Terakurat.com – Permainan Tenis Meja – Di kalangan masyarakat, terdapat salah satu permainan yang dikenal secara luas. Salah satunya adalah tenis meja atau biasa dikenal ping-pong.

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang (pemain tunggal) atau dua pasang (pemain ganda) dengan menggunakan Bet (raket tenis meja), Bola tenis, Meja tenis serta Net.

Permainan bola tenis meja telah menjadi kegiatan yang populer dilakukan oleh banyak orang sejak awal tahun 1900-an. Pada awal mulanya, tenis meja dimainkan oleh masyarakat inggris, pada saat itu sebutannya adalah wiff waff.

Setelah itu, permainan tersebut mulai dikenal oleh masyarakat global di berbagai belahan dunia. Ketenaran tenis meja tak hanya sebatas permainan yang mengasyikan saja, tapi juga sebagai kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh.

Karena tenis meja membutuh kan kelincahan tubuh dan koordinatif, serta akurasi yang tepat. Alhasil otot tubuh, saraf dan intusisi akan semakin terlatih seiring dengan kegiatan tenis meja.

Sama halnya dengan olahraga lain, tenis meja juga memiliki teknik-teknik dasar yang harus dipelajari, terutama bagi para pemain pemula. Tujuannya adalah agar permainan dapat berjalan lancar, aman dan menyenangkan.

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Teknik memegang bet

Sebagai tahap awal untuk memulai permainan, kamu harus tahu terlebih dahulu cara memegang bet atau raket jenis tenis meja. Bentuk dan ukuran bet dapat dibilang unik. Sehingga diperlukan pengetahuan terkait cara untuk menguasai dan menggunakannya.

Kamu dapat melakukan salah satu dari tiga teknik memegang bet yang ada yakni, shakehand grip, seemiller grip dan penhold grip.

Teknik Shakehand Grip

Teknik Shakehand Grip merupakan teknik multiguna yang kerap kali sering dipakai oleh sejumlah pemain.

Baca juga  Tips Agar Anak Tak Bosan Selama Belajar di Rumah

Salah satu alasan yang menjadikan teknik ini sebagai teknik memegang bet terbaik, yakni teknik ini dapat memberi peluang kepara pemainnya untuk melakukan pukulan backhand secara mudah dan cepat.

Cara melakukannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memposisikan tanganmu di gagang bet seperti bentuk jabat tangan saja, sementara kepala bet diposisikan ke atas.

Teknik seemiller grip

Teknik yang satu ini masih mirip dengan teknik sebelumnya. Pada teknik ini, kamu hanya perlu memposisikan telunjukmu di bagian sisi bet seolah-olah telunjukmu menjadi penyangga kepala bet.

Sementara posisi jari lainnya menyerupai bentuk jabat tangan.

Teknik penhold grip

Teknik penhold grip merupakan salah satu teknik yang dilakukan dengan cara meniru bentuk posisi tangan ketika memegang pena atau sejenisnya.

Pada umumnya, teknik ini populer digunakan oleh para pemain di kawasan asia. Pergerakan kaki dan tubuh pemain yang lincah sangat dibutuhkan agar teknik yang satu ini semakin optimal.

Untuk melakukan teknik yang satu ini kamu harus memposisikan jari-jarimu seperti bentuk memegang pena. Sementara kepala bet mengarah ke bawah atau posisinya ke arah bawah.

Posisi tubuh

Setelah kamu mempelajari teknik memegang bet, kamu harus menguasai sikap atau posisi tubuh dalam bermain tenis meja. Hal ini sangat berguna untuk penyesuaian diri dengan gaya tarik dan teknik bermain yang di inginkan. Terdapat dua sikap siap siaga yang dapat kamu lakukan yakni square stance dan side stance.

  • Square stance

Posisi ini membutuhkan ketepatan dalam postitioning yang baik. Kamu harus berada di posisi tengah, sementara tubuhmu menghadap ke net. Posisi ini biasanya digunakan untuk blocking dan membalikan servis.

