Terakurat.com – Tips Memelihara Hamster – Hamster adalah hewan Nokturnal, hewan yang aktif pada malam hari dan lebih banyak beristirahat pada siang hari. Beberapa Hamster ada juga yang berjenis Crepsular, sehingga bisa aktif pada pagi hati atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Ada banyak cara agar hamster selalu terlihat sehat, dan bahagia. Berikut ini beberapa tips cara memelihara hamster dengan baik yang bisa kamu aplikasikan terutama bagi kamu pemula.

Tips Memelihara Hamster

Memilih ukuran kandang yang tepat

Kandang hamster pada umumnya berukuran 0.23 meter pesegi atuau berukuran 61×38 cm. Akuarium berbahan kaca juga dapat digunakan sebagai kandang hamster.

Namun memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki ventilasi udara yang cukup. Akan tetapi bisa di atasi dengan menambahkan jaring kawat agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik.

Hal yang harus diperhatikan adalah letak kandang tidak boleh diletakan pada area yang terkena sinar matahati langsung.

Letakan kandang di tempat yang aman

Pastikan kamu menempatkan hamster pada aera yang memiliki ventilasi udara yang cukup dan hindari meletakan kandang di depan jendela.

Pastikan juga ruangan tetap tenang dan terbebas dari gangguan peliharaan lainya agar hamster tidak setres. Selain itu jangan biarkan kucing dan anjing berinteraksi dengan hamster anda.

Pastikan Hamster aman agar tidak kabur

Perlu kamu ketahui bahwa hamster adalah hewan yang sangat pintar dalam urusan melarikan diri.

Maka dari itu pastikan semua lubang bukaan seperti pintu pada kandang harus benar-benar terkunci dan tidak ada bagian yang tidak bisa di buka oleh hamster.

Meyiapkan alas kandang Hamster

Alas kandang hamster juga harus disiapkan dengan ketelaban 7,6 cm. Caranya adalah dengan menyerut kayu pinus atau cedar, namun alangkah baiknya jika tidak digunakan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca juga  Cara Menghemat Kuota Internet Android, di Jamin Ampuh!

Serutan kayu aspen sangat direkomendasikan karena serutan kayu aspen tidak mengandung bahan minyak yang berbahaya, selain itu jangan meletakan kapas dan tisu toilet karena dapat membahayakan hamster sehingga dapat menghambat aliran darah dan susah di cerna sehingga dapat membunuh hamster anda.

Memberikan hamster waktu untuk beradaptasi dengan tempat baru

Ketika kamu baru membeli hamster maka segeralah tempatkan hamster dalam kandan dan sediakan makanan serta air segar yang cukup, lalu berikan waktu sendiri untuk hamster beradaptasi.

Tutup kandang dengan kain tipis agar hamster dapat menjelajah tempat tinggal barunya tanpa terganggu dan sebaiknya

Memberi makan setiap hari

Untuk hamster berjenis Suria dapat diberi makan sekitar 15 gram makanan setiap harinya dan pstikan makanan selalu dalam kondisi yang masih segar,

Hamster termasuk hewan yang senang menimbun makanannya, sehingga selalu memiliki tempat rahasia tuntuk menimbun makanannya.

Namun jika makanan yang disembunyikan hamster tersebut tidak sengaja di buang atau sengaja di buang akan membuat hamster merasa tertekan.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan memberikan makanan segar setiap harinya dan membuang timbunan makanan lama lalu di ganti dengan makanan yang baru dan di letakan di tempat yang sama dengan tempat hamster menimbun makanannya.

Sedangkan untuk tempat makan hamster dapat menggunakan wadah yang terbuat dari bahan logam atau tembikar karena hamster merupakan hewan yang senang menggigit tempat makanan yang terbuat dari bahan plastik.

Hindari memberi makanan manusia

Ada beberapa makanan manusa yang tidak boleh diberikan pada hamster seperti, daging mentah, pasta, gula, dan es krim. Makanan manusia menggandung gula sehingga apabila dimakan oleh hamster dapat memperngaruhi kesehatan hamster.

Baca juga  Tips Agar Anak Tak Bosan Selama Belajar di Rumah

Memberikan Cemilan

Cemilan juga harus diberikan secara teratur pada hamster sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. Cemilan yang disukai oleh hamster adalah wortel, mentimun, pisang, apel, selada, dan beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang lain juga baik di konsumsi oleh hamster.

Sedangkan cemilan untuk hamster lain bisa anda dapatkan di toko hewan seperti potongan kayu kunya dan keripik yogurt. Sedangkan makanan yang harus di hindari diantaranya tomat, kol bulat, bawang, terong, daun bawang, bawang putih, buah-buahan berbiji, lokio dan buah-buahan jenis jeruk.

Mainan roda hamster

Roda hamster pada umumnya sudah disediakan bersama kandang namun, ukurannya terlalu kecil dan kurang baik bagi kesehatan tulang punggung hamster.

Apabila hamster membungkuk dan posisi punggungnya miring ke arah depan ketika berlari didalam roda maka itu tandanya rodanya telalu kecil. Maka dari itu belilah roda hamster yang memiliki diameter 20 cm untuk hamster kerdil dan 28 cm untuk hamster suria.

Baca juga : Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami, Cepat Dan Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here