Tugas HRD Perusahaan, Apa saja sih? Ayo Simak!

tugas hrd perusahaan

Tugas HRD Perusahaan, Apa saja sih? Ayo Simak! – Inilah 5 Tugas HRD Perusahaan

Apakah sebenarnya tugas HRD perusahaan itu? HRD atau Human Resources Development merupakan bagian dari sebuah perusahaan yang memiliki tujuan membantu karyawan untuk mengembangkan keterampilan pribadi dan organisasi, kemampuan serta pengetahuannya. Baca juga tugas humas dalam organisasi.

Manajemen sumber daya manusia atau HRD berfokus untuk meningkatkan kinerja karyawan sesuai dengan posisi dan tugasnya dalam sebuah perusahaan.Selain itu, HRD juga berfungsi untuk mengelola keahlian, memotivasi dan meningkatkan karyawan untuk dapat mencapai kinerja yang terbaik dan memastikan bahwa mereka tetap berkomitmen pada perusahaan.

5 Tugas HRD Perusahaan

Tugas HRD perusahaan

  1. Merekrut dan memilih karyawan

Untuk dapat menemukan karyawan yang memiliki potensial dan sesuai kualifikasi kebutuhan untuk posisi tertentu, diadakan sebuah perekrutmen.Tujuan dari rekrutmen ini adalah untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kualifikasi dan mendorong bagi yang tidak sesuai kualifikasi untuk tidak melamar pekerjaan.

  1. Orientasi

Salah satu tugas dari HRD adalah memberikan pengenalan perusahaan secara intensif kepada karyawan. Hal ini akan sangat membantu karyawan dalam mengenal tugas dari pekerjaannya, fungsi departemen dan hubungan antara posisinya dengan posisi lain dalam perusahaan. Dengan begitu, karyawan baru akan mendapat kejelasan sehingga membuatnya berperan aktif dalam perusahaan.

  1. Mengelola hubungan antar karyawan

Tugas bagian HRD yang selanjutnya adalah mengelola hubungan baik antara karyawannya.Untuk membantu mengenal karyawan secara pribadi maupun professional, HRD diharuskan membuat kegiatan-kegiatan yang menyangkut semua karyawan.

Hubungan karyawan yang baik akan menciptakan hubungan-hubungan yang sehat dan seimbang antara karyawan, perusahaan dan manajemennya. Hal ini merupakan kunci utama kesuksesan dari perusahaan.

  1. Memelihara kondisi kerja yang kondusif

Untuk membuat karyawan menyukai tempat kerjanya, maka HRD berkewajiban menciptakan dan memelihara kondisi dan atmosfer kerja yang kondusif.Banyak karyawan yang tidak termotivasi, sehingga mereka tidak berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan.Oleh karena itu, salah satu tugas dari HRD adalah memotivasi para karyawannya.

  1. Pengembangan dan training
Baca juga  Investasi Sambil Menabung? Ini Fakta Seputar Car 3i Network

Tugas pokok dari HRD yang tidak bisa diabaikan adalah melakukan pengembangan dan training.HRD juga memiliki peran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan melalui edukasi dan training untuk meningkatkan keahlian karyawan.

Dengan banyaknya tugas HRD, membuat bagian ini menjadi salah satu bagian yang terpenting di perusahaan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkannya  karena salah satu faktor kesuksesan perusahaan juga dipengaruhi oleh HRD.

 

Baca Juga : 4 PROSPEK KERJA TEKNIK INDUSTRI YANG WAJIB DISIMAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *