Terakurat – Tips Agar Tetap Aman – Mungkin kamu memiliki sebuah file rahasia yang tidak ingin diketahui oleh siapapu. Jika hanya disembunyikan saja dirasasa kurang efektif, maka kamu bisa menyiapkan folder terproteksi agar tidak dapat diakses oleh siapapun.

Tentunya, kamu juga bisa menggunakan kata sandi pada sistem operasi agar orang lain tidak dapat memasuki dekstop, tapi terkadang hal ini dirasa kurang cukup. Pasalnya, cukup mudah bagi peretas ahli untuk membobol masuk.

Dengan adanya folder yang terproteksi, setidaknya hal ini memberikan lapisan kemanan tambahan yang bisa membuat kamu menjadi lebih nyaman. Nah berikut ini penjelasan mengenai cara membuat folder menjadi terkunci dan hanya kamu yang dapat mengetahui isi dari folder tersebut. Simak Tips Agar Tetap Aman dengan Mengunci Folder Laptop dan Komputer berikut ini!

Alasan mengapa folder harus dikunci

Agar Laptop atau komputer tidak bisa dipakai orang lain

Misalnya, kamu menyimpan sebuah file rahasia di laptop tanpa adanya proteksi tambahan, kita akan merasa was-was bukan. Pasalnya, siapapun yangmenggunakan laptop dapat dengan bebas menjelajahi file manager dan memasuki setiap folder yang ada sekalipun mereka menggunakan user account yang berbeda.

Jika menggunakan folder yang sudah di password, mereka pun tidak bisa masuk ke folder tersebut sekalipun sudah tahu kata sandi untuk masuk ke halaman dekstop di laptop.

Lebih aman dibandingkan cloud storage

Meskipun tempat penyimpanan cloud itu tidak aman, karena bebrapa platform seperti Google Drive dan Mega sudah memiliki sistem enskripsi sendiri yang dirancang sangat aman dalam melindungi data pribadi. Tetapi bisa saja, apapun yang berada di internet dapat diretas oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu fenomena yang cukup terkenal di internet adalah ketika berbagai artis Hollywood kebobolan sehingga foto tak senonoh mereka bertebaran di internet. Setidaknya, meskipun file disimpan di laptop secara lokal, maka akan mengurangi hal tersebut terjadi pada file kamu.

Baca juga  Tips Merawat Sepatu Putih Agar Tetap Kinclong Layaknya Sepatu Baru

Praktis dan cepat dibandingkan cloud

Ada kalanya, membuat cadangan file di penyimpanan cloud terasa agak menyulitkan. Hal ini dikarenakan kamu diharuskan untuk mengakses internet setiap kali hendak menambahkan file baru. Belum lagi, jika file yang disimpan memiliki ukuran yang cukup besar, maka membutuhkan waktu dan kuota yang tidak sedikit untuk mengunggahnya.

Dengan memiliki data rahasia di laptop atau komputer, setidaknya data akan tetap aman dan proses pemindahan file akan berlangsung lebih cepat tanpa menggunakan internet.

Tips Agar Tetap Aman dengan Mengunci Folder Laptop dan Komputer

Setelah kamu mengetahui manfaat dari folder yang dikunci, saatnya mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilalui untuk membuatnya.

Mengunci Melalui Windows Expoler

Pada sistem operasi Windows 10, pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan lain untuk mengunci sebuah folder pada Windows Expoler. Pasalnya, Windows 10 sudah memiliki fitur dari Microsoft untuk bisa mengunci folder agar file didalmnya tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi fitur ini tidak tersedia untuk Windows 10 Home.

Tips Agar Tetap Aman

Menggunakan cara ini, tentu ada untungnya. Karena folder yang terproteksi akan tetap bisa dilihat melalui iser account tanpa harus memasukan password setiap saat.  Folder akan terkunci bilamana diakses melalui user account yang berbeda. Lakukan beberapa tahapan di bawah ini untuk mengunci folder melalui fitur bawaan windows.