  • Side stance

Pada posisi ini, tubuh pemain harus berada di sisi meja sekaligus menyamping ke kiri atau kanan. Posisi ini biasanya sering dikaitkan dengan posisi untuk menyerang.

Baca juga  Pertolongan Awal Kanker Kulit

Gerakan kaki

Banyak para pemain pemula yang tidak menyadari bahwa gerakan kaki berpengaruh terhadap teknik dan posisi tubuh yang digunakan.

Terlebih lagi jika gerak kaki dapat menghambat tindakan tertentu. Misalnya, attacking dan blocking. Biasanya teknik yang mengandalkan gerakan kaki adalah teknik two step.

Teknik tersebut dapat dilakukan dengan cara menekuk sedikit pada bagian lutut, kemudian menumpukan dan menyeimbangkan berat tubuh pada masing-masing kaki.

Teknik servis

Tindakan pertama yang harus dilakukan untuk menandakan mulainya pertandingan pertama adalah servis. Pada permainan tersebut dapat dikenal tiga jenis servis yang sering digunakan oleh sejumlah pemain, yakni forehand serve, forehand pendulum serbe, dan backhand sidespin serve.

  • Teknik forehand fast serve

Teknik ini dapat dilakukan untuk memojokan pemain lawa dan memberinya servis kejutan. Cara melakukannya yakni pukul bola tenis meja sekuat-kuatnya dan secepat-cepatnya dengan teknik forehand atau pukulan dari posisi samping tubuh.

  • Teknik forehand pendulum serve

Salah satu teknik dasar tenis meja terbaik adalah forehand pendulum serve. Teknik ini mudah dipelajari, namun sulit dikuasai secara penuh. Meskipun demikian kamu masih tetap dapat melakukannya. Caranya pukul bola dengan ujung atau pinggiran kepala bet, lalu balikan sisi bet nya.

  • Teknik backhand sidespin serve

Jika kamu ingin membalikan keadaan, maka lakukanlah teknik backhand sidespin server, agar jalan permainan akan berpihak kepadamu.

Agar dapat dengan mudah melakukan teknik ini, kamu harus memukul bola menggunakan pinggiran kepala bet dari bawah dada atau tubuh. Setelah itu, bet yang telah dipukul harus di putar balikan.

Teknik serangan

Agar kamu dapat mencetak skor lebih mudah, maka kamu dapat melakukan gerakan menyerang tentunya.

Terdapat beragam teknik serangan tenis meja yang dapat digunakan oleh para pemain, namun kamu hanya perlu mempelajari dua teknik dasar serangan tenis meja saja.

  • Teknik forehand attack
Baca juga  Resep Puding Marie Regal Tiga Lapis.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memukul bola dari samping atau area luar tubuh secara kuat

  • Teknik backhand attack

Teknik yang satu ini berbalikan dengan teknik serangan sebelumnya. Pukul bola dari dalam atau bawah dada secara kuat untuk menggunakan teknik backhand attack.

Teknik pukulan Flick

Mungkin sebagian pemain akan merasa bahwa teknik ini agak sulit untuk dilakukan, namun hal tersebut dapat dikatakan benar. Pasalnya teknik pukulan flick atau flip telah dianggap sebagai teknik lanjutan oleh sebagian pemain.

Namun, teknik ini merupakan teknik dasar dikalangan pemain asia, serta dapat dilakukan secara forehand dan back hand pada umumnya. Pukulan flick dapat dilakukan dengan cara memukul bola ke arah lawan, namun harus terpantul ke area meja pemukul terlebih dahulu sebelum bola menyebrangi net ke meja lawan.

Itulah tadi beberapa teknik dasar permainan tenis meja yang dapat kamu lakukan. Agar kamu dapat menguasainya secara penuh, kamu pun harus tetap terus berlatih. Kamu juga dapat memodifikasinya sesuai dengan variasi gaya permainan tenis meja mu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here