Letaknya berada sekitar 100 km sebelah tenggara Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara. Probolinggo adalah kota terbesar keempat di Jawa Timur. Kota ini juga menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Probolinggo mempunyai banyak tempat wisata menarik. Mulai dari pantai hingga gunung, semua tampak indah dan mempesona.

Berikut beberapa Wisata menarik yang ada di Probolinggo:

Pantai Bentar.

Keindahan pantai di tempat wisata probolinggo ini bisa membius setiap pengunjung yang datang dan membutuhkan tempat untuk menghabiskan waktu liburnya. Kawasan ini memang sangat eksotis. Mulai dari keindahan lautnya yang luar biasa. Sekitar pantai ini juga memiliki titik-titik spot yang bisa dinikmati untuk bersantai.

Pantai Bentar Probolinggo juga memiliki banyak wahana permainan. Tempat ini bisa dikatakan sebagai surganya untuk berwisata. Adanya berbagai permainan juga menjadi salah satu alasan banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini.

Salah satu fasilitas menarik di pantai bentar adalah jembatan kayu yang memiliki indah. Jembatan ini terbentang panjang dengan sebuah gazebo yang dibuat dari serabut kelapa. Gazebo ini memang sengaja dibangun, agar pengunjung yang datang kesini bisa menikmati indahnya pemandangan probolinggo.

Jika beruntung, pengunjung bisa melihat rombongan hiu paus di pantai bentar probolinggo. Rombongan ini memang terkadang muncul sehingga, akan menambah daya tarik kawasan pantai bentar.

Pulau Gili Ketapang.

Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya berada di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak 5 Mil di tengah laut dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Pengunjung bisa menggunakan kapal motor kecil untuk sampai kesana.

Ombak pantai di pulau ini cukup tenang, lengkap dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, warna air lautnya juga tampak biru, serta warga setempat yang ramah juga membuat suasana Wisata di pulau Gili Ketapang terasa sangat damai dan menyenangkan.

Baca juga  Berwisata ke Museum Kereta Api Ambarawa

Hanya saja karena lokasi nya yang agak sedikit sulit dijangkau membuat pulau cantik ini sangat sepi dan belum banyak pengunjung yang datang. Penghuni pulau ini sebagian besar adalah keturunan Madura yang berprofesi sebagai nelayan.

Berdasarkan legenda setempat, pulau tempat wisata Probolinggo ini dulunya menyatu dengan daratan Pulau Jawa. Kemudian bergerak lamban ke tengah laut, karena gempa dahsyat akibat letusan Gunung Semeru. Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan Ketapang adalah nama asal desa tersebut.

Gunung Bromo.

Gunung Bromo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pegunungan ini memiliki lautan pasir dan kawah yang sangat cantik, serta pemandangan matahari terbit yang begitu indah. Kawasan Bromo berada pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut.

Bentuk Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi. Gunung ini memiliki sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter.

Salah satu keindahan yang paling menarik di tempat ini adalah Matahari terbit. Keindahan tersebut dapat dinikmati pada sebuah tanjakan yang diberi nama Puncak Pananjakan.

DI tempat wisata ini juga terdapat lokasi yang disebut Bukit Teletubbies. Berupa padang rumput sabana. Di bukit itu juga dapat menikmati keindahan hamparan bunga-bunga yang cukup luas. Bukit ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Ketika siang hari, bukit ini tampak cantik dengan hamparan rumput hijau dan pemandangan yang segar.

Museum Probolinggo.

Gedung Panti Budaya sudah menjadi ikon pariwisata di Kota Probolinggo. Sebagai pusat sejarah dan budaya, museum Probolinggo memegang peranan penting untuk menunjang proses pembelajaran bagi para wisatawan.

Museum ini mempunyai arsitektur bangunan yang sangat khas peninggalan Belanda. Hal tersebut menjadikan Museum ini sangat kental dengan suasana masa lampau. Bangunan dalam Museum ini dulunya merupakan sebuah Gedung Societiet Gebow Harmony yang difungsikan sebagai Ballroom.

Baca juga  Inilah Informasi Kebun Binatang Surabaya

Pengunjung yang datang ke museum tempat wisata Probolinggo ini disuguhi dengan beraneka ragam patung replika yang merupakan benda-benda peninggalan sejarah. Beberapa patung tersebut berbentuk Ganesha, Maha Surya, Bima, Nandi, Dwarapala dan Arjuna Wiwaha.

Jika para pengunjung menyusuri ruangan demi ruangan, kamu akan mendapatkan berbagai informasi dan bisa melihat gambar-gambar Probolinggo pada zaman dulu. Terdapat juga sebuah gambar yang lengkap, dengan informasi sejarah pada masa Pemerintahan Probolinggo (Gemeente) dari jaman Belanda .

Di tempat wisata probolinggo ini juga dipamerkan sebuah replika patung wanita yang sedang membatik, dilengkapi dengan kain Batik Manggur yaitu Batik Khas Probolinggo. Dipamerkan juga transportasi modern seperti vespa dan pakaian-pakaian yang biasa dikenakan oleh masyarakat Probolinggo pada saat ini.

Candi Jabung.

Berlokasi di Probolinggo, terdapat Candi Jabung yang bangunannya berwarna merah. Diketahui, candi ini merupakan peninggalan Majapahit yang masih tersisa. Menurut sejarah, Candi Jabung dibangun pada tahun 1354 Masehi, tepatnya saat masa kebesaran Kerajaan Majapahit.

Material bangunan candi ini berupa batu bata merah berkualitas tinggi. Yang kemudian diukir dalam bentuk relief. Struktur bangunan candi yang dibuat hanya dari bata merah ini mampu bertahan sampai ratusan tahun.

Ditinjau dari sudut arsitektur Candi Jabung sangat menarik, karena berbentuk bulat. Bagian atap candi tempat wisata Probolinggo ini berbentuk stupa. Letak pintu bilik Candi berada disebelah barat, maka Candi Jabung menghadap ke barat.

Di sebelah Barat Daya halaman candi utama terdapat bangunan candi yang lebih kecil. Fungsinya sebagai pelengkap bangunan induk Candi Jabung. Candi ini juga terbuat dari bahan batu bata merah. Bangunan candi tersebut berukuran tiap-tiap sisi 2.55 meter dan tinggi 6 meter

Baca juga  Alasan Tujuan Kenapa Taman Situ Lembang ditutup?

Di sekitar Candi Jabung banyak terdapat pohon Maja dengan buahnya yang berwarna hijau, berukuran sebesar melon, dan rasanya yang pahit. Jadi, asal-usul dan arti nama Majapahit, yaitu buah Maja yang pahit.

Nah, guys itulah beberapa tempat wisata yang ada di Probolinggo. Tempat wisata yang indah dan bersejarah yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya bangunan bersejarah nya saja yang memukau, tapi keindahan aalamnya juga sangat mempesona. Cocok untuk bersantai bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here