Terakurat – Hilangkan Iklan Miui – Kehadiran MIUI yang banyak menyita perhatian menjadi salah satu hal yang menarik bagi ponsel cerdas Xiaomi. Baik itu merek Redmi ataupun Xiaomi, Miui ini sudah menjadi bagian atau sepaket sebagai daya pikat yang menjadi keunggulan Xiaomi.

Hanya saja, terdapat satu persoalan yang penting dibalik keistimewaan Miui, yakni hadirnya Iklan yang tertanam. Kehadiran iklan pada rom MIUI tentunya agak sedikit mengganggu dan menghadirkan pro kontra.

Produk Xiaomi dan Redmi pada umumnya memang dibanderol dengan harga yang murah. Tentu saja kehadiran iklan pada ponsel Xiaomi tentunya sangat mengganggu kenyamanan penggunaan. Hal ini tentunya tidaklah menyenangkan.

Nah, apakah kamu juga pengguna ponsel Xiaomi atau Redmi yang merasa terganggu karena kehadiran iklan ini? Kabar bagusnya kehadiran iklan pada ponsel Xiaomi dan Redmi dapat dihilangkan dengan mudah. Simak berikut ini cara menghilangkan iklan pada Miui.

Hilangkan Iklan Miui Tanpa Custom Rom

Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan iklan pada ponsel Xiami dan Redmi. Salah satunya seperti berikut ini yang tidak perlu melakukan ganti ROM pada ponsel yang kamu miliki.

  • Menonaktifkan MSA

Cara menghilangkan iklan yang pertama adalah dengan menonaktifkan MSA. Kamu hanya perlu masuk ke bagian Pengaturan > Setelan Tambahan > Otorisasi dan Pencabutan  dan pilihlah MSA. Lakukanlah hal tersebut dengan benar agar MSA benar-benar non-aktif sehingga iklan yang mengganggu pada ponsel kamu tidak muncul lagi.

  • Menonaktifkan Layanan Iklan

Cara lainnya untuk menghilangkan iklan pada ponsel Xiaomi dan Redmi adalah dengan menonaktifkan layanan iklan. Untuk melakukan yang satu ini caranya adalah masuk pada bagian Pengaturan > Setelan Tambahan > Privasi > Layanan Iklan.

Baca juga  Anti Virus Android Terbaik untuk Melindungi Smartphone Android

Setelah masuk pada menu layanan iklan silahkan matikan opsi personalisasi rekomendasi iklan.

  • Mengganti Lokasi

Cara lainnnya agar iklan pada ponsel Xiaomi dan Redmi kamu tidak memunculkan iklan adalah dengan mengganti lokasi. Caranya adalah

  1. Masuk terlebih dahulu ke bagian Setelan
  2. Setelah itu ke bagian Setelan Tambahan
  3. Pilih Lokasi ganti Lokasi ke Spanyol atau Perancis
  4. Jika sudah maka Restart ponsel yang kamu miliki.
  • Menghilangkan Iklan Pada Aplikasi File Manager

Cara agar smartphone Xiaomi atau Redmi yang kamu miliki tidak memunculkan Iklan pada saat menggunakan file manager adalah dengan mematikan rekomendasi pada bagian Setelan > Tentang > Matikan Rekomendasi.

  • Cara Menghilangkan Pada Aplikasi Musik

Cara menghilangkan iklan lainnya adalah dengan menonaktifkan rekomendasi iklan di aplikasi Musik. Pasalnya, di aplikasi Musik, Xiaomi juga menyematkan iklan yang tergolong menggangu pengalaman penggunaan. Lantas, seperti apa mematikan iklan di aplikasi musik? Berikut caranya.

  • Buka aplikasi Musik, terus kemduian klik menu bagian kiri atas layar
  • Bukan “setelan”, kemudian pilih “setelan lanjutan”
  • Setelah itu silakan scroll layar ke bagian bawah untuk mematikan rekomendasi.
  • Cara Menghilangkan di Browser

Iklan juga sering muncul di aplikasi browser bawaan di HP Xiaomi, yakni Mi Browser. Cara termudah agar tidak muncul di aplikasi ini adalah dengan cara berikut ini.

  • Buka Mi Browser, setelah itu klik menu pada bagian kanan bawah layar
  • Pilih “setelan“
  • Pilih “privasi dan keamanan” atau “privacy  and security“
  • Selanjutnya matikan opsi  “Rekomendasi untuk Anda” di bagian bawah.

Selain cara tersebut, cara termudah agar tidak ada iklan di browser bawaan adalah dengan tidak menggunakan browser bawaan. Anda cukup memakai browser lain seperti Google Chrome, Firefox, Opera, dan lainnya.

Baca juga  Cara Mengatasi Wifi Lambat, Ikuti Tipsnya Berikut ini!

Menginstal Custom Rom

Selain dengan beberapa cara di atas tadi kamu juga bisa menghilangkan iklan pada Xiaomi atau Redmi kamu dengan mengganti Rom nya. Custom rom sendiri cukup banyak tersebar di internet, dan kamu bisa memilih mana yang kamu suka. Salah satu custom rom yang paling terkenal adalah XiaomiEU dan MiuiPro. Custom rom ini dihadirkan untuk pengguna di benua Eropa dengan basis build dari ROM Miui China Beta dan Stable.

Jika kamu penasaran dengan custom ROM MiuiEU ini dan ingin menggunakannya, kamu dapat mengunjunginya secara langsung pada forum MI untuk mengetahuinya lebih lanjut lagi mengenai MiEU ini.

Pastikan juga kamu paham resiko yang akan terjadi karena penggunaan Custom ROM ini.

Cara-cara di atas tadi umumnya berlaku pada Smartphone Xiaomi yang berjalan menggunakan MIUI.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here