tips-menghindari-kulit-kering-dan-keriput– Memiliki kulit kering dan keriput merupakan hal yang pling menakutkan bagi setiap wanita. Kulit kering dan keriput akan membuat wajah menjadi tampak lebih tua. Hal ini bukan disebabkan karena bertambahnya usia, melainkan beberapa faktor lain juga bisa mnjadi penyebab kulit menjadi kusam, kering dan keriput.

Ciri-ciri Kulit Kering dan Keriput.

Photoaging adalah kondisi penuaan dini pada kulit karena paparan sinar UV yang berlebih dari matahari. Akibatnya, kulit kamu bisa-bisa berubah menjadi kasar, kehilangan warna, hingga mengalami hiperpigmentasi. Bahkan, kulit juga berpotensi menjadi kering dan mengalami pengeriputan. Kulit yang kering dan keriput karena penuaan dini biasanya terlihat pada area yang langsung terpapar sinar matahari. Ciri-cirinya, selain tentu berkerut dan kasar, adalah kulit yang terasa kendur dan menipis sehingga mudah lebam. Another fact you should know! Penuaan memang tidak hanya disebabkan oleh bertambahnya usia dan menurut penelitian 80% penuaan pada kulit disebabkan oleh photoaging yang berasal dari paparan sinar UV. Jadi, kalau kamu tidak ingin kulitmu mengalami ciri-ciri yang disebutkan di atas, upaya proteksi memang perlu dijalani, ya! Simak detail bahaya & tindakan preventifnya pada poin di bawah.

Rusaknya Skin Barrier Akibat Sinar UV.

Penyebab kulit kering dan keriput di usia muda tidak terlepas dari paparan sinar UV yang berlebihan. Meskipun demikian ada perbedaan yang perlu kamu ketahui dari akibat sinar UVA dan UVB terhadap kulit.

Sinar UVA: berdampak buruk secara jangka panjang yang membuat kulit menjadi kering, kusam, mengalami penurunan elastisitas, dan berpotensi memicu penuaan dini serta kanker kulit.

Sinar UVB: berdampak buruk secara jangka pendek yang membuat kulit menggelap, terbakar, berbintik, mengalami hiperpigmentasi.

Baca juga  Rekomendasi Toner Korea untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Selain itu, perlu dicatat pula, sinar UV, khususnya UVB, dianggap mampu merusak pertahan kulit atau skin barrier. Sinar ini bisa mengancam lapisan Stratum Corneum (SC) pada epidermis kulit. Sebagai imbasnya, kemampuan kulit dalam melindungi dirinya pun mengalami pelemahan. Jerawat, bruntusan, kemerahan, alergi, dan masalah kulit lainnya makin mudah terjadi. 

Cara Menghindari Kulit Kering, Kusam, dan Munculnya Keriput.

Pertama-tama, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa apa pun cuacanya, sinar UV dari matahari mampu menemukan kulit kita. Sinar UV memiliki gelombang radiasi yang dapat menembus awan bahkan kaca rumah kamu. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghindari kulit kering, kusam, dan keriput akibat paparan sinar UV.

    Pakai pelindung

Ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah saat sedang terik-teriknya, usahakan pakai pelindung, ya, mulai dari topi, payung, jaket, pakaian tertutup/anti-UV, dan terakhir yang paling penting menggunakan sunscreen tiap hari. Sebab, Indeks UV Indonesia tergolong tinggi dan berbahaya untuk kulitmu. Sunscreen sangat penting untuk diterapkan setiap hari, baik ketika sedang berada di luar maupun di dalam rumah. Dengan sunscreen, kulit kamu bisa terlindungi dari efek paparan sinar UV yang. Penyebab kulit kering dan keriput di usia muda serta ciri-ciri penuaan dini lainnya pun dapat diredam.

    Gunakan pelembap

Moisturizer atau pelembap dianggap sebagai asupan hidrasi bagi wajah. Pelembap mengandung hyaluronic dan vitamin C yang efektif mencegah kerutan pada wajah.

    Cukupkan air mineral

Kamu pasti tau bahwa air mineral merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh. Ternyata, air mineral juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Dengan mengonsumsi air mineral secukupnya, wajah dapat terhidrasi dan secara positif memengaruhi fisiologi kulit.

Baca juga  Ciri-Ciri Softlens Kedaluwarsa yang Wajib Kamu Tahu!

    Jaga pola makan dan jangan merokok

Selain air mineral, pemilihan makanan juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah risiko kulit yang kusam, kering, dan berkeriput. Makanan yang memiliki antioksidan seperti green tea, salmon, dan alpukat dinilai bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi potensi penuaan dini.

Ditambah lagi, hindari juga aktivitas merokok. Rokok, selain merusak organ tubuh lainnya, ternyata juga memengaruhi asupan serat yang memberikan kelenturan dan kekuatan pada kulit. Terlebih, nikotin yang berpotensi menyempitkan pembuluh darah mampu menghambat aliran darah menuju kulit. Akibatnya, nutrisi-nutrisi penting, termasuk vitamin A, pun bisa tersendat.

Nah itulah bebrapa tips untuk mencegah kulit kering dan keriput pada wajah. Menjadi tampak lebih muda dari usia sebenarnya bukan lagi hanya impian girs!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here