Cari Tahu Yuk Tentang Varikokel!

varikokel adalah

Varikokel adalah salah satu istilah yang digunakan sebagai sebutan pembuluh vena yang mengalami pembengkakan. Namun, pembengkakan pada pembuluh vena tersebut terjadi pada kantong zakar pria. Pada umumnya, pembengkakan varikokel terjadi pada manusia secara bertahap. Ada yang tampak oleh mata, namun ada pula yang dirasakan ketika baru diraba.

Apa Penyebab dari Varikokel?

varikokel adalah

Varikokel menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para pria. Terlebih lagi, pembengkakan ini biasanya terjadi tanpa adanya gejala yang timbul. Namun demikian, penderita tetap akan mengalami rasa sakit yang meningkat seiring pembengkakan yang terjadi di dalam pembuluh vena tersebut.

Pria biasanya mengalami pembengkakan vena pada kantong zakar atau varikokel di sebelah kiri. Jika kamu mengalami gejala varikokel, maka segeralah untuk menemui dokter. Jika hal tersebut dibiarkan lebih lanjut, maka akan dikhawatirkan terjadi komplikasi. Komplikasi yang dapat terjadi karena varikokel adalah kemandulan dan juga penyusutan testis.

Oleh karena itu, kamu bisa mengetahui tentang beberapa penyebab terjadinya varikokel. Varikokel bisa timbul karena penumpukan pembuluh darah yang terjadi akibat kelainan pada pembuluh vena. Hal itu menyebabkan terjadinya pembengkakan pada scrotum.

Varikokel biasanya terjadi pada pria umur 15 sampai dengan 25 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan pria di atas atau di bawah umur tersebut mengalami varikokel. Untuk mengetahui terjadinya varikokel pada tubuh, maka tes fisik bisa dilakukan. Tes fisik dilakukan untuk mengetahui sebesar apa benjolan varikokel yang telah tumbuh. Benjolan tersebut bisa lunak maupun keras.

Ada beberapa macam tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi varikokel. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui operasi embolisasi. Operasi ini dilakukan dengan cara memasukkan selang ke dalam pembuluh vena. Dengan demikian, bagian yang mengalami pembengkakan bisa ditemukan.

Baca juga  Inilah 5 Penyebab Buta Warna

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi varikokel adalah dengan melalui operasi terbuka. Pembedahan ini dilakukan  melalui perut atau di bawah selangkangan. Dalam melakukan operasi terbuka untuk varikokel, maka penderita harus dibius secara total.

Sekian sekilas mengenai varikokel dan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi varikokel. Jagalah kesehatan dengan selalu mengonsumsi makanan sehat untuk menghindari varikokel.

 

Baca Juga : Schizophrenia Adalah Penyakit Apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *