terakurat.comtips-meredakan-demam– Dimasa Pandemi seperti ini tentunya anak demam menjadi momok bagi setiap orang tua. Karena gejala yang ditimbulkan Corona salah satunya adalah demam. Berikut ini bebera Tips Secara Medis dan Tradisional untuk menurunkan demam pada anak.

Untuk menentukan apakah anak mengalami demam atau tidak, kamu harus melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer tidak sekadar perabaan dengan tangan. Anak mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38°C atau lebih.

Saat demam, biasanya anak akan tampak lebih lemas, sering menangis, gelisah, rewel dan susah tidur, bahkan tidak mau makan atau minum. Langkah pertolongan pertama untuk menurunkan demam pada anak, coba lakukan seperti berikut ini:

Kompres.

Untuk menurunkan demam pada anak, coba berikan kompres dengan menggunakan kain yang sudah direndam di dalam air biasa atau sedikit hangat (pastikan suhunya agar tidak terlalu dingin atau panas).

Kamu bisa menaruh kompresan pada dahi, dada, perut, atau ketiak anak pada saat anak tertidur atau dalam keadaan berbaring. Diamkan kompres tersebut selama 20-30 menit di tubuh anak.

Jangan lupa ganti kompres ketika mulai kering atau terasa panas dan pantau suhu tubuh anak secara berkala setiap 1-2 jam setelah kamu memberikan kompres.

Jangan Pakai Baju Tebal.

Pakaikan baju dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu tebal untuk Si Kecil. Karena saat menggunakan pakaian yang tebal, tubuhnya akan kepanasan dan sulit mengeluarkan panas tubuh, sehingga demamnya sulit mereda.

Jika anak meriang atau kedinginan, gunakan pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat, serta selimuti tubuhnya dengan selimut yang tipis.

Makanan dan Minuman yang Cukup.

Pastikan kebutuhan cairan dan nutrisi Si Kecil tercukupi untuk mencegahnya dari dehidrasi. Jika masih memberikan Si Kecil ASI, pastikan agar anak disusui sesering mungkin.

Baca juga  Tips Sederhana Cara Merawat Vagina

Namun, bila Si Kecil sudah mengonsumsi MPASI atau makanan padat, kamu bisa melanjutkan pemberian MPASI sambil memberikan cukup air putih atau teh hangat. Berikan juga makanan dalam porsi sedikit namun sering, agar ia tidak merasa mual.

Jika anak sudah cukup besar, kamu bisa memberinya makanan atau minuman yang menyejukkan, seperti juice dingin dan es krim. Selain bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi, jenis makanan atau minuman tersebut dapat membantu mendinginkan tubuh dari dalam.

Menjaga suhu ruangan.

Pastikan agar suhu kamar tetap sejuk dan nyaman untuk Si Kecil. Boleh menyalakan AC, namun pastikan suhu jangan terlalu dingin. Bisa menggunakan kipas angin, tapi ingat dengan kecepatan yang rendah.

Namun yang perlu ingat, hindari mengarahkan kipas angin atau AC langsung ke tubuh anak, karena dapat membuatnya merasa kedinginan atau menggigil. Jika anak merasa kedinginan, matikan pendingin ruangan atau kipas angin di kamar tidurnya.

Mandikan Dengan Air Hangat.

Saat anak demam, Diperbolehkan memandikan Si Kecil asalkan menggunakan air hangat. Hindari memandikan Si Kecil dengan air dingin, karena bisa menyebabkan suhu tubuhnya bertambah tinggi dan membuatnya jadi menggigil karena kedinginan.

Berikan Obat.

Kamu juga menggunakan obat penurun panas anak, seperti paracetamol. Namun dengan catatan, dosisnya harus disesuaikan dengan usia dan berat badan anak atau sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera dalam kemasan obat.

Selain obat penurun panas, kamu tidak disarankan memberikan obat lain, seperti obat flu, antibiotik tanpa resep dokter. Paracetamol tidak disarankan untuk diberikan pada bayi berusia kurang dari 2 bulan tanpa pemantauan dokter.

Jika demam tidak juga turun sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, terlebih lagi jika demam bersamaan dengan gejala lain.

Baca juga  5 Obat Kanker Kulit Bahan Alami Untuk Penanganan Awal

Selain itu, demam yang belum juga reda dalam 2 hari malah makin parah harus mendapatkan penanganan dokter.

Meredakan Demam Dengan Obat Tradisional.

Jika anak sudah minum obat, kamu juga bisa meredakan demamnya dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini.

Bawang Merah.

Penggunaan bawang merah untuk menurunkan demam anak tanpa obat sudah dikenal sejak lama bahkan sering digunakan oleh orang-orang zaman dahulu untuk mengobati sakit panas.

Cara menggunakan bawang merah untuk menurunkan demam secara alami bisa dengan menumbuk beberapa bawang merah lalu tambahkan minyak telon atau minyak esensial.

Bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak tersebut dapat dibalurkan pada dahi atau tubuh dan lakukan pemijatan secara lembut untuk melebarkan pembuluh darah sehingga panas pada tubuh menurun.

Air Kelapa Muda.

Jika anak tak mau mengkonsumsi obat tradisonal seperti di atas, kamu bisa menawarkan air kelapa muda untuk menurunkan demam yang menggigil.

Meski belum banyak penelitian yang membuktikan air kelapa dapat menurunkan demam, namun air kelapa sangat efektif untuk menggantikan dan memenuhi cairan tubuh si anak.

Berikan air kelapa muda yang diberi perasan jeruk nipis sebanyak dua kali sehari, bisa di siang dan sore hari atau sebelum anak tidur. Selain itu, pastikan anak mengkonsumsi cukup banyak air putih untuk menjaga agar tidak terjadi dehidrasi.

Jahe.

Kandungan antibakteri yang ada pada jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam pada anak secara alami. Ketika si kecil mengalami panas disertai dengan flu, batuk atau mual dapat diberikan minuman jahe hangat untuk meredakan penyakit tersebut.

Cukup geprek jahe secukupnya lalu siram dengan air panas dan saring untuk mendapatkan wedang jahe yang bersih. Tambahkan pula madu untuk memberikan rasa manis alami.

Baca juga  Langkah Cina Menghentikan Penyebaran COVID-19!

Sayur Dan Buah.

Dalam menurunkan panas, kamu bisa memberi anak banyak sayur dan buah yang mengandung air. Buah-buahan, seperti melon, semangka, dan stroberi adalah pilihan yang baik. Sementara, sayuran yang direkomendasikan, yaitu seledri, mentimun, dan kembang kol. Kamu bisamenyajikannya sebagai salad atau smoothie.

Lemon dan Madu.

Lemon yang dikombinasikan dengan madu efektif dalam mengurangi demam karena dapat memperkuat kekebalan tubuh. Kamu dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm jus lemon. Kemudian, campur kedua bahan tersebut dengan baik, dan berikan pada anak.

Campuran ini dapat membantu menurunkan demam anak. Bukan hanya itu, kombinasi lemon dan madu juga terasa enak dan menyegarkan tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan keduanya dengan mudah.

Yang terpenting saat anak demam, orang tua tidak boleh panik agar bisa mengatasinya dengan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here