan kisah menantu dan mertua dengan caranya yang kocak.

Baca juga  Film Korea yang Mendapat Penghargaan Internasional!

Novel ini dikemas dengan bahasa yang sangat ringan. Kisah cinta dan drama yang terjadi akan membuat Anda terpingkal-pingkal. Kalau Anda punya mertua yang bawel dan membutuhkan bacaan yang bisa mengundang tawa, novel ini bisa jadi pilihan!

4. Catatan Juang : Sebuah Konspirasi Alam Semesta – Fiersa Besari.

Kisah yang menarik dengan POV (point of view) unik Tak hanya pandai dalam menulis lirik lagu, rupanya pria yang akrab dipanggil “Bung” ini juga mahir dalam merawi kata. Novel ini berkisah tentang buku catatan Juang yang ditemukan oleh Kasuarina.

Kisah romantisnya sendiri muncul diantara Kasuarina dan Dude Ginting. Keunggulan dari buku ini adalah pemilihan diksinya yang berkelas. Fiersa menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia yang baik juga memiliki kekuatan makna. Jika Anda suka dengan kalimat-kalimat cinta yang manis tetapi tidak cheesy, jadikan buku ini sebagai pilihan.

5. Antologi Rasa – Ika Natassa.

Rumitnya jatuh cinta pada sahabat sendiri dikisahkan dengan indah Dikenal sebagai penulis best seller novel roman, lagi-lagi Ika Natassa mengusung tema cinta dalam novelnya. Dalam novel Antologi Rasa, dia mengisahkan tentang cinta yang terjalin di antara tiga sahabat.

Meski banyak novel bertema serupa, tapi Ika Natassa mampu menciptakan konflik yang mengaduk-aduk emosi pembaca. Kepiawaiannya dalam membuat cerita itulah yang bisa menjadikan novel ini best seller dan dicetak berulang-ulang kali.

Antologi Rasa merupakan karya kedua Ika Natassa yang diadaptasi ke film layar lebar. Novel ini menarik dibaca untuk Anda yang sedang mengalami kisah cinta rumit.

6. Yang Fana Adalah Waktu – Sapardi Djoko Damono.

Memainkan emosi pembaca, membuat Anda penasaran kelanjutan kisah cinta tokohnya Yang Fana Adalah Waktu merupakan sekuel dari trilogi Hujan Bulan Juni dan Pingkan Melipat Jarak. Novel ini masih berkutat pada perjalanan cinta Pingkan, Sarwono, serta pria asal Jepang yang hadir di hidup mereka, Katsuo. Dalam novel ini kisah cinta mereka semakin berliku.

Baca juga  Film Dora and The Lost City of Gold, gaet Danny Trejo Jadi Boots !

Sebagai seorang penulis kawakan, Eyang Sapardi kembali menciptakan karya yang memainkan emosi pembaca. Ditambah lagi pemilihan diksi yang begitu indah dan puitis membuat Anda akan terlarut di dalamnya. Bagi Anda para penikmat karya Sapardi Djoko Damono, jangan sampai melewatkan novel ini!

7. Aroma Karsa – Dee Lestari.

Fiksi sarat fakta ilmiah yang akan membawa Anda menuju petualangan tak terduga Meraih penghargaan IKAPI Award Book of The Year 2018, Aroma Karsa menjadi karya ke-13 Dee Lestari yang wajib dimiliki.

Apalagi jika Anda adalah orang yang gemar membaca fiksi yang sarat dengan fakta ilmiah. Dalam novel ini, Dee memadukan kisah romansa, petualangan, detektif, fantasi, bahkan mitologi.

Dee menghadirkan kisah yang tidak biasa, dengan penokohan yang berkarakter kuat. Riset yang dilakukan selama proses penulisan menjadikan novel fiksi ini terasa begitu nyata. Usai membaca novel best seller ini, kami yakin Anda akan terus teringat dengan Jati Wesi dan Tanaya Suma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here