Terakurat – Tips Agar Laptop Awet – Laptop rupanya sudah menjadi salah satu barang yang penting untuk dimiliki. Perangkat yang satu ini dapat membantu kita dalam melakukan banyak hal, seperti halnya menonton drakor, main game, menulis artikel atau sebuah novel, mengerjakan tugas kuliah dan masih banyak lagi. Laptop saat ini sudah tidak lagi digunakan oleh orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga.

Dengan pemakaian yang relatif sering dan lama, maka masalah pada laptop sering kali bermunculan. Seperti mengalami lag atau hang, baterai yang mulai drop, layar yang tiba-tiba ngeblink, speaker yang mulai menjadi tidak jernih dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentunya bisa disebabkan oleh beberapa faktor akibat perawatan laptop yang tidak dilakukan secara rutin.

Sebagai salah satu perangkat yang kerap kali digunakan, laptop juga memerlukan perawatan khusus agar tidak cepat rusak. Beberapa diantaranya yakni seperti membersihkan komponen pada laptop, tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, tidak menginstal software atau aplikasi yang tidak pening, tidak mengaktifkan internet pada saat hujan lebar, rajin membersihkan HDD dan masih banyak lagi.

Tips Agar Laptop Awet dan Tahan Lama

Meskipun pada saat ini sudah banyak laptop yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, pastikan juga kamu bisa merawatnya dengan benar. Selain itu, penting juga buat kamu ketahui hal-hal yang harus dihindari jika ingin laptop yang kamu miliki memiliki usia yang panjang. Nah, Tips Agar Laptop Awet berikut ini ulasannya.

Hindari penggunaan laptop dalam jangka waktu lama

Laptop merupakan benda elektronik yang sewaktu-waktu dapat mengalami kerusakan. Maka dari itu, laptop membutuhkan waktu istirahat. Jika penggunaan melebihi lebih dari 3 jam terlebih lagi jika digunakan untuk menonton film atau bermain game, sebaiknya beri waktu jeda atau istirahat agar mesin tidak mengalami overheat yang dapat menyebabkan panas yang berlebihan pada laptop.

Baca juga  Tips Membersihkan Lensa Kacamata yang Kotor dengan Mudah

Hindari meletakan benda berati diatas laptop

Laptop dapat dikatakan sebagai perangkat yang sensitif, terlebih lagi pada bagian layarnya yang rentan mengalami kerusakan. Jika layar laptop terlempar atau terinjak maka kemunkinan akan mudah rusak.

Maka dari itu, hindarilah menyimpan barang yang berat di atas laptop, seperti menyimpan tumpukan buku-buku atau sejenisnya. Jika kamu melakukan hal ini kemungkinan layar LCD akan pecah atau muncul masalah-masalah lainnya. Jika ingin lebih aman, kamu bisa menggunakan tumpukan buku sebagai alas laptop ketimbang menyimpan buku di atasnya.

Hindari menyimpan laptop diatas kasur

Buat kamu yang suka males gerak, menonton film sambil tiduran pastinya menyenangkan bukan? Sebenarnya hal ini akan menjadikan laptop cepat panas dan dapat menyebabkan laptop kamu mati karena overheat. Hal ini disebabkan karena lubang udara pada bagian bawah laptop yang tertutup oleh permukaan tak rata dari kasur atau sprei.

Maka dari itu, untuk menghindari teradinya kerusakan, maka letakanlah laptop pada permukaan benda yang keras seperti meja, kayu agar sirkulasi di dalam laptop tetap berjalan secara teratur. Atau kamu juga bisa menggunakan tumpukan buku seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Hindari penumpukan debu pada keyboard

Kebersihan pada bagian keyboard merupakan hal yang harus tetap dilakukan. Karena jika debu sudah menumpuk pada bagian keyboard dan debu tersebut masuk kedalam tuts keyboard maka akan mengakibatkan tuts pada keyboard cepat rusak atau tidak berfungsi semestinya. Jika kerusakan tersebut belum tentu parah, kamu dapat membersihkannya dengan kuas sehingga keyboard pada laptop dapat berfungsi normal kembali.

