Terakurat.com – Jenis ikan arwana tercantik – Mungkin bagi pecinta ikan hias, ikan arwana atau arowana memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya hamper setiap pecinta ikan hias memiliki setidaknya satu jenis ikan arwana. Ikan hias yang memiliki nama latin Osteoglossidae ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada jenis, tempat asal serta lingkungan hidupnya.

Ikan arwana merupakan suku kecil dari ikan air tawar primitif yang hingga saat ini masih dapat dijumpai. Meskipun bersifat predator namun ikan ini merupakan salah satu ikan yang populer dan juga sangat banyak dicari karena warnanya dan bentuknya yang sangat indah.

Tingginya minat dan permintaan pasa menyebakan ikan Arwana ini melangit dan terancam punah. Kendati demikianm perdagangan ikan arwana tetap diperbolehkan secara hukum meskipun status perlindungannya sudah termasuk Appendix I CITES dengan syarat arwana yang diperdagangkan adalah hasil dari penangkaran.

Ikan Arwana terdapat beragam jenis di dunia, namun beberapa jenis yang dipelihara kebanyakan berasal dari Asia, Amerika Selatan, Afrika hingga Austria. Di wilayah Indonesia sendiri, jenis ikan Arwana banyak ditemukan di daerah Papua dan Kalimantan. Nah, buat kamu yang ingin menambah koleksi ikan hiasm berikut ini adalah jenis ikan Arwana tercantik dan terpopuler yang direkomandasikan para pecinta ikan hias.

Jenis-jenis ikan Arwana Tercantik Dan Terpopuler

Ikan Arwana Platinum

Arwana Platinum merupakan salah satu ikan Arwana tercantik dan bahka menjadi ikan dengan harga termahal di dunia yang pernah ada. Platinum Arowana sendiri memiliki tubuh yang sangat memikau dan terlihat mengkilap layaknya platinum, sesuai dengan namanya.

Tampilan yang sangat indah tersebut membuatnya dihargai sangat mahal, bahkan harganya mencapai sekitar 5,6 miliar.

Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

Arwana Myanmar memiliki corak tubuh yang sangat unik dan cantik. Tubuhnya yang dipenuhi dengan sisik yang berbentuk seperti pola kain batik inilah yang menjadi alasan mengapa ikan ini disebut dengan arwana batik.

Baca juga  NTPN Pajak Kamu Hilang? Berikut ini Cara Mendapatkannya Kembali

Warna tubuhnya sendiri terlihat dominan seperti warna perunggu yang dipadukan dengan warna silver. Karena coraknya yang unik dan berbeda dengan semua jenis arwana lainnya, arwana batik dibanderol dengan harga sekitar 56 jutaan.

Arwana Hijau (Green Arowana)

Green arowana merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari Asia. Ikan yang satu ini juga dikenal dengan nama Arwana golden pian ini dapat ditemukan di sejumlah negara seperti Thailand, Malaysia, Vietnam dan Kamboja. Ikan Arwana yang satu ini memiliki warna yang sangat unik, tampak seperti perpaduan antara warna kuning, emas dan hijau yang samar. Ikan ini mampu tumbuh dewasa hingga memiliki panjang 90 cm.

Salah satu yang mencolok selain warnanya adalah, Green Arowana ini memilki kepala yang sedikit besar dibandingkan dengan Arwana Asia lainnya. Arwana Golden piano biasanya dihargai sekitar 4 juta.

Ikan Arwana Papua

Arwana Jardini yang dikenal sebagai Arwana Papua, Gulf Saratongga atau Arwana Australia ini memiliki nama latin, Scleropages Jardinii. Arwana jenis ini memang merupakan salah satu ikan yang aslinya berasal dari Australia dan Papua.

Tampilannya sendiri kurang lebih keemasan, akan tetapi tidak terlalu terang dan mencolok. Arwana papua dapat tumbuh hingga 90 cm dan berat bisa mencapai 17 kilogram. Ikan Arwana yang satu ini bisa dijual dengan harga sekitar 4 juta.

