Terakurat – Rekomendasi Situs Belajar SQL – Dalam mengelola sebuah website dan basis data atau database, kerap kali kita menemukan istilah SQL. Namun sebenarnya apakah itu SQL?

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language dapat diartikan sebagai bahasa untuk mengakses data yang terstruktur dalam komputer sehingga bisa dilakukannya manajemen data. SQL ini diakui sebagai bahasa standar dan didukung oleh hampir pada semua server database.

Karena SQL adalah sebuah bahasa, maka untuk memahaminya lebih dalam lagi maka kita harus mempelajari bahasa tersebut. Lantas bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja yang dapat dilakukan oleh SQL ini?

Untuk itu maka simak berikut ini penjelasan beberapa tempat belajar SQL secara online yang dapat kamu kunjungi untuk meningkatkan pengetahuan dan memahami lebih dalam lagi terkait dengan SQL.

Rekomendasi Situs Belajar SQL Terbaik

W3Shools – SQL tutorial

Sebagai salah satu website terbesar bagi para webdeveloper. W3Shool ini menawarkan banyak pilihan pembelajaran dan referensi terkait dengan pengembangan web.

Mulai dari HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, hingga Jquery. Tutorial Online yang ditawakan terkait SQL juga sangatlah membantu untuk memahami syntaz dan hal penting lainnya seperti Keywords, statements dan juga functions.

Dengan penjelasan yang jelas, singkat, dan padat serta dilengkapi dengan praktek dan contoh membuat belajar di W3School, khususnya belajar mengenai SQL adalah tempat yang tepat untuk mu.

Codeacademy

Codeacadey adalah salah satu platform yang menawarkan berbagai macam kursus coding di berbagai pilihan bahasa pemrograman, mulai dari HTML, JavaScript, PHP, Phyton dan Ruby.

Selain itu, Codeacademy juga menawarkan kelas tentang caa mengelola data dengan SQL. Untuk mendaftarnya juga sangat mudah, kamu hanya tinggal registrasi menggunakan alamat email atau akun google/facebook.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Keuangan PC untuk Manajemen yang Lebih Baik

Seperti pilihan kursus yang ada di Codeacademy lainnya, Learn SQL adalah kursus yang dapat diakses secara gratis dan pembahasannya juga interaktif.

Pembelajaran di Codeacademy ini meliputi dasar-dasar penting terkait database, seperti Tables, queries, aggregate, functions, constructing, dan lainnya. Setelah kamu menyelesaikan pembelajaran kamu juga akan diberikan kuis untuk mengasah materi yang sudah kamu pelajari.

LearnSQL

LearnSQL yang dalam bahasa Indonesia berarti belajar SQL adalah platform online yang memang dikhususkan untuk membahas mengenai SQL. Tentu saja terdapat banyak variasi kursus yang membahas tentang SQL.

Materi yang ada mulai dari level pemula hingga level lanjutan dan dapat dilakukan secara online melalui browser. Jadi kamu tidak memerlukan install database atau menggunakan software tertentu.

Pada setiap kursus yang kamu ikuti terdapat latihan langsung, jadi kamu juka bisa langsung praktik apa yang sudah kamu pelajari saat itu juga. Kursus dimulai dengan penjelasan yang detail tentan teori pelajaran, kemudian setelah pembelajaran selesai kamu akan diberikan tugas yang harus diselesaikan.

Akan ada pemecahan kasus setiap kali kamu menemukan kendala ketika praktek dan apabila kamu telah selesai praktek akan ada ujian akhir untuk menguji pengetahuan kamu mengenai materi yang sudah kamu dapat.

Khan Academy

Khan Academy menawarkan pengalaman pembelajaran seperti halnya kamu menonton tayangan di platform YouTube. Terdapat banyak kursus di Khan Academy ini yang dikemas dalam bentuk visual audio yang menarik.