Jangan Memindahkan Laptop Sewaktu Nyala

Tanpa disadari, kita sudah biasa memindahkan laptop dengan kondisi yang masih menyala. Biasanya ini kita lakukan pas mau memperlihatkan sesuatu pada seseorang, misal nunjukin hasil kerja ke bos yang jaraknya cukup dekat. Nah, kenapa sih kok tidak boleh seperti ini?

Baca juga  Tak Perlu Kasar-kasar, Berikut Ini cara Mengusir Kucing Liar Dengan Baik

Laptop yang menyala, sudah pasti harddisk-nya menyala juga. Harddisk-nya berputar. Nah, ketika piringan harddisk berputar, kalau digerakkan, pasti piringannya juga bakal berubah kemiringannya.

Dan pastinya bakal terjadi goresan pada piringan harddisk. Akibatnya, harddisk akan mengalami bad sector, yaitu penurunan speed read/write secara signifikan. Semua proses bakalan lemot. Dan jika Anda rutin melakukan hal seperti itu, maka tinggal menunggu waktu saja laptop Anda bakalan rusak.

Bersihkan ‘Daleman’ Secara Rutin

Bersih-bersih adalah hal yang penting dan harus dilakukan secara rutin. Membersihkan laptop dilakukan pada bagian luar dan dalamnya. Kalau di bagian luar, bisa dilakukan dengan membersihkan debu-debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard.

Bersihinnya kalau bisa pakai tisu basah, biar tambah bersih. Atau kalau tidak ya gunakan saja penyedot debu. Untuk bagian dalam agak ribet, kita perlu bongkar casing-nya dahulu.

Setelah ‘bajunya dilepas’ barulah kita bersihin hardware dalamnya. Kalau bersihin jangan pakai tisu basah ya. Pakai kuas saja. Atau kalau tidak ada kuas ya pakai tisu biasa aja. Bersihkan sampai tidak ada debunya. Kalau masih ada debunya ya nanggung, susah-susah bongkar casing tapi tidak optimal.

Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Setiap orang pasti benci dengan yang namanya virus atau malware. Yang namanya virus pasti mengganggu, tergsntung pada tingkatan maksud si pembuatnya aja. Kalau cuma iseng tidak seberapa bahaya. Tapi kalo niatnya ngerampok ? Kayak virus itu tuh yang mengunci dan menjadikan semua file sebagai tawanan dan meminta sejumlah uang kalau ingin dibuka kuncinya.

Ternyata, virus-virus yang ada di komputer itu sebagian besar berasal dari situs-situs tidak jelas yang kita akses. Situs akan melakukan transfer file (virus) ke komputer pengunjungnya secara tidak kasat mata.

Baca juga  Tips Ikat Tali Sepatu Vans Agar Penampilanmu Semakin Keren

Untuk itu, setiap kali berselancar di internet, pastikan antivirus hidup dan dapat digunakan. Antivirus ini akan memperingatkan kita jika situs yang akan diakses itu berbahaya. Kalaupun kita lanjut, antivirus akan mencegah pengunduhan gaib itu.

Pemakaian yang Sewajarnya Saja

Kalau lagi dikejar deadline, jam berapa saja pasti ditempuh. Berapa lama pun pasti akan dikerjain, supaya tidak terlambat. Dalam situasi yang seperti ini, kebanyakan orang-orang akan ‘me-rodi-kan’ laptopnya. Iya, laptopnya disuruh kerja rodi tanpa ada istirahat yang cukup.

Secanggih-canggih-nya laptop, semahal apapun harganya, juga memerlukan waktu istirahat. Jangan memforsir laptop dengan memakainya secara berkesinambungan tanpa ada jeda diantara job-job yang kita kerjakan.

Pakailah laptop sebagaimana orang-orang normal menggunakan-nya. Meskipun deadline sudah dekat, bukan menjadi alasan untuk terus memforsir laptop. Kalau toh memang waktunya mepet banget, ya pakailah laptop lain. Entah itu pinjem tetangga atau ke warnet, yang penting laptop yang tadi dipakai itu biarkan istirahat dahulu.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here