Sunscreen Untuk Umur 11 Tahun – Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit anak-anak. Anak-anak yang terkena paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengalami luka bakar, iritasi kulit, dan bahkan peningkatan risiko terkena kanker kulit di masa depan. Untuk itu, penggunaan sunscreen pada anak-anak sangat dianjurkan, terutama saat berada di luar ruangan atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung. Pada artikel ini, akan dibahas tentang sunscreen yang aman dan sesuai untuk anak berusia 11 tahun.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Sunscreen untuk Anak 11 Tahun

Sebelum memilih sunscreen untuk anak 11 tahun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

SPF

SPF atau Sun Protection Factor adalah ukuran seberapa lama sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB (penyebab utama terjadinya sunburn). Pada anak-anak, sebaiknya memilih sunscreen dengan SPF minimal 30.

Broad-spectrum

Pilihlah sunscreen yang bersifat broad-spectrum, artinya dapat melindungi kulit dari sinar UVA (penyebab penuaan dini) dan UVB.

Kandungan Bahan Kimia

Hindari sunscreen yang mengandung bahan kimia seperti oksibenzon, avobenzon, atau octinoxate. Sebaiknya gunakan sunscreen yang menggunakan bahan alami seperti zinc oxide atau titanium dioxide.

Bentuk Sunscreen

Sunscreen tersedia dalam berbagai bentuk seperti lotion, spray, atau gel. Namun, untuk anak-anak sebaiknya menggunakan sunscreen berbentuk lotion untuk memastikan seluruh area kulit terlindungi dengan merata.

Alergi Kulit

Pastikan sunscreen yang dipilih tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi pada kulit anak, seperti parfum atau pewarna.

Rekomendasi Sunscreen untuk Anak 11 Tahun

Berikut beberapa rekomendasi sunscreen yang aman dan sesuai untuk anak 11 tahun:

1. La Roche-Posay Anthelios Kids Lotion SPF 60

Sunscreen ini dilengkapi dengan teknologi cell-ox shield yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, formula ini juga dapat membantu melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas. Sunscreen ini juga cocok untuk kulit sensitif dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Baca juga  Sepatu Buatan Lokal Terbaik

2. Aveeno Baby Continuous Protection Sensitive Skin Zinc Oxide Sunscreen SPF 50

Sunscreen ini mengandung bahan alami zinc oxide yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Formula ini juga sangat lembut dan cocok untuk kulit sensitif, serta tidak mengandung pewangi atau paraben.

3. Neutrogena Sheer Zinc Sunscreen Lotion SPF 50

Sunscreen ini mengandung bahan aktif zinc oxide yang sangat efektif melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Formula ini juga sangat lembut dan cocok untuk kulit sensitif, serta tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

4. Bioderma Photoderm Kid SPF 50+

Sunscreen ini mengandung bahan aktif minyak biji anggur yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan memberikan kelembapan pada kulit. Formula ini juga sangat cocok untuk kulit sensitif, serta tidak mengandung pewangi atau paraben.

5. Cetaphil Kids Sunscreen SPF 50+

Sunscreen ini mengandung bahan aktif titanium dioxide dan zinc oxide yang sangat efektif melindungi kulit dari sinar matahari. Formula ini juga sangat lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara Menggunakan Sunscreen pada Anak 11 Tahun

Selain memilih sunscreen yang sesuai untuk anak 11 tahun, cara penggunaan sunscreen juga sangat penting. Berikut adalah cara penggunaan sunscreen yang benar pada anak 11 tahun:

  1. Oleskan sunscreen pada seluruh area kulit yang terbuka, minimal 15 menit sebelum terkena sinar matahari.
  2. Oleskan dengan merata dan cukup tebal, hindari area yang sensitif seperti mata dan mulut.
  3. Perbaharui pengolesan setiap 2 jam sekali atau setelah anak beraktivitas yang membuatnya berkeringat atau berenang.
  4. Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen pada bagian kulit yang sering terlupakan seperti telinga, leher, dan punggung tangan.
Baca juga  Earphone Terbaik Tahun 2019.

Penggunaan sunscreen pada anak 11 tahun sangat penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sebelum memilih sunscreen, pastikan mempertimbangkan faktor-faktor seperti SPF, broad-spectrum, kandungan bahan kimia, bentuk sunscreen, dan alergi kulit. Beberapa rekomendasi sunscreen yang aman dan sesuai untuk anak 11 tahun adalah La Roche-Posay Anthelios Kids Lotion SPF 60, Aveeno Baby Continuous Protection Sensitive Skin Zinc Oxide Sunscreen SPF 50, Neutrogena Sheer Zinc Sunscreen Lotion SPF 50, Bioderma Photoderm Kid SPF 50+, dan Cetaphil Kids Sunscreen SPF 50+. Cara penggunaan sunscreen yang benar juga sangat penting untuk memastikan efektivitas melindungi kulit anak dari sinar matahari.

FAQs

  1. Apakah anak 11 tahun sudah boleh menggunakan sunscreen dewasa? Tidak disarankan untuk mengggunakan sunscreen dewasa pada anak 11 tahun, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit anak.
  2. Berapa sering sunscreen harus diaplikasikan pada anak 11 tahun? Sunscreen harus diaplikasikan setiap 2 jam sekali atau setelah anak beraktivitas yang membuatnya berkeringat atau berenang.
  3. Apakah sunscreen yang mengandung bahan kimia aman untuk anak 11 tahun? Hindari penggunaan sunscreen yang mengandung bahan kimia seperti oksibenzon, avobenzon, atau octinoxate pada anak 11 tahun. Gunakanlah sunscreen yang menggunakan bahan alami seperti zinc oxide atau titanium dioxide.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here