Dan tentu saja terdapat banyak variasi kursus yang dapat kamu pilih untuk dipelajari lebih lanjut. Diantara sekian banyaknya kursus yang terdapat di Khan Academy, kamu bisa mencari kursus gratis dengan judul Intro to SQL: Querying and Managing Data”. Selain sebagai salah satu platform yang populer sat ini, belajar di Khan Academy merupakan pilihan yang cukup baik.

Baca juga  Inilah Jenis Motherboard Komputer yang Populer Digunakan

SQLZoo

SQLZoo menyediakan pembelajaran secara gratis dan interaktif. SQLZoo ini dikembangkan oleh Edinburgh Napier University. Kursus tentang SQL juga cukup lengkap mengenai jenis database, seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan SQL Server. Di website ini juga terdapat tiga bagian diantaranya, Tutorial, Tugas dan sumber referensi.

Kelebihan lain belajar di SQLZoo mengenai SQL adalah kamu bisa belajar tanpa melakukan pendaftaran.

Tutorialspoint

Sebagai salah satu website yang mengaku sebagai website terbesar yang memiliki banyak tutorial, Tutorialspoint juga bisa dijadikan alternatif untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang SQL.

Terdapat banyak pilihan bidang SQL yang bisa kamu pelajari mulai dari computer engineering, teknologi informasi, bahasa pemrograman dan mangement. Bahkan termasuk juga SQL, MySQL, PostgreSQL, SQLite, BD2, PL/SQL, dan masih banyak lagi.

Tutorialspoint menyediakan pembelajaran mulai dari dasar-dasar SQL. Seperti SQL adalah, fundamental SQL, dan utamanya functions yang paling sering digunakan.

Selain dapat dengan mudah dipahami, Tutorialspoint juga memberikan contoh. Namun sayangnya tidak bisa belajar interaktif. Meskipun begitu, kamu tetap dapat belajar melalui Tutorialspoint secara online dengan mengunduh tutorialnya dalam format PDF.

SQL Problem and Solutions

SQL Problem and Solutions adalah textbook interaktif yang memvisualisasikan table dan menyelesaikan queries dengan database yang sederhana. Tutorialnya berisikan tentang penjelasan konsep dasar struktur dari SQL dan menyediak banyak contoh dan berbagai level pepahaman.

Essential SQL

Essential SQL adalah salah satu tempat belajar SQL terbaik yang dibuat oleh Kris Wenzel untuk belajar fundamental dari SQL dan konsep database. Kurus yang terdapat pada Essential SQL berdasarkan dengan Microsoft SQL Server yang akan memandu pemula mengenal lebih dalam lagi tentang database engine.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Harga Murah Dengan Spesifikasi Canggih

Semua tutorialnya menggunakan software dan tools gratis. Kamu akan diajarkan mulai dari proses setup, penjelasan yang rinci untuk mengunduh dan mengaktifkan contoh database dan banyak lagi. kamu akan tahu bagaimana caranya membuat query yang simpel dan pendek, mengenal lebih dalam tentang fungsi SQL, belajar menormalkan database dan lain-lain.

Udemy

Sebagai salah satu website yang menyediakan banyak kursus, Udemy juga tak ketinggalan untuk menawarkan tutorial SQL. Tak hanya yang berbayar saja, Udemy juga menyediakan kursus yang benar-benar gratis dan dapat digunakan bagi siapa saja yang ingin serius belajar.

Terdapat banyak kursus database dan SQL yang disediakan terutapa yang berkaitan degan database engine, termasuk MySQL, Oracle dan MS SQL Server. Tak hanya untuk tingkat lanjut, Udemy juga menyediakan kursus untuk pemula yang sebelumnya tidak begitu familiar dengan SQL.

Belajar lebih banyak lagi tentang Database

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database yang terdapat pada komputer. Saat ini sudah banyak sekali Website yang menggunakan SQL untuk mengatur database pada servernya.

Dengan belaar SQL maka kamu akan lebih banyak belajar tentang database itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here