sikat-gigi-terbaik– Sikat gigi merupakan alat yang paling penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Banyaknya jenis bulu sikat yang beredar dipasaran sering kali membuat kita bingung untuk memilihnya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips Memilih Sikat Gigi.

Sesuaikan kelembutan sikat dengan kondisi gusi.

Berdasarkan tingkat kelembutannya, sikat gigi memiliki beberapa jenis bulu sikat yang dapat digunakan, yaitu bulu sikat yang soft, medium, dan hard. Pilihlah jenis bulu sikat yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamananmu agar dapat mebersihkan gigi secara maksimal.

Bulu Sikat Medium, Pilihan Untuk Gusi yang Sehat.

Kelembutan bulu sikat bisa memengaruhi efisiensi sikat saat membersihkan gigi. Bulu sikat medium cukup ideal digunakan untuk kondisi gusi yang sehat. Dengan menggunakan sikat jenis ini, kamu akan mendapatkan gigi yang putih dan bersih.

Bulu Sikat Hard, Dapat Membersihkan Lebih Cepat.

Bulu sikat yang keras bisa saja membersihkan gigi dalam waktu yang singkat, namun terkadang bulu sikat yang keras tidak dapat menjangkau celah-celah gigi yang sempit. Sehingga kamu harus menyikatnya dengan penuh hati-hati dan teliti agar dapat bersih maksimal. Menggosok gigi terlalu keras juga dapat merusak struktur gigi dan melukai gusi. Jadi sebaiknya lakukan dengan hati-hati ya…

Bulu Sikat Soft untuk Gusi Meradang atau Sensitif.

Jika kamu mempunyai gusi yang sensitif atau sedang menderita radang gusi, sebaiknya kamu memilih bulu sikat yang soft. Jenis bulu sikat ini tergolong lembut sehingga aman digunakan dan tidak akan menyakiti gusi. Kelembutannya juga akan mencegah iritasi pada gusi.

Bulu sikat yang lembut juga mampu menjangkau celah gigi yang sempit sehingga dapat membersihkan gigi secara maksimal. Namun kelemahannya, jenis bulu sikat ini sulit menghilangkan plak atau noda yang menempel pada gigi. Jika kamu menggunakan jenis bulu sikat yang soft, pastikan untuk menyikat gigi dengan teliti agar bisa membersihkannya secara menyeluruh.

Pilihlah Kepala Sikat Yang Lebih Kecil.

Keunggulan kepala sikat yang kecil mampu menyikat hingga gigi geraham maupun permukaan yang tidak rata. Jika gigi geraham yang kamu miliki sulit dijangkau atau permukaannya tidak rata, sebaiknya kamu menggunakan kepala sikat yang kecil. Namun, waktu menyikat pun akan menjadi lebih lama, karena area yang disikat akan lebih kecil. Oleh sebab itu, untuk membersihkan secara maksimal kamu  perlu lebih hati-hati dan teliti dalam menyikat gigi.

Tidak hanya ukurannya, bentuk kepala sikat juga bisa memengaruhi keefektifan sikat. Kepala sikat berbentuk persegi memiliki kumpulan bulu yang lebih besar sehingga bisa membersihkan dengan efektif. Sedangkan kepala sikat berbentuk oval akan lebih nyaman saat digerakkan dalam rongga mulut. Bentuk kepalanya yang meruncing mampu menjangkau gigi lebih dalam, sehingga bisa membersihkan gigi secara menyeluruh.

Perhatikan Bentuk dan Ujung Bulu Sikat.

Bentuk sikat, ujung bulu, dan bundel bulu merupakan kunci utama yang penting dari sikat gigi. Produsen sikat gigi pun memproduksi sikat dengan bentuk yang beragam. Perhatikanlah detail bulu sikat dan temukan produk yang cocok untuk kamu gunakan.

Baca juga  Ungkap Manfaat Makarizo Hair Straight untuk Rambut Lurus Lebih Indah

Ujung bulu sikat datar untuk gigi normal dan bentuk bergelombang untuk gigi tidak rata.

Kebanyakan yang kita temukan adalah ujung bulu sikat yang datar dan rata. Namun berbagai variasi juga tersedia misalnya cembung, bergelombang, dan ujung bulu halus dengan ketinggian yang bervariasi.

Ujung bulu sikat yang rata cocok untuk kamu yang memiliki gigi bagus dan rapi.

Hal ini karena bulu sikat yang keras mampu menyikat permukaan gigi yang luas. Namun, jenis ini agak sulit dipakai menyikat celah antara gigi. Karena itu, kamu mungkin perlu menggunakan sikat interdental, benang gigi, atau sikat single-tuft untuk melakukan pembersihan secara maksimal.

