Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah.

Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan lemon balm dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman.

1. Serai wangi

beritasatu.com

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah.

Meskipun serai tidak cocok ditanam dalam pot, Anda bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

gardendesign.com

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari.

Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan tanaman bunga lavender di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

3. Geranium

hgtv.com

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

Baca juga  Air Purifier Terbaik

Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.

4. Bunga Kamboja

selingkaran.com

Tanaman pengusir nyamuk yang setia menemani selama puluhan tahun Bunga kamboja sering dianggap bunga keramat karena pohonnya sering ditemukan di pemakaman.

Meski begitu, bukan berarti bunga ini tidak bisa ditanam di perkarangan rumah Anda. Tanaman ini cukup banyak disukai karena bunganya hadir dalam beberapa macam warna lembut.

Saat mekar sempurna, kebanyakan orang akan berdecak kagum akan keindahan bunganya. Untuk mendapatkan efek yang optimal, Anda dapat mengekstraksi minyak bunganya.

Minyaknya harum dan memiliki efek aromaterapi, sekaligus ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman bunga ini mampu tumbuh hingga setinggi 6 meter dan hidup selama puluhan tahun.

Tak ingin bolak-balik menanam tanaman pengusir nyamuk? Tanaman kamboja solusinya.

5. Lemon Balm

amazon.com

Aroma lemon menyegarkan untuk taman lebih segar dan rumah bebas nyamuk Seperti namanya, tanaman ini mampu menghasilkan aroma lemon yang segar ketika dihirup.

Segar bagi manusia, tetapi dibenci oleh nyamuk. Nektar bunganya adalah favorit kupu-kupu sehingga ketika bunganya yang berwarna putih tumbuh, kupu-kupu akan berdatangan.

Kebun yang harum dan dikerumuni oleh kupu-kupu cantik, pemandangan yang indah, bukan? Untuk membuat pekarangan Anda bebas nyamuk sekaligus beraroma segar, lemon balm ini pas menjadi pilihan.

Selain itu, daun tanaman ini juga cocok digunakan sebagai penyedap rasa. Lemon balm yang dapat tumbuh hingga setinggi 80-100 cm ini dikenal bisa tumbuh dengan cepat. Anda pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menikmati manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here