Terakurat – Tips Membersihkan Jam Karet – Tren memakai jam tangan mahal saat ini memanglah sedang digandrungi. Dapat dikatakan, tren tersebut sebenarnya sudah digandrungi sejak puluhan tahun yang lalu. Namun, perihal tersebut tidak menyurutkan produksi jam tangan dengan harga yang relatif murah seperti jam tangan karet. Jam tangan jenis iini masih cukup diminati di pasaran,

Apakah kamu salah seorang jam tangan tertentu semacam merk Gshock misalnya, ataupun kamu penggemar jam tangan karet atau memilikinya 1-2 buah jam saja?

Seperti yang kita tahu, jika jam tangan karet sangat mudah menguning. Tentunya kamu harus memahami tips membersihkan jam tangan karet yang menguning seperti tips untuk merawatnya.

Tips Membersihkan Jam Karet dan Merawatnya dengan Baik

Tips Membersihkan Jam Karet

Menggunakan Sabun Cuci Piring

Salah satu cara mencegah jam tangan karet agar tidak berwarna kuning adalah dengan melakuan pembersihan secara teratur. Tak perku berkunjung ke gerai khusus untuk membersihkan jam tangan karena kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Nah, berikut ini adalah beberapa cara membersihkan jam tangan karet dengan memanfaatkan sabun pencuci piring.

  • Campurkan air hangat dengan sabun cair pencuci.
  • Celupkan kain microfiber atau kain halus lainnya kedalam larutan air dan sabun tadi.
  • Setelah itu, gosok permukaan tali jam tangan. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tali jam tangan.
  • Jika sudah, bilas kain dengan air hangat dan usapkan kembali tali jam tangan untuk menghilangkan residu sabun.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu media yang bermanfaat dalam mengembalikan warna jam tangan yang menguning. Tetapi, tidak semua jenis jam tangan karet cocok terhadap minyak kayu putih. Beberapa jenis diantaranya justru akan memudar jika terkena minyak kayu putih.

Baca juga  Tips Membuat Disinfektan Dari Cairan Pemutih Pakaian

Sebaiknya, coba teteskan sedikit minyak kayu putih di ujung jam tangan. Jika warnanya memudar, maka kamu tidak bisa menggunakan minyak kayu putih. Tetapi jika tidak memudar, maka kamu bisa melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini.

  • Tuangkan sedikit minyak kayu putih di kain halus atau kapas dan gosokan ke bagian depan dan belakang tali jam tangan.
  • Setelah itu, ambil kain bersih lainnya yang sudah direndam air hangat, lalu gosokan ke tali jam tangan untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah kayu putih dapat membersihkan noda bolpoin yang melekat pada tali jam tangan karet. Selain itu, hindari penggunaan aseton atau cairan yang mengandung bahan kimia keras lainnya agar tidak merusak strap jam tangan karet.

Cara Membersihkan Kaca Jam Tangan Karet

Membersihkan jam tangan karet tak hanya meliputi pembersihan pada strap-nya saja. Melainkan kamu juga harus membersihkan bagian kaca jam agar kamu dapat melihat waktu dengan lebih jelas. Usahakan untuk melepas tali jam dengan kacanya setiap kali kamu akan melakukan pembersihan. Hal ini bertujuan untuk mencegah air masuk ke bagian dalam kaca. Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk membersihkan kaca jam tangan kesayanganmu.

  • Celupkan kain mikrofiber ke dalam air hangat, lalu peras kain tersebut agar tidak terlalu banyak air dan usap kain tersebut ke bagian kaca jam tangan.
  • Setelah itu, gosok debu, terutama debu dalam atau segala macam kotoran di bagian kaca atau belakang jam tangan.
  • Jika sudah, keringkan kaca dan bagian belakang jam tangan karetmu dengan tisu kering.

Tips Merawat Jam Tangan Karet agar Awet dan Tahan Lama

Meskipun harga jam tangan karet relatif lebih murah, tetapi tetap saja jam tangan jenis ini membutuhkan perawatan intensif. Lakukan beberapa perawatan sederhana yang bisa membuat jam tangan karemu menjadi lebih awet dan tidak menguning. Nah, berikut ini tips yang bermanfaat untuk merawat tali jam karet kesayanganmu.

Baca juga  Cara Mudah Mengatasi USB Not Recognized

Bersihkan Jam Tangan Secara Berkala

Setelah kamu mengetahui cara membersihkan jam tangan karet, kamu harus membersihkannya secara berkala misalnya, seteiap seminggu sekali. Pasalnya, jam tangan karet ini tidak bisa menyerak keringat di kulit, sehingga keringat dan kotoran akan menumpuk di strap jam tanganmu. Lakukan pembersihan secara berkala agar jam tanganmu tetap higenins dan tidak tampak menguning.

Hindari dari Benda yang Mengandung Magnet

Jika kamu memiliki kebiasaan meletakan jam tangan di atas televisi, kulkas atau lainnya yang mengandung medan magnet, maka hentikan hal tersebut. Pasalnya, hal tersebut dapat merusak jam atau membuat jam tidak bisa menunjukan waktu dengan tepat.

Hal tersebut dikarenakan benda-benda elektronik mengandung gelombang elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kinerja arloji. Jika kamu mendapati jam tangan yang tidak bisa menunjukan waktu dengan tepat. Mungkin masalahnya bukan dari baterai atau mesinnya melainkan karena kebiasaan meletakan jam di dekat barang elektronik.

Lapisi dengan Tisu Sebelum digunakan

Tips yang satu ini sangat penting jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat. Pasalnya, keringat dapat membuat jam tangan karet menjadi cepat menguning. Untuk mencegah warna jam menguning, maka lapisi kulit dengan tisu sebelum menggunakan jam. Tisu ini akan menyerap keringat dan minyak alami tubuh, sehingga tidak langsung terkena strap jam tanganmu.

Pakai Jam Tangan Sesuai Dengan Kebutuhan

Akhir-akhir ini, banyak pengguna jam tangan yang hanya memakai arloji untuk bergaya saja. Padahal mereka hanya pergi berolah raga dan melakukan aktivitas yang rawan terhadap jam tangannya. Untuk menjaga agar jam awet tetap awet dan tahan lama, maka gunakan jam tangan sesuai dengan kebutuhan saja.

Jika kamu sedang melakukan aktivitas yang berisiko merusak jam tangan, sebaiknya lepas jam tangamu dan simpan di tempat yang aman. Selain itu, tidak semua jam tangan memiliki kemampuan tahan air yang baik. Jadi meskipun jam tanganmu memiliki teknologi water resistant, sebaiknya kamu tetap melepaskan jam sebelum beraktivitas di dekat air.

Baca juga  Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Simpan Jam di tempat yang Kering

Penyimpanan jam tangan memang perlu diperhatikan. Tak hanya jam tangan bermerk bagus saja yang perlu disimpan di tempat yang kering dan kedap debu, melainkan jam tangan karet pun juga harus disimpan di tempat yang nyaman.

Pasalnya, suhu terlalu panas atau terlalu lembab dapat merusak strap jam tangan yang terbuat dari karet. Maka sediakan kotak khusus untuk menyimpan jam tanganmu.

Nah itulah beberapa tips membersihkan jam tangan karet yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Lakukan cara pembersihan seperti ini untuk membuat jam tangan karet selalu terlihat bersih seperti baru. Dengan tips ini, kamu bisa memiliki jam tangan yang awet hinga bertahun-tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here