Ujung bulu bulat untuk gigi lebih putih dan ujung bulu ekstra halus untuk celah gigi yang lebih bersih.

Ujung sikat gigi umumnya berbentuk bulat dengan dan berdiameter sekitar 0,2 mm. Jenis ujung sikat seperti ini efektif dalam membersihkan gigi dan memungkinkan kamu untuk menggosok permukaan gigi secara maksimal. Karena itu, tipe ini juga merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin mendapatkan gigi putih.

Di sisi lain, ada juga sikat yang memiliki ujung ekstra halus dengan diameter kurang dari 0,2 mm. Jenis sikat jenis ini untuk menjangkau celah antar gigi yang sempit. Selain itu, ujung sikat ini juga tidak mudah menyakiti gigi dan gusi. Karena itu, sikat jenis ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin  menyikat dengan lembut.

Pilihlah Bulu Sikat yang Terbuat dari Material Nilon atau PTB.

Bahan bulu yang digunakan pada sikat gigi juga bisa berpengaruh pada kelembutan, kenyamanan, dan kebersihan sikat gigi saat dipakai. Tingkat kekerasan bulu sikat biasanya juga tergantung pada ketebalan dari jenis material yang digunakan. Material bulu sikat yang umum adalah PBT, nilon, dan rambut alami seperti bulu binatang. PBT merupakan bahan bulu sikat yang paling keras sedangkan rambut alami merupakan bahan yang paling lembut.

Bulu sikat dari rambut alami cukup kenyal serta memiliki elastisitas yang memadai sehingga nyaman untuk digunakan. Namun, bulu sikat jenis ini biasanya tidak mudah kering setelah dipakai. Jika kamu menggunakan jenis ini sebaiknya, cuci dengan bersih dan keringkan dengan benar setelah pemakaian.

Sesuaikanlah jenis gagang sikat dengan bentuk gigi .

Bentuk gagang akan memengaruhi kemampuan sikat untuk membersihkan gigi geraham. Jika kamu memiliki struktur gigi yang rata, sebaiknya kamu menggunakan sikat dengan gagang yang lurus.

Namun, jika kamu merasa kepala sikat sulit menjangkau gigi bagian belakang, sebaiknya gunakan gagang yang melengkung. Selain itu, kamu juga bisa memilih sikat jenis offset dengan gagang lentur jika kamu memiliki struktur gigi yang tidak rata. Dengan begitu, proses menyikat gigi pun akan menjadi lebih mudah dan maksimal.

Baca juga  Laptop Gaming terbaik 2019.

Berikut ini beberapa jenis sikat gigi yang bisa kamu gunakan untuk menjaga dan merawat kebersihan serta kesehatan gigimu sehari-hari.

Pepsodent Silver Charcoal Soft.

Sikat gigi ini tidak hanya mampu membuat gigi bersih, sikat gigi dari Pepsodent ini juga mempunyai karet pembersih lidah. Bagian tersebut bisa digunakan untuk membuang kotoran yang menempel di lidah sehingga membuat napas menjadi lebih segar. Selain itu, sikat gigi ini juga memiliki bulu sikat dengan kandungan partikel silver & charcoal yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.

Procter & Gamble Oral-B Pro-Health Clinical Pro-Flex Manual Toothbrush.

Produk keluaran Oral-B yang satu ini didesain dengan dua sisi yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kontur gigi dan gusi. Dengan begitu, produk ini efektif mengangkat lebih banyak plak jika dibandingkan dengan sikat gigi biasa.

Dipadukan dengan bulu sikat yang fleksibilitasnya tinggi, sehingga area jangkauan menyikat pun menjadi lebih luas. Selain itu, bulu sikatnya juga lebih lembut dan tidak akan melukai enamel serta dapat mengurangi risiko gingivitis.

Lion WingsCiptadent Flexi Clean.

Sikat gigi ini didesain dengan gagang yang ergonomis sehingga lebih terasa pas saat digenggam karena mengikuti bentuk anatomi tangan. Jadi, untuk kamu yang mengutamakan kenyamanan saat menyikat gigi, produk ini bisa menjadi pilihan.

Ujung bulu sikatnya yang bulat dan bergelombang juga membuat sikat gigi ini mampu membersihkan gigi secara maksimal hingga ke sela-sela gigi. Leher sikatnya yang ramping dan fleksibel juga nyaman digunaan untuk gusi.

Colgate Slim Soft Charcoal.

