Banyak hal yang bisa dilakukan untuk masa dirumah saja selama Pandemi COVID-19 ini. Salah satunya adalah berkebun. Kegiatan yang satu ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, malah cenderung menguntungkan. Kita bisa menanam sayuran dan buah-buahan untuk membantu melengkapi kebutuhan sehari-hari. Tumbuhan yang kita tanam tersebut tentu akan menghasilkan buah yang segar jika dirawat dengan baik dan benar. Jika sudah berbuah, kamu gak perlu pergi ke pasar deh untuk keperluan memasak dirumah. Cukup petik di kebunmu saja.

Tentukan Jenis Tanaman yang Akan Kamu Tanam.

Sebagai langkah awal, kamu harus memulainya dengan memilih jenis tanaman yang ingin ditanam. Sekarang ini banyak sekali jenis tanaman yang dapat dipilih. Agar tidak salah pilih, kamu perlu mencari tahu toleransi tiap jenis tanaman terhadap cuaca panas.

Oleh karena itu, pastikan memilih jenis tanaman tahan panas yang dapat hidup sepanjang tahun dan tidak rentan terserang hama.

Kalau kamu hanya ingin estetika dan keindahan rumah, menanam berbagai jenis bunga juga bisa dijadikan pilihan seperti menanam bunga kamboja Jepang atau Adenium yang tahan panas, Kamboja akan tetap tumbuh meski tanpa perawatan sekalipun.

Atau bisa juga bunga Bougenville yang sangat mudah dirawat dan cocok ditanam di iklim tropis.

Memulailah Dengan Skala yang Kecil.

Memiliki hobi berkebun merupakan awal yang baik bagi kesehatan sekaligus dapat menghilangkan stres.

Namun sebelum memulainya, tentu ada beberapa hal yang perlu diketahui. Nah, sebaiknya awali dari yang kecil dahulu.

Memulainya dengan skala kecil akan membiasakan kamu dalam merawat tanaman menjadi tumbuh secara optimal.

Waktu yang dibutuhkan pun terbilang tidak terlalu lama untuk merawat tanaman di dalam pot atau pekarangan rumah.

Baca juga  Cara Screenshot Panjang di Android dan Laptop

Cara ini punya kesempatan buat kamu agar mempelajari beberapa tanaman secara lebih detail.

Pilihlah Tempat Menanam yang Tepat.

Setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya matahari berbeda-beda. Beberapa tanaman dapat tumbuh di bawah sinar matahari langsung dan ada pula yang tumbuh di tempat teduh.

Sementara tingkat cahaya, kelembapan dan penempatan tanaman dapat memberi pengaruh yang sangat besar.

Penentuan tempat memiliki peran penting dalam menetapkan seberapa besar intensitas cahaya pada area tanaman hias yang akan ditanam.

Jika memang kamu memilih untuk berkebun di pekarangan rumah, pastikan di sekitarnya mendapat cahaya matahari yang cukup dan menjaga kelembapannya.

Agar selalu tumbuh segar, lakukan rotasi dan perputaran tempat tanamannya.

Buatlah Tanah Agar Menjadi Lebih Subur.

Dalam hal ini, merupakan elemen paling penting. Di mana akan menjadi penentu dalam keberhasilan pertumbuhan tanaman yang kamu tanam.

Ya, yang wajib menjadi perhatian adalah menyuburkan tanahnya. Kamu harus membuat tanah subur dengan memupuknya sebelum memasukkan bibit tanaman ke dalamnya.

Pemupukan merupakan bagian penting untuk memberikan nutrisi pada tanah dan tumbuhannya. Lakukan pemupukan dengan menaburkan pupuk NPK ke media tanam tersebut.

Pastikan tanah di sekitar tanaman juga mendapatkan air yang cukup, tidak kurang atau berlebihan. Sementara untuk dosis dan frekuensi penyiraman dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Sebaiknya lakukan penyiraman secara teratur minimal sebanyak 2 kali dalam sehari, yakni pada pagi dan sore hari.

Jika tanahnya baik dan subur, maka tanaman pun akan tumbuh dengan sempurna.

Memilih Metode Tanam yang Tepat.

Sebagaimana halnya semua buah, sayuran dan bunga, Anda bisa memilih untuk menanam dari benih atau membeli tanaman yang sudah jadi untuk dipindahkan ke kebun Anda. Putuskan mana yang Anda pilih berdasarkan waktu yang Anda miliki dan uang yang dibutuhkan.

Baca juga  Tips Memperbaiki Sepatu Kulit yang Mengelupas

Menanam dari biji membutuhkan waktu beberapa bulan dan kerja yang lebih banyak dibanding memindahkan tanaman yang sudah tumbuh, namun memberikan kepuasan tambahan karena Anda tahu Anda yang membuat tanaman itu tumbuh.

Menanam dari biji adalah pilihan termurah, karena sebungkus biji harganya hanya beberapa ribu rupiah. Tanaman yang dibeli dari toko berkebun harganya bisa mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah per tanaman.

Memindahkan tanaman jadi hanya membutuhkan waktu beberapa menit begitu kebun Anda sudah disiapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here