Terakurat.com – misteri gunung merapi – Siapa yang tak kenal dengan Gunung Merapi? Siapa saja pasti mengenalnya bukan. Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini memang sangatlah terkenal di Indonesia karena cukup aktif dalam hal erupsi. Tak hanya itu saja Gunung ini juga terkenal karena berbagai macam mitos dan misteri yang dimilikinya.

Di dalam dunia mistis, Gunung Merapi dianggap sebagai salah satu pusatnya kerajaan jin di Indonesia. Selain itu Gunung ini juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan Laut Selatan Jawa. Di Gunung ini terdapat beberapa tempat yang dianggap angker, dari mulai lereng gunung hingga kawah di puncaknya.

Sebelum kita membahasnya lebih lanjut lagi mengenai materinya, Mari kita simak terlebih dahulu profil dari Gunung Merapi ini.

Profil Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang terletak di wilayah kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali serta Kabupaten Klaten.

Gunung ini memiliki ketinggian 2968m di atas permukaan laut. Sejak tahun 2004, kawasan hutan yang terletak disekitar puncaknya dijadikan sebagai Taman Nasional Gunung merapi.
Gunung Merapi masuk ke dalam daftar gunung api yang paling aktif di dunia.

Tercatat Gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548. Menurut para ahli Gunung ini dapat meletus erupsi setiap dua hingga lima tahun sekali.

Misteri Gunung Merapi

Seperti diceritakan di atas Gunung Merapi memiliki beberapa lokasi yang dianggap angker. Lokasi tersebut terbentang dari mulai hutan lereng bahkan hingga puncak gunung nya. Masyarakat sekitar sangat menghormati tempat tersebut dan kita dilarang untuk menebang pohon, mengambil rumput, memindahkan, hingga merusak benda-benda yang terdapat di kawasan tersebut.

Baca juga  Benarkah, Hand Sanitizer Ampuh Hadapi Virus Corona?

Selain larangan aktivitas tersebut, kita juga tidak boleh berbicara kotor atau berbuat maksiat tempat tersebut. Jika melanggar maka biasanya akan terjadi hal-hal yang sangat tidak diinginkan. Berikut ini berapa tempat angker yang yang berada di Gunung Merapi.

Pasar Bubrah

Pasar Bubrah merupakan sebuah punggung bukit yang letaknya tepat berada di kawah Merapi. Keadaan di lokasi ini cukup datar dan didominasi dengan bebatuan sisa letusan gunung. Di lokasi ini juga tidak terdapat pepohonan yang tinggi dan besar.

Jika ingin ke sana jaraknya hanyalah 1 km sebelum kawah puncak Merapi membuat pasar Bubrah menjadi lokasi favorit untuk beristirahat. Banyak para pendaki yang mendirikan tenda di sini untuk bermalam dan menunggu matahari terbit pada keesokan harinya. Nah, pada malam hari itulah para pendaki biasanya mendengar suara riuh di lokasi tersebut.

Suara riuh tersebut mirip sekali dengan aktivitas jual beli yang terjadi di pasar. Selain itu suara alunan gamelan dan Gending Jawa juga terkadang sayup-sayup terdengar di suara riuh tersebut. Masyarakat sekitar percaya jika bebatuan yang berserakan di lokasi tersebut merupakan warung dan meja makannya para makhluk halus pengunjung pasar tersebut.

Tidak sedikit dari pendaki yang menginap di pasar Bubrah pernah melihat penampakan berbagai makhluk gaib. Beberapa penampakan wanita berambut panjang yang bergelantungan di bukit atau makhluk gaib yang menyamar sebagai pendaki lengkap dengan atributnya namun cara berjalannya melayang.

Gunung Wutoh

Gunung butoh juga dianggap sebagai tempat yang cukup angker di Gunung Merapi. Lokasi tersebut dipercaya sebagai pintu gerbang utama menuju ke Keraton Merapi yang letaknya di kawah puncaknya. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa gunung butoh ini dijaga oleh makhluk halus yang bernama ” Nyai Gadung melati”.

Baca juga  Pendidikan Politik Partai Golkar, "Golput Merugikan"

Nyai Gadung melati merupakan pemimpin pasukan Keraton Merapi serta memiliki tugas untuk melindungi lingkungan serta hewan ternak yang berada di kawasan nya.

Nyai Gedung Melati juga kerap kali menampakan diri dalam mimpi penduduk sekitar gunung berapi dengan mengenakan pakaian berwarna hijau daun melati. Mimpi tersebut biasanya dianggap sebagai pertanda bahwa akan terjadi letusan dalam waktu yang dekat.

Selain dua tempat di atas masih ada tempat lainnya di Gunung Merapi yang dianggap angker dan tersebar di berbagai wilayah. Tempat-tempat tersebut diantaranya adalah bukit turgo, Telaga Putri, Muncar, Gua Jepang, hutan Pijen hutan Patuk alap-alap.

Baca juga : Misteri Rosalia Lombardo, Mumi Berukuran Cilik dan Misterius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here