Arwana Cross Black Golden

Arwana Cross Black Golden memiliki cukup banyak nama yakni Pahang golden, malayam bonytongue, Taiping golden dan Malaysian gold. Ikan yang memikiki nama latin Scleropages formous ini memiliki beberapa tipe warna.

Namun salah satu yang paling mencolok adalah warna emas pada bagian punggung yang menjadi ciri khas ikan yang satu ini.

Baca juga  Efektifkah Menggunakan Masker Ditengah Pandemi Corona?

Ikan arwana jenis ini banyak ditemukan di Malaysia, yakni disekitaran Perak, Tyrengganu, danau bukit merah hingga Johor.

Harga ikan arwana jenis ini cukup mahal, pasalnya cukup sulit ditemukan di pasaran. Biasanya ikan arwana ini ditawarkan mulai dari sekitar 18 juta.

Ikan Arwana Super Red

Arwana super red sebenarnya merupakan salah satu jenis ikan Arwana Asia. Arwana jenis ini memiliki wara merah yang mencolok dan atraktif, sehingga menjadikannya salah satu peliharaan terfavorit para kolektor. Super red arwana sendiri biasanya dapat ditemukan hidup liar di sungai Kapuas dan dekat danau di bagian Barat Kalimantan, Indonesia.

Ikan Arwana Black Golden

Salah satu ikan arwana yang pernah ada dan termahal adalah Black Golden. Ikan arwana jenis ini memiliki warna emas dengan sisik berwarna kehitaman.

Ikan jenis ini sering ditemukan di wilayah Penang, Malaysia. Namun tidaklah mudah menemukan ikan arwana black golden berkeliaran di rawa yang menyebabkan harganya sangat mahal, yakni sekitar 18 jutaan.

Ikan Arwana Banjar

Arwana Banjar memiliki wana merah level 2 namun tidak seperti ikan arwana merah. Panjang total ikan arwana jenis ini mencapai 90 cm.

Jika kamu ingin memelihara ikan banjar red arowana maka dibutuhkan akuarium berkapasitas besar pasalnya mereka butuh gerak dan sangat aktif.

Karakteristik yang paling menonjol dari ikan arwana jenis ini adalah wana sirip oranye dan ekornya yang berwarna kekuningan. Arwana jenis ini harganya sekitar 2 jutaan.

Arwana Brasil

Silver Arowana merupakan salah satu jenis yang sering dijumpai di Indonesia, pasalnya harganya cukup terjangkau. Ukuran ikan dewasa yang satu ini bisa mencapai 1 meter. Kemampuan unik dari ikan arwana jenis ini ia mampu melompat ke udara dari dalam air untuk menangkap mangsannya seperti serangga.

Baca juga  Jenis Limbah Berbahaya di Sekitar Kita yang Harus Kamu Tahu

Karakteristik dari jenis ikan arwana Brasil adalah bentuk tubuh dan sirip yang panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya. Jenis arwana ini biasanya di tawarkan dengan harga mulai dari 2 jutaan.

Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan Arwan Red Tail Golden atau biasa dikenal juga dengan nama golden red ini berasal dari wilayah Pekanbau, Riau dan beberapa wilayah di sumatera lainnya. Karakteristik warna ikan arwana red tail golden adalah biru, hijau dan keemasa. Postur fisiknya dapat tumbuh hingga 90 cm. Jenis ikan arwana ini biasanya dihargai sekitar 4,5 juta.

Nah itulah beberapa jenis ikan Arwana dan Harganya. Indah sekali bukan? Dan pastinya kamu mungkin kaget akan harganya yang begitu mahal bahkan bisa mencapai miliaran. Buat kamu yang tertarik untuk memelihara berbagai jenis ikan arwana sebetulnya tidaklah sulit namun harus tetap diperhatikan lingkungan dan asupan makanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here