Terakurat – Tips Cek Garansi iPhone – Hati-hati ketika kamu ingin membeli iPhone, pasalnya saat ini banyak sekali iPhone palsu yang beredar secara luas di pasaran. Maka dari itu, calon pembeli harus lebih jeli lagi dalam membedakan iPhone asli dengan yang palsu agar tidak mudah tertipu.

Terdapat banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keaslian iPhone, salah satunya adalah dengen mengecek IMEI. Namun terkang melakukan cek IMEI saja tidaklah cukup untuk memastikan apakah itu iPhone asli atau palsu, sehingga kamu perlu juga mengecek garansi iPhone tersebut.

Jenis-jenis garansi iPhone

Dengan mengecek garansinya, maka kita juga akan tahu bahwa iPhone tersebut asli atau tidak karena iPhone palsu tidak mungkin memiliki garansi. Sebelum kita membahas cara cek garansi iPhone tersebut, maka kenali terlebih dahulu jenis-jenis garansi iPhone yang berada di pasaran berikut ini.

Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan garansi yang diberikan oleh Apple kepada perusahaan atau distributornya dalam suatu negara. Distributor resmi Apple di Indonesia akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu untuk pengguna perangkat Apple yang asli.

Pada umumnya untuk mendapatkan garansi resmi, maka kamu harus membeli perangkan iPhone di gerai resmi Apple atau authorized reseller di Indonesia. Klaim untuk garansi resmi ini juga biasanya berlaku di berbagai negara alias bersifat internasional, namun untuk beberapa seri tertentu biasanya dapat dilakukan di negara tempat membelinya.

Garansi Distributor

Garansi ini diberikan oleh distributor yang memasukan produk Apple secara tidak resmi ke Indonesia. Garansi ini nantinya ditanggung oleh distributor yang memasukannya ke Indonesia. Artinya kamu hanya dapat mengklaim garansi ke pihak distributor dan bukan ke service center resmi dari Apple.

Baca juga  WordPress Down? Ini yang Harus Kamu Lakukan!

iPhone yang dijual oleh distributor ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan iPhone resmi. Namun kamu perlu berhati-hati karena banyak iPhone refurbish atau rekondisi yang dijual hanya dengan mengatasnamakan garansi distributor.

Garansi Toko

Jenis garansi yang satu ini biasanya hanyalah berlaku untuk perangkat Apple palsu, Black Market, KW, Supercopy atau refurbish. Pada umumnya garansi ini hanya diberikan selama 1 bulan dari tanggal pembelian. Garansi ini hanya berdasarkan kepercayaan antar pembeli dan penjual.

Reputasi penjual atau toko akan semakin membaik jika mereka bertanggung jawab atas kerusakan barang pelanggan. Harga iPhone dengan garansi toko atau penjual ini pada umumnya jauh lebih murah dibandingkan iPhone bergaransi resmi.

Garansi Internasional

Jenis garansi ini adalah yang paling flesibel. Pasalnya jika kamu memiliki iPhoen bergaransi Internasional, maka kamu bisa mengklaim garansi di seluruh authorized reseller Apple di seluruh dunia. Kamu bisa mendapatkan garansi yang satu ini jika kamu membeli iPhone di luar negri.

Jenis-jenis Garansi iPhone di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tidak semua iPhone yang beredar di Indonesia itu asli maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa istilah untuk iPhone yang ada di Indonesia sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa jenis iPhone yang dipasarkan secara luas di Indonesia.

iPhone garansi Internasional

Kamu bisa mendapatkan iPhone jenis ini ketika kamu mengikuti pre-order atau membelinya di negara lain, seperti Singapura atau Australia. Biasanya iPhone bergaransi Internasinal adalah unlock. Namun, meski garansinya Internasional, terkadang kita tidak bisa mengklaim di negara lain selain negara asala tempat membeli iPhone tersebut.

iPhone garansi Resmi

Garansi resmi ini diberikan oleh distributor resmi Apple di Indonesia. Namun kamu harus tetap berhati-hati saat memilih untuk membeli iPhone melalui distributor, karena tidak semua distributor itu resmi.

Baca juga  Kreasi Resep Olahan Pisang Yang Unik dan Lezat Untuk Berbuka

Kamu juga harus berhati-hati karena saat ini banyak sekali iPhone rekondisi dan seludupan berdalih distributor, padahal nama distributornya sendiri tidak jelas dan jarang kita dengar. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu sebelum membeli.

iPhone rekondisi

iPhone rekondisi adalah iPhone dalam bentuk sparepart bekas yang di daur ulang sehingga nampak seperti baru. Pada umumnya, iPhone jenis ini diberikan garansi distributor selama 1 tahun. Biasanya jenis ini berasal dari beberapa seri iPhone yang sudah tidak laku di luar negeri.

iPhone rekondisi

jika pada umumnya iPhone rekondisi dari distributor memiliki garansi 1 tahun, maka berbeda pada iPhone BM yang hanya bergaransi 1 bulan saja. Soal harga iPhone ini jauh lebih murah dibandingkan dengan iPhone rekonsisi bergaransi distributor. iPhone ini dijual dengan kondisi apa adanya, yakni tanpa kartu garansi atau pajak palsu.

iPhone refurbish

iPhone ini hampir sama dengan rekondisi, akantetapi perbedaannya terletak di proses manufakturnya. iPhone yang telah direkondisi oleh pihak Apple sendiri. Harganya bisa saja jauh lebih mahal atau lebih murah dibandingkan rekondisi distributor. Garansinya resmi dan ful, tetapi mesinnya saa yang bekas atau gagal produksi.

iPhone Supercopy, Palsu dan KW

jika kamu menemukan penjual yang menawarkan iPhone dengan harga 1-2 juta rupiah saja, kam patut waspada. Pasalnya bisa saja itu adalah iPhone supercopy, palsu atau KW. Bentuk dari iPhone jenis ini sepintas mirip sekali dengan aslinya. Namun ketika diperhatikan secara seksama terdapat banyak perbedaan yang signifikan dengan iPhone asli.

Misalnya, jika pada iPhone palsu terbuat dari plastik, tidak menggunaka App Store melainkan Google Play Store dan sistem operasi yang digunakannya adalah Android sementara semua produk asli iPhone menggunakan iOS.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Edit Lagu Terbaik untuk Android

Tips Cek Garansi iPhone

Banyaknya iPhone palsu yang terjual bebas di pasaran tentunya membuat kita resah. Nah setelah kamu mengetahui jenis-jenis garansinya, berikut ini cara cek garansi iPhone untuk memastikan keasliannya.

  • Buka menu settings
  • Pilihlah menu General
  • Lalu memilih About
  • Setelah itu layar akan menampilkan serial number dari iPhone tersebut
  • Kunjungi situs ini dan ketikan serial iphone yang kamu miliki.
  • Setelah memasukan negara kamu, maka pilih tulisan ‘See your service and support coverage’ pada menu Service and Repair.
  • Nantinya situs akan menampilkan detail status dari garansi iPhone yang kamu miliki.

Disana kamu akan bisa melihat berbagai macam informasi mengenai perangkat iPhone kamu mulai dari tanggal pembelian hingga masa berlaku garansinya. Jika ternyata garansinya sudah abis padahal kamu baru saja membelinya, maka kamu patut mencurigainya jika iphone yang kamu beli tersebut ternyata bukan iPhone resmi.

Nah itulah tadi tips cek garansi iPhone dan jenis garansinya.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here