Terakurat – Fungsi RAM pada Sistem Komputer- RAM atau singkatan dari Random Acess Memory ini merupakan suatu memory komputer yang kegunaannya memegang peranan penting dalam pemrosesan informasi yang terjadi dalam sistem operasi. Di era 90-an, penggunaan RAM hanya sebatas pada penggunaan PC atau personal computer saja dan laptop.

Namun sekarang, hampir semua perangkat teknologi terkini menggunakan RAM sebagai salah satu media penyimpanan memory sementara yang membantu mempermudah dan juga mempercepat pemrosesan informasi pada sistem operasi. Bahkan saat ini penggunaan kapasitas besar sudah menjadi tren tersendiri di kalangan pengguna komputer.

RAM sendiri saat ini sudah berada pada generasi DDR5 untuk penggunaan laptop dan PC, dengan kapasitas yang bervariasi mulai dari 1 GB hingga lebih dari 32 GB. Namun meskipun memiliki kesamaam di label memory, namun demikian jangan bandingkan RAM dengan memory eksternal maupun memory internal daru suatu sistem operasi sistem komputer.

RAM memiliki kecepatan membaca yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan memory internal maupun memory eksternal.

Penggunaan memory RAM tergantung juga dari kebutuhan pemakai komputer tersebut. Tidak semua user membutuhkan perangkat sistem komputer yang membutuhkan kapasitas RAM yang besar. Maka dari iut, sesuaikanlah kebutuhan kamu dengan kapasitas RAM dari suatu sistem komputer.

Tentu saja, RAM pastinya memiliki fungsi yang amat vital dan juga sangat penting dalam suatu rangkaian pemrosesan informasi yang dilakukan oleh komputer. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari RAM yang harus kamu tahu

Fungsi RAM pada Komputer

Fungsi paling utama dari RAM adalah untuk membantu menyimpan memory sementara. RAM dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah penyimpanan memory acak, RAM akan menyimpan sementara memory dari suatu aplikasi ataupun program.

Baca juga  Tren Teknologi 2020 Versi Alibaba: AI, IoT Hingga 5G Berkembang Pesat

Program yang berjalan inilah yang nantinya akan disimpan dalam RAM, yang kemudian akan diteruskan menuju Central Processing Unit untuk di proses. Cpu ini akan memproses informasi dari suatu aplikasi yang disimpan dalam RAM.

Singkatnya, seperti inilah alur dari penggunaan RAM pada sistem operasi :

Aplikasi yang sedang dijalankan atau dibuka akan mengirimkan informasi yang kemudian akan meneruskan informasi ke CPU dan CPU akan memproses informasi yang ada pada Ram.

Proses tersebut akan terjadi hanya dalam waktu beberapa detik saja, bahkan bisa lebih cepat lagi. Jika suatu memori komputer memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, maka proses penyimpanan memory yang dilakukan oleh RAM tidak akan terhambat.

Membantu Penggunaan Multitasking Program

Fungsi selanjutnya dari RAM ini adalah membantu untuk mendukung penggunaan multitasking dalam satu komputer. Multitasking merupakan suatu keadaan dimana komputer bisa mengerjakan atau membuka lebih dari 2 aplikasi dalam sekali jalan.

RAM merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam memproses multitasking ini. Semakin besar kapasitas ram maka akan semakin lancara suatu sistem operasi memproses penggunaan multitasking. Sehingga dengan kapasitas yang mendukung, komputer tidak akan mengalami hank.

Mempercepat Kinerja Pemrosesan Informasi dari komputer

Bukan rahasia umum lagi jika semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat pula pemrosesan informasi yang dilakukan oleh GPU. Hal tersebut berarti kecepatan dari suatu sistem operasi sangat ditentukan oleh besaran kapasitas RAM yang digunakan. Karena dengan RAM yang memiliki kapasitas besar, maka proses penyimpanan dan juga penerusan memory RAM menuju CPU tidak akan terhambat.

Hal ini juga merupakan cara agar laptop tidak lemot karena terlalu berat bekerja. Begitu pula kebalikannya, komputer dengan kapasitas RAM yang lebih kecil akan menjadi lebih terbatas penggunaan aplikasinya karena kemampuan dari memorinya yang terbatas.

Baca juga  Penyebab Chipset Laptop Rusak yang Sering Terjadi

Memiliki Fungsi yang Vital untuk Gamming dan Design

Buat kamu yang senang dengan bermain games dan juga aplikasi yang berbasis design dan 3D, maka RAM memiliki fungsi yang sangat penting dan juga sangat vital untuk komputer anda. Game dan juga aplikasi berbasis 3D merupakan salah satu jenis aplikasi komputer yang membutuhkan kapasitas RAM yang besar.

Nah, buat kamu yang senang berain game dan juga desain, maka fungsi RAM sangat terasa dan sangat bermanfaat. Hal ini tentunya mengukuhkan pernyataan bahwa semakin besar kapasitas RAM maka semakin besar pula suatu komputer dalam melakukan pemrosesan informasi.

Nah, itulah beberapa fungsi dari RAM, terutama yang paling utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here