Terakurat.com – Fitur android Q – Tahun ini android telah mencapai versi 10, dan telah beroperasi di lebih 2,5 miliar perangkat aktif didunia. Saat ini android 10 atau Q ini telah memasuki masa beta ke-6 saat ini.

Android Q menjadi tingkatan android paling tinggi saat ini. Android Q mengadaptasi Fullscreen gesture dengan menambahna Phils gesture di bagian bawah layaknya IOS.

Uniknya Phils gesture android Q ini dapat pindah aplikasi hanya dengan swipe pada bagian bawahnya saja. Selain itu pengoptimalan brightnes slider juga terlihat ketika kita mengatur tingkat cahaya.

Google menambahkan banyak fitur dan kemampuan baru pada android yang dapat mempermudah pekerjaan penggunanya. Beberapa diantaranya merupakan penyempurnaan dari fitur sebelunya, sementara lainnya fitur baru yang akan membuat android 10 ini menjadi menyenangkan dan memudahkan dalam pengoperasiannya.

fitur baru di android Q

Lantas apa saja fitur baru di android Q ini? berikut ulasannya!

Berbagi jaringan Wi-Fi Menggunakan QR code

Untuk meminimalisir langkah yang harus dilakukan oleh pengguna, Google menambahkan fitur QR Code pada pengaturan Wi-Fi android Q.

Dengan adanya fitur ini diharapkan, pengguna dapat membuat QR code untuk jaringan wifi mereka. Sehingga orang lain tak perlu memasukan password dan hanya perlu memindai QR code tersebut untuk terhubung ke Wi-Fi. Meski sebenarnya Miui sudah memiliki fitur canggih ini duluan tetapi Google tak mau ketinggalan lho.

Bubbles Notification

Sama halnya seperti fitur Chat Heads yang berada di aplikasi Facebook Messenger. Fitur bubbles di android 10 ini juga akan menampilkan notifikasi berbentuk gelembung yang akan melayang pada layar pengguna layaknya aplikasi Facebook messeger.

Kedepanya google akan memberikan dukungan secara penuh kepada para developer aplikasi pihak ketika untuk menyematkan fitur-fitur menarik lainnya kedalam aplikasi mereka.

Baca juga  Dampak Negatif Dari Internet Yang Wajib Kamu Ketahui

Penghapusan aplikasi yang dapat di batalkan

Google melalui Android 10 nya menyematkan fitur baru yang di mana pengguna kini dapat membatalkan proses uinstal aplikasi yang barusaja mereka lakukan.

Tombol undo akan muncul di bagian bawah setelah menghapus aplikasi, namun pop up ini hanya untuk beberapa menit saja. Fitur ini sangat membantu pagi pengguna yang sering teledor.

Pengoptimalan Panel Notifikasi

Android Q menawarkan dua opsi terkait pengaturan notifikasi. Dua opsi diantaranya yaitu Alerting dan Silent yang akan muncul ketika penguna menahan atau menekan notifikasi.

Memilih Aerting akan membuat notifikasi memunculkan suara peringatan baru sedangkan Silent akan membuat notifikasi tidak memunculkan suara peringatan dan hanya getaran saja.

Live Caption

Live Caption bisa dikatakan sebagai fitur terbaik dan sekaligus paling canggih, sama halnya seperti subtittle otomatis di Youtube. Fitur ini akan memberikan caption secara otomatis ketika sedang menikmati suatu lagu konten media.

Yang menjadikannya sangat menarik adalah, Live Caption dapat bekerja hampir setiap konten seperti lagi, rekaman audio, panggilan video dan podcast.

Alasan googke menciptakan fitur ini adalah untuk membuat android dapat dengan mudah di akses oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki masalah pendengaran.

Nah, itulah beberapa fitur di android Q, cukup mempermudah pekerjaan saat menggunakan android bukan?

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik di Android Berfitur Lengkap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here