Terakurat.com – Manfaat Yoghurt – Yoghurt merupakan susu yang telah di fermentasi menggunakan bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, namun pada umumnya yogurt dibuat dari susu sapi dan kambing.

Fermentasi gula susu menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Dibalik rasa dan tekstur yang lembut, minuman ini dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat yoghurt untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mampu menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian menujukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi yoghurt sebanyak 2-3 porsi per hari atau lebih mengalami penurunan tensi darah hingga 50% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi yoghurt sama sekali.

Manfaat yoghurt ini berasal dari kandungan kalium yang dapat membuang kelebihan natrium dari dalam tubuh.

Sebagai sumber protein yang baik

Yoghurt mengandung protein yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, banyaknya kadar protein yang terdapat dalam yoghurt berbeda-beda tergantung dari jenis yoghurt.

Greek yoghurt merupakan salah satu jenis yoghurt dengan kandungan protein yang tinggi. Yoghurt sendiri biasanya menghasilkan 9 gram protein.

Penurun berat badan

Yoghurt sendiri dipercaya sebagai cemilan yang sehat dan tidak akan membuat gendut. Hal ini disebabkan karena kombinasi probiotik, protein dan kalsium yang terdapat didalamnya bermanfaat untuk memicu produksi hormon anti lapar, sepertihalnya GLP-1 dan peptide YY.

Yoghurt juga diketahui memiliki beragam manfaat yang dapat menyeimbangkan kadar kolestrol. Serta memelihara fungsi otot serta sistem saraf.

Memperkuat sistem imun

Mineral dan gizi penting yang terkandung didalam yoghurt sangat bermanfaat membantu meningkatkan produksi sel T. salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab dan memiliki manfaat untuk melawan penyakit.

Baca juga  Tips Mencuci Wajah Dengan Benar!

Kamu dapat mengonsumsi yoghurt secara rutin setidaknya 400 gram yoghurt setiap hari agar mendapatkan manfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu serta membantu melawan infeksi dan bakteri.

Sebagai sumber mineral dan vitamin

Yoghurt memiliki kandungan asupan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium dan zinc.

Vitamin B12 yang terkandung dalam yoghurt bermanfaat untuk membantu sistem saraf kamu agar berfungsi dengan baik serta melindungimu dari penyakit jantung.

Menjaga kesehatan tulang

Yoghurt juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya yoghurt kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Minuman fermentasi susu ini mengandung kombinasi kalsium dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang. Sementara itu, vitamin D dapat membantu agar tubuh menyerap kalsium dengan baik.

Mengonsumsi youghurt juga bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis di usia tua.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat yougurt yang satu ini pastinya sudah diketahui oleh banyak orang. Yoghurt mengandung probiotik, yakni bakteri baik yang membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi pada usus.

Memulihkan kondisi tubuh

Jika kamu rajin berolah raga, setidaknya duakali seminggu atau lebih ada baiknya jika kamu mengonsumsi yoghurt. Karena yoghurt mampu mengembalikan kondisi tubuhmu yang letih. Semangkuk greek yoghurt diketahui dapat membantu memperbaiki otot yang lelah karena capek berolah raga.

Menyehatkan jantung

Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa yoghurt bebas lemak atau gula bisa meningkatkan kadar kolestrol baik atau high density (HDL). Hal ini dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

Menghindari infeksi kemaluan

Bagi penderita diabetes wanita, kondisi infeksi pada kemaluan adalah salah satu hal yang sering terjadi. Dengan rutin mengonsumsi yoghurt infeksi ini dapat diminimalisir atau bahkan dapat dihindari.

Baca juga  Rekomendasi Pembersih Silikon Terbaik.

Melembabkan kulit secara maksimal

Jika kulitmu kering, mostuizer yang ampuh untuk mengatasinya adalah yoghurt. Kandungan di dalamnya bisa secara efektif membuat kulit menjadi lebih lembab.

Kamu dapat memanfaatkannya dengan mengolahnya menjadi masker. Yang kamu butuhka hanyalah 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan cocoa dan 1 sendok makan madu.

Mengurangi kerutan di wajah

Jika kamu ingin terlihat lebih awet muda? Mungkin yoghurt dapat membantu mewujudkan keinginan kamu yang satu ini.

Yoghurt telah terbukti mampu mengurangi kerutan di wajah secara signifikan, sehingga kamu bisa terlihat lebih muda.

Membasmi jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak muda. Adanya jerawat akan membuat kita tidak percaya diri ketika bertemu dengan orang lain. Nah, cara mengatasinya kamu hanyalah perlu memanfaatkan yoghurt. Cara menggunakannya, ambil kapas secukupnya, oleskan yoghurt dan tempelkan di bagian wajah yang berjerawat.

Atasi noda gelap di wajah

Selain mampu mengurangi kerutan di wajah dan mengatasi jerawat, youghurt juga bermanfaat untuk mengatasi noda gelap di wajah dan membuatnya menjadi lebih bersinar. Agar maksimal maka kamu perlu mengablil 1 sendok makan yoghurt dan campurkan dengan ½ sendok makan lemon. Lalu aplikasikan ke bagian yang di inginkan.

Menyembuhkan kulit terbakar sinar UV

Wajah dan kulit terbakar di siang hari disebabkan oleh paparan sinar UV. Jika kamu mengalami hal seperti ini, jangan khawatir karena kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan yughurt.

Bagian kulit yang terbakar sinar matahari dapat disembuhkan menggunakan youghur. Pasalnya yoghurt mengandung zinc dan zat anti inflamasi yang kaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here