Terakurat – Tips Memeriksa Kesehatan Hardisk – Hard Disk merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer. Perangkat keras yang satu ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer. Karena sifatnya non volatile memory maka, data yang tersimpan pada hard disk tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

Sebuah komputer biasanya sudah dibekali dengan hard disk bawaan yang ukurannya berbeda-beda, umumnya dihitung berdasarkan giga bita atau thera bita. Pengguna komputer ini juga bisa mengganti dan memasang hard disknya sendiri jika dibutuhkan. Hal ini biasanya dilakukan ketika hard disk bawaan telah mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan kembali.

Masa pakai sebuah hardisk dapat berbeda-bedam tergantung dari cara pemakaian, kualitas dari hardisk dan lain sebagainya. Selain itu, hard disk juga bisa cepat rusak jika mengalami cacat produksi dari pabrikan. Lalu, apakah bisa kita memeriksa kesehatan hardisk pada komputer kita? Jawabannya, tentu bisa.

Mengecek kesehatan pada hardisk ini bukan dengan cara mengeluarkannya dari komputer, melainkan dengan cara membaca data yang disampaikan oleh sistem. Nah, berikut ini adalah beberapa cara memeriksa kesehatan pada hardisk dengan mudah yang bisa kamu coba pada sistem operasi Windows.

Tips Memeriksa Kesehatan pada Hardisk dengan Mudah

Tips Memeriksa Kesehatan Hardisk

Menggunakan Tools dari Pabrikan Hardisk

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk memeriksa kesehatan pada hardisk adalah dengan menggunakan alat atau tool yang khusus disediakan oleh pabrikan hardisk. Biasanya, pabrikan besar yang memproduksi hardisk telah menyediakan alat untuk memantau kesehatan dan kinerja hardisk yang mereka produksi. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Cari tahu terlebih dahulu hardisk yang kamu gunakan. Untuk mengetahuinya melalui sistem, kamu dapat pergi ke Device Manager di komputer melalui pencarian dengan mengetikkan “Device Manager”.
  • Setelah tab Device Manager sudah terbuka, lalu pilih opsi Disk Drives > klik simbol segitiga > catat model hardisk yang muncul.
  • Kemudian buka Google Search dan ketikan nomor model pada hardisk yang kamu gunakan pada tab pencarian.
  • Setelah kamu mengetahui nama pabrikan hardisk, lalu kunjungi laman websi te mereka dan buka halaman dukuannya lalu cari utilitas hardisk mereka.
  • Lalu unduh alat yang telah disediakan oleh pabrikan dan pasang. Kemungkinan tools yang disediakan oleh setiap pabrikan memiliki fungsi yang berbeda-beda, Tetapi mereka memiliki fitur diagnostik yang memungkinkan penggunanya untuk memeriksa kesehatan pada hardisk yang kamu gunakan.
  • Jika komputer kamu menggunakan hard disk buatan Seagate, maka kamu dapat langsung mengunduh alat diagnostiknya di sini.
Baca juga  Cara Mencairkan Saldo BPJS Online Maupun Offline

 Menggunakan Alat Bawaan CHKDSK

Selain menggunakan alat diagnostik yang telah disediakan oleh pabrikan, kamu juga bisa memanfaatkan alat diagnostik dari Windows. Nama tools nya adalah Windows CHKDSK.

Alat ini dapat memindai hardisk komputer untuk menemukan kesalahan sistem dan bad sector. Selain itu, jika kamu menemukan masalah dengan hardisk, alat ini juga bisa membantu menunjukan apa masalahnya.

