Jika kamu gemar bergabung dan ingin menekuni dunia perfilman, kamu bisa memilih kuliah di dalam Negeri maupun luar Negeri yang sudah banyak direkomendasikan. Kuliah di jurusan perfilman saat ini tidak bisa lagi dipandang dengan sebelah mata. Pekerjaan di dunia film memang sangat menjanjikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemunculan para Sineas muda yang berhasil menciptakan film-film box office.

studioantelope.com

Berikut ini beberapa sekolah film yang direkomendasikan baik di dalam Negeri maupun di luar Negeri :

1. Columbia College Chicago.

Memiliki lebih dari tujuh program studi dalam jurusan film membuat Universitas ini menjadi tempat yang baik untuk belajar perfilman. Dalam Columbia College Chicago, mahasiswa dapat memilih berberapa cabang ilmu, seperti desain dan modernitas. Kampus ini juga mempunyai peralatan yang lengkap, canggih, dan profesional untuk menunjang pendidikan bagi para mahasiswanya.

2. University of Southern California (USC).

Kualitas USC dalam dunia perfilman tidak bisa diragukan lagi. Perlu kamu ketahui bahwa USC School of Cinematic Arts hanya menerima empat sampai lima persen mahasiswa saja dari total jumlah pendaftar. Sehingga memang agak lebih berat masuk ke sini jika dibandingkan dengan universitas-universitas top lainnya, seperti Harvard, Stanford, atau Yale. Budaya yang ada di kampus ini yaitu setiap mahasiswa memanfaatkan waktunya dengan baik untuk membuat karya-karya keratif.

3. Emerson College.

Emerson memiliki 13 program studi berbeda dalam satu jurusan film. Kampus ini sangat cocok untuk individu yang kreatif dan ingin mengejar kariernya dalam bidang media. Dengan mengunakan peralatan yang sudah profesional, mahasiswa kampus ini juga disiapkan untuk masuk ke pasar kerja secara langsung. Emerson College juga memberikan setiap mahasiswanya kesempatan magang yang luar biasa. Para alumnus yang lulus dari Emerson College bahkan sudah bekerja di The Colbert Report, Fox, Warner Brothers, dan perusahaan produksi film lainnya.

4. California State University (CSU), Northridge.

CSU Northridge mengajak para mahasiswa mempraktikkan pengetahuan filmnya secara langsung. Kampus ini dijamin memberikan kualitas pendidikan film terbaik. CSU juga punya tiga program komprehensif untuk jurusan film yang ideal bagi mahasiswa dengan dilengkapi teknologi dan laboratorium editing yang canggih.

Baca juga  Air Pembersih Soflens Terbaik.

5. University of California, Los Angeles (UCLA).

Mahasiswa di UCLA memiliki enam fokus studi pada jurusan perfilman. Dengan penerimaan di bawah 20 persen, artinya setiap mahasiswa di kampus tersebut merupakan orang-orang pilihan yang akan menciptakan karya spektakuler. Beberapa alumnus UCLA, yaitu Francis Ford Coppola, Rob Reiner, dan Alexander Payne.

6. National Film and Television School (NFTS), UK.

Hal tersebut dibuktikan juga dengan masuknya tiga film yang dibuat oleh mahasiswa NFTS sebagai nominasi Oscar dalam enam tahun belakangan ini. Raihan menjadi juara di British Short Animation BAFTA yang dibuat oleh salah satu alumni NFTS, serta nominasi urutan pertama pada tiga kategori di CILECT Prize (2016), hal tersebut menambah deretan prestasi dari NFTS.

Sekolah film satu-satunya di Inggris ini merupakan sekolah bertaraf internasional yang sudah banyak mencetak tokoh-tokoh kelas dunia di bidang perfilman. Salah satunya yaitu David Yates. Sutradara film Harry Potter, itu merupakan salah satu alumni NFTS. Tidak hanya terkenal sudah mencetak tokoh-tokoh film kelas dunia. NFTS juga mempunyai reputasi yang baik di mata para pegiat industri film.

7. HFF Munich/The University of Television & Film, Jerman.

Tidak cuma di Inggris, Jerman juga memiliki perguruan tinggi perfilman, yaitu HFF Munich. Kampus yang berlokasi di Kota Munich ini juga merupakan salah satu kampus perfilman terbaik yang ada di Eropa. Reputasi kampus ini di mata dunia juga tergolong sangat baik. Dalam melaksanakan sistem pendidikannya, HFF Munich juga sangat menjunjung tinggi sebuah tradisi pelatihan komprehensif dalam semua aspek pembuatan film.