  • Masuk ke Akun Windows
  • Setelah itu bukalah Windows Expoler
  • Kemudian, pilih folder yang akan dienskripsi
  • Lalu klik kanan pada folder yang akan dikunci dan pilih properties
  • Pada tab general, lalu pilih advanced dan tambahkan ceklis pada pilihan Encrypt to secure data.
  • Setelah itu klik OK untuk menyimpannya.

Sekarang, folder tersebut tidak dapat diakses sembarangan dan dibuka oleh user account lain.

Baca juga  Tips Mengatasi Bad Hair Day Dengan Mudah

Kompres ke ZIP atau RAR

Cara yang satu ini juga tak kalah praktis, sama halnya seperti sebelumnya tanpa perlu internet dan hanya memerlukan aplikasi yang dapat mengkompres file seperti WinRar dan lainnya.

Dengan mengompres folder atau file ke dalam ZIP, maka kamu bisa mengatur kata sandi untuk setiap file ZIP tersebut. Cara yang satu ini sangat cocok jika laptop atau komputermu hanya menyediakan satu akun saja, dan siapapun yang membuka file ZIP tersebut harus memasukan kata sandi untuk bisa membuka file di dalamnya.

Mau tidak mau, setiap kamu akan mengakses file tersebut maka perlu memasukan kata sandi setiap ingin mengasesnya. Berikut caranya.

  • Lakukan pemilihan (select) pada beberapa file dan folder yang ingin dikunci.
  • Klik kanan pada salah satu file yang telah di-select, lalu pilih menu Add to archive.
  • Tuliskan nama file arsip dan tentukan format file antara ZIP atau RAR, kemudian pilih menu Set password.
  • Masukkan kata sandi yang diinginkan, lakukan juga pada kolom satunya lagi sebagai bentuk verifikasi. Anda juga bisa memilih untuk menambahkan tanda ceklis pada pilihan Encrypt file names agar orang asing tidak akan mengetahui nama-nama file yang terkandung dalam file arsip.
  • Klik tombol OK sekali, lalu klik tombol OK sekali lagi untuk membuat arsip.

Setelah itu, kamu bisa mencoba membuka file arsip tersebut. Jika kamu berhasil mengikuti langkah-langkah di atas, file tersebut akan meminta untuk memasukan password yang telah dipasangkan tadi.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika pada cara-cara sebelumnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan, maka berikut ini adalah cara megunci folder menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi tersebut adalah IsyLock, sebuah program penguncian folder yang bekerja dengan sangat simple dan efektif. Aplikasi ini dapat menyembunyikan folder yang hanya akan terlihat jika kamu berhasil memasukan katasandinya. Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk menggunakan IsyLock.

  • Unduh aplikasinya terlebih dahulu melalui link ini dan simpan pada folder khusus.
  • Setelah itu, klik ganda pada file ZIP dan lakuka ekstrak.
  • Buka folder IzyLock yang merupakan hasil ekstrak tadi lalu klik ganda pada file EXE di dalam folder.
  • Lakukan password configuration dengan cara memasukan kata sandi yang di inginkan sebanyak dua kali pada kolom pertama dan kedua. Tampilan antarmuka akan menunjukkan dua gambar. Gambar sebelah kiri adalah gambar kunci, fungsinya untuk mengubah password. Gambar kedua merupakan gambar gembok yang terbuka, menandakan kondisi folder dalam kondisi tidak terkunci.
  • Setelah itu sebuah folder bernama LockFolder akan muncul. Masukkan semua file dan folder yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder tersebut.
  • Nah untuk menguncinya, buka kembali jendela IsyLock yang tadi . Klik pada gambar gembok sebelah kanan untuk menguncinya. Indikasi apakah folder terkunci ditandai dengan gembok yang terkunci serta folder bernama LockFolder yang menghilang.
Baca juga  Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Penjelasannya!

Keuntungan dari menggunakan tiga cara diatas adalah bahwa tidak ada file yang disimpan secara online, artinya jika ada orang yang ingin meretas data rahasia tersebut, maka mereka tidak bisa melakukannya secara online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here