Sikat gigi Colgate Slim Soft Charcoal mempunyai ujung bulu sikat microfine dengan ukuran yang kurang dari 0,01 mm. Bulu sikatnya yang halus ini didesain agar efektif membersihkan bekas makanan dan plak yang menyangkut di sela-sela gigi. Dengan begitu, kotoran di sepanjang garis gusi dan celah sempit antara gigi juga bisa ikut tersapu. Kandungan charcoal-nya juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja sikat saat membersihkan gigi dari bakteri.

OT Formula Sensitive Active Care Toothbrush.

Sikat gigi Sensitive Active Care dari Formula ini dilengkapi dengan kepala sikat yang berlapis karet. Hal tersebut membuat risiko gusi terluka saat menyikat pun bisa berkurang. Produk ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering terburu-buru atau ceroboh saat menggosok gigi. Selain itu, bulu sikatnya yang ekstra lembut juga mampu mencegah munculnya gingivitis ataupun penyakit periodontal.

SWISSDENTPROFI Colours Toothbrush.

Seri PROFI Colours dari SWISSDENT ini menggunakan teknologi yang sudah dipatenkan di Swiss dan berhasil memenangkan Red Dot Design Award. Ujung bulu sikatnya dibuat membentuk cekungan seperti sendok sehingga efektif untuk menyikat seluruh kontur permukaan gigi. Dengan kepala sikat yang kecil, kamu bisa menjangkau bagian gigi tersulit sekalipun.

Baca juga  Hodie Terbaik

Selain itu, bulu sikatnya yang lembut juga mampu membersihkan gigi dan sangat aman digunakan  untuk gusi. Pada ujung sikatnya terdapat kandungan Micro Whitening Particle yang akan membantu proses pemutihan pada gigi. Pilihan warnanya pun beragam, mulai dari merah, hitam, hingga hijau. Kamu bisa memilih sesuai dengan warna kesukaan.

Curaden Curaprox CS 5460.

Jika kamu merasa kurang nyaman menggenggam bentuk gagang sikat gigi pada umumnya, Curaprox CS 5460 ini patut untuk dicoba. Pegangan pada sikatnya yang berbentuk segi delapan dapat membantu kamu memosisikan sikat di tangan dengan baik.

Kepala sikatnya yang kecil dipadukan dengan kumpulan bulu sikat yang rapat sehingga efektif membersihkan hingga ke area-area yang sulit dijangkau. Dengan begitu, bagian gusi yang jauh dan tersembunyi mampu dibersihkan secara maksimal menggunakan sikat gigi ini.

Sensodyne Ultra Sensitive Soft .

Jika kamu memiliki gigi yang sensitif, maka kamu membutuhkan sikat gigi khusus untuk membersihkannya. Sensodyne Ultra Sensitive Soft yang didesain untuk kamu yang memiliki masalah gigi sensitif ini bisa menjadi solusinya.

Kepala sikatnya yang lebih lebar dengan lehernya ramping mampu menjangkau hingga ke area dalam mulut. Bulu sikatnya yang halus dipadukan dengan ujung bulu berbentuk bulat juga mampu membuat kamu merasa lebih nyaman saat menyikat gigi.

OT Formula Flip Go Charcoal.

Formula Flip Go Charcoal merupakan paket hemat untuk kamu yang suka traveling. Dalam satu paketnya terdapat pasta gigi berukuran kecil dan sikat yang gagangnya bisa dilipat. Keduanya dikemas dalam kotak berukuran kecil sehingga tidak merepotkan saat dibawa bepergian dan terbilang lebih praktis.

Meskipun tidak sama dengan gagang sikat gigi pada umumnya, kamu masih bisa menggenggamnya dengan nyaman kok. Bulu sikat Nano Charcoal Slim yang dimilikinya juga efektif untuk membersihkan gigi secara maksimal tanpa melukai gusi.

Curaden Curaprox CS 1009.

Apakah kamu menggunakan kawat gigi atau behel ? Jika iya, maka kamu membutuhkan sikat gigi khusus untuk membersihkan gigi. Sikat jenis tuft brush ini sengaja didesain untuk menjangkau celah-celah tersembunyi di belakang kawat. Bagian-bagian tersebut biasanya tidak mudah dibersihkan dengan sikat biasa, karna agak sulit dijangkau.

Sikat gigi ini dikembangkan oleh profesional profilaksis Jiri Sedelmayer yang menawarkan pembersihan gigi dengan solo method. Dengan bentuk kepala sikatnya yang kecil dan bulu terpusat, produk ini akan lebih efektif membersihkan beragam bentuk permukaan gigi. Sikat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang menggunakan behel, gigi tidak rata, atau menggunakan implan gigi.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here