Artinya, seluruh siswa yang ada di kampus tersebut akan dijejali dengan pendidikan yang merupakan dasar-dasar dari dunia perfilman, seperti desain kreatif, ilmu media, teknologi, hingga ilmu bisnis. Hal tersebut jelas membuat lulusan-lulusan HFF Munich dapat bekerja secara profesional di dunia nyata, karena telah mendalami prinsip dasar dari pembuatan film, serta industri televisi.

Baca juga  Lampu Emergency Terbaik.

8. La Femis, Perancis.

La Femis adalah akronim dari “Fondation Européenne pour les Métiers de l’Image et du Son” atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi “European Foundation for Image and Sound Professions”. Sekolah tinggi perfilman ini berbasis di Prancis dan termasuk sebagai salah satu anggota dari PSL (Paris Sciences & Lettres) Research University. Sistem pendidikan yang ditawarkan oleh La Femis sendiri mengacu pada integrasi antara seni, riset, pengembangan profesi serta pelatihan teknik.

Hal tersebut lah yang membuat La Femis ini menjadi salah satu kampus perfilman terbaik yang mahasiswa dan alumninya, berhasil mendominasi posisi teratas dalam berbagai ajang perfilman bergengsi dunia. Venice Film Festival, Cannes Film Festival dan Berlin International Film Festival.

9. Leiden University, Belanda.

Leiden University mungkin nama perguruan tinggi ini yang paling sering didengar, karena memang cukup terkenal. Perguruan tinggi ini juga memiliki banyak program studi. Namun, di antara berbagai program studi tersebut, salah satu yang paling banyak diminati dan yang harus kamu perhitungkan adalah program studinya terutama yang berhubungan dengan dunia perfilman.

Di Leiden University, terdapat jurusan Film & Literary Studies untuk program Sarjana, serta jurusan Film & Photographic Studies untuk program pascasarjana yang bisa kamu pilih. Selain itu, terdapat juga jurusan Arts, Media and Society, sebagai alternatif jika kamu ingin mendalami juga dunia seni dan media.

10. Royal Conservatoire of Scotland, Inggris.

Sekolah seni pertunjukan terbaik di Inggris. Dulunya, Royal Conservatoire of Scotland (RCS) ini bernama Royal Scottish Academy of Music and Drama. Seperti nama lamanya, sekolah yang berlokasi di Glasgow ini menawarkan studi dalam bidang seni tari, drama, musik, dan produksi film. RCS juga dikenal sebagai tempat seni pertunjukan yang paling sibuk di Inggris. Bagaimana tidak, sekolah almamater dari aktor Rim Makarem ini menggelar lebih dari 500 pertunjukan disetiap tahunnya. Dan, serunya lagi ini terbuka untuk publik.

Baca juga  Soflens Terbaik.

11. Institut Kesenian Jakarta, Indonesia.

Sekolah yang terletak di Jakarta dan secara resmi berdiri pada tanggal 25 Juni 1976 ini, merupakan salah satu sekolah film tertua sampai saat ini. Sekolah yang sukses mencetak lulusan-lulusan terbaik seperti Riri Riza, Slamet Rahardjo, dan Hanung Bramantyo ini dapat menjadi pertimbangan untuk kamu yang memang tertarik berkecimpung dalam dunia perfilman.

12. Bina Nusantara (Binus), Indonesia.

Sekolah film ini memfokuskan lulusan-lulusanya untuk menjadi tenaga profesional yang siap dalam dunia kerja. Banyak keunggulan yang membuat sekolah film ini patut diperhitungkan. Dosen-dosen yang mengajar di kampus ini merupakan praktisi dalam bidang film seperti Adilla Amelia, Ali Munandar, dll.

13. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Indonesia.

Dikenal sebagai STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia), lalu berganti nama di tahun 2014 menjadi ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung) membuat kampus ini sangat terkenal di Kota Bandung. Selain fokus di bidang seni, ISBI juga berfokus dalam bidang lain yaitu bidang yang berkaitan dengan film. Adanya prodi Film & Televisi. Berbagai karya dari mahasiswa ISBI juga sering masuk dalam berbagai festival dan menariknya, ISBI Bandung ini diarahkan untuk lebih fokus mempelajari dan mengembangkan film dokumenter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here