Tool ini dapat memperbaiki masalah yang dapat diperbaiki dan akan memberi tahu jika terdapat masalah besar yang tidak dapat diperbaiki oleh alat ini. Jadi, alat ini dapat kamu gunakan untuk memindai sekaligus memperbaiki masalah pada hardisk jika memungkinkan. Nah, berikut ini langkah-langkah menggunakan alat ini.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah klik kanan pada properties lalu pilih menu Tools pada tab yang akan muncul, kemudian pilih juga opsi pengecekan hardisk yang tersedia pada kotak dialog yang terbuka.
  • Selanjutnya, klik Check atau Check Now untuk memulai proses pemeriksaan dan perbaikan.
  • Jika hardisk yang kamu gunakan aman-aman saja, biasanya akan muncul pesan bahwa kamu tidak perlu memindai atau mengecek kesehatan pada hardisk tersebut.

Menggunakan Perintah WMIC

Cara memperiksa kesehatan hardisk yang satu ini juga dapat kamu lakukan dengan menggandalkan sistem bawaan komputer. WMIC sendiri merupakan sebuah perintah command line yang memungkinkan penggunanya menjalankan tugas-tugas administratif, termasuk memeriksa kesehatan hardisk.

Perintah ini menggunakan fitur S.M.A.R.T atau Self Monitoring, Analysis and Reporting Technology untuk melihat satus hardisk dengan memberikan kesimpulan sederhana seperti OK  atau Pred Faill dan lain-lain.

Meskipun perintahnya terbilang masih sangat mendasar dan hanya memberikan informasi yang sangat singkat, tetapi cara ini merupakan salah satu yang tercepat untuk mengetahui status hardisk. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Pertama tekan Windows + R secara bersamaan untuk membuka dialog pencarian, lalu ketikan CMD.
  • Lalu klik OK untuk membuka command prompt Windows.
  • Setelah antarmuka WMIC telah siap, ketikan “diskdrive get status” lalu tekan enter lagi.
  • Kemudian, status hardisk yang terpasang pada komputermu akan ditampilkan.
Baca juga  Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah dan Akurat

Jika statusnya OK maka hardisk pada komputermu dalam keadaan baik-baik saja, sedangkan jika statusnya Pred Faill artinya fitur S.M.A.R.T mengalami kegagalan atau error yang salah satunya disebabkan oleh adanya bad sector pada hardisk.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk memeriksa kesehatan hardisk, kamu juga bisa menggunakan tools dari pihak ketiga. Alat ini biasanya akan menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai status hardsik pada komputer.

Untuk menjalankan tugasnya serta mengambil data, alat ini menggunakan fitur S.M.A.R.T yang sama seperti perintah WMIC. Tetapi, sekali lagi informasi yang mereka berikan lebih mendetail. Terdapat beberapa alat dari pihak ketiga yang bisa kamu unduh dan pasang pada komputer seperti Hardisk Sentinel, HDD Scan dan CrystalDiskInfo.

Pada CrystalDiskInfo misalnya, alat ini sangat sederhana namun dapat diandalkan dengan baik untuk memeriksa kesehatan hardisk. Alat yang gratis dan sangat ringan ini menawarkan banyak informasi yang diperlukan seperti suhu pada hardisk, status kesehatan, jenis, fitur hardisk serta informasi lainya seperti tingkat kesalahan baca dan tulis, waktu pemutaran dan lain-lain.

Setelah alat ini terpasang, langkah selanjutnya kamu tinggal menjalankannya dan biarkan aplikasi tersebut berjalan dengan sendirinya. Secara default, aplikasi CrystalDiskInfo akan mengecek kesehatan pada hardisk komputer setiap 10 menit dan memberi tahu jika hardisk memiliki masalah.

Beberapa alat tadi mungkin mengandung iklan, jadi pastikan kamu menggunakan opsi “Custom Installer” untuk menghilangkan ceklis pada opsi yang tidak dibutuhkan.

Itulah beberapa tips memeriksa kesehatan pada hardisk yang dapat kamu lakukan dengan mudah di komputer Windows. Jika kamu menemukan masalah pada hardisk yang dapat menyebabkan komputer menjadi error, mungkin sudah waktunya hardisk pada komputermu diganti.

Baca juga  Tips Agar Tetap Aman dengan Mengunci Folder Laptop dan Komputer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here