Terakurat.com – Manfaat mandi sauna – Bersauna merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan setelah selesai berolah raga ataupun hanya sekedar relaksasi. Mandi sauna dipercaya dapat membuat anggota tubuh kita menjadi rileks kembali setelah sebelumnya tegang dan letih usai berolah raga.

Selain dapat membuat tubuh menjadi rileks, mandi sauna juga memiliki beragam manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari mandi sauna ini? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat mandi sauna bagi kesehatan

Membuang racun

Manfaat mandi sauna yang pertama adalah untuk membantu kamu membuat racun yang berada di dalam tubuh. Salah satu cara untuk mengeluarkan racun adalah dengan berkeringat, sehingga sauna bisa menjadi salah satu opsi yang tepat karena keringat yang kita keluarkan di sauna dapat membuang sisa-sia racun yang berada di dalam tubuh kita.

Mampu menghilangkan stres

Salah satu manfaat dari sauna adalah dapat menghilangkan stres. Jika kamu sering merasa stres karena pekerjaan yang cukup padat dan ingin mencari rileks dengan cara yang baik, maka sauna dapat membantu kamu agar lebih merasa santai dan melupakan tentang pekerjaan sejenak. Sauna juga meningkatkan sirkulasi darah, serta melepaskan hormon endofin yang memberikan efek bahagia dan senang.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari sauna adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika kamu sedang bersauna, tubuh kamu akan memproduksi sel darah putih lebih cepat yang berguna untuk melawan infeksi, serta kuman seperti halnya bakteri dan virus. Sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

Menurunkan berat badan

Khasiat dari sauna juga bisa untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu sedang dalam ruangan sauna, detak jantung mu akan meningkat karena panas.

Baca juga  Inilah yang Bisa Terjadi pada Kesehatanmu Bila Kamu Kesepian

Menurut sebuah penelitian, bersauna selama 20 menit dengan suhu 75 derajat celcius (C) mampu membakar lebih dari 500 kalori serta meningkatkan kecepatan mentabolisme tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh

Suhu tinggi yang kamu rasakan pada saat berada di ruangan sauna akan memberikan efek baik bagi jantung. Peredaran darah dalam tubuh bekerja secara maksimal dan lebih lancar sehingga otot jantung bekerja dengan baik dan juga mampu menyebabkan detak jantung menjadi lebih stabil.

Meningkatkan stamina

Rutin mandi sauna juga bisa membatu kamu dalam meningkatkan stamina tubuh. Dengan meningkatnya stamina dalam tubuh, kamu akan memiliki ketahanan lebih kuat selama berolahraga fisik dan tak akan mudah lelah. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan produktivitas bekerja dan tidak mudah mengantuk.

Menghilangkan nyeri Otot

Khasiat sauna lainnya adalah menghilangkan nyeri otot. Apabila kamu sering merasa nyeri otot atau sendi, kamu dapat merasakan manfaat sauna ini. Pasalnya panas yang dihasilkan ruang sauna dapat memberikan efek yang menenagkan otot dan serti serta membantu peredaran darah semakin lancar.

Membuat tidur lebih nyenak

Jika kamu merasa tidur kamu tidak pernah nyenyak di malam hari, maka cobalah untuk bersauna. Pasalnya ketika kamu bersauna, tubuh mu akan menghasilkan hormon endorgin yang lebih banyak, efeknya adalah kamu akan merasa lebih rileks, senang dan santai.

Menyehatkan rambut

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat lainnya dari sauna adalah mampu membuat rambut kepala kamu menjadi lebih sehat. Pada kulit kepala terdapat kelenjar yang berna sebaceous yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan dan melembabkan rambut. Nah dengan rutin bersauna maka kelenjar sebaceous akan lebih aktif sehingga rambut kamu akan lebih sehat.

Baca juga  Tanda Tanda Melahirkan yang Perlu Diketahui Calon Ibu

Awet muda

Selain menyehatkan rambut manfaat sauna yang tak terduga yaitu bisa membuat kamu menjadi lebih awet muda. Pasalnya mandi sauna dapat membuat sel-sel kulit mati pada tubuh kita menjadi berkurang berkat meningkatkan aliran darah kekulit.

Dengan begini maka pertumbuhan kulit baru akan terjadi lebih sering dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga akan membuat kamu menjadi tampak awet muda.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari bersauna yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Ternyata manfaat dari bersauna ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Jika kamu ingin hidup lebih sehat lagi, maka kamu dapat memulai bersauna dan berolah raga secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here