Indonesia Sejak dulu terkenal dengan kelezatan olahan rempah-rempahnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas nya masing-masing, tentu dengan kreasi yang sangat unik dan berbeda. Seperti beberapa suguhan berikut ini.

1. Mie Aceh.

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan berbagai kuliner khas terbaik dan bahkan telah mendunia. Saat datang ke Aceh, tidak sempurna rasanya jika tidak mencicipi menu berbahan mie kuning ini, ditaburi dengan irisan daging yang disiram dengan sup kari gurih dan pedas.

2. Rendang Sumatera Barat.

Sumatera Barat terbukti sudah berhasil membuat dunia tertarik dengan bumbu khas masakan padangnya yang lezat. Salah satunya adalah rendang yang terbuat dari daging pilihan dicampur dengan berbagai jenis rempah hingga menciptakan citarasa yang sangat kuat dan juga nikmat.

3. Gulai Ikan Patin Jambi.

Selanjutnya ada makanan khas daerah Jambi, dengan nama gulai ikan patin. Kuliner yang satu ini sangat populer di lingkungan masyarakat Jambi dan sekitarnya. Dibuat dengan menggunakan daging buah durian yang sudah difermentasi, gulai ikan lalu dimasak sampai matang dan rasanya dijamin bikin ketagihan.

4. Pendap Bengkulu.

Bengkulu hadir dengan berbagai kuliner terbaik yang sulit diabaikan, salah satunya ialah pendap yang terbuat dari ikan yang dibumbui beragam bumbu dan rempah pilihan dengan cita rasa yang sangat nikmat. Anda wajib mencicipi pendap saat berkunjung ke Bengkulu.

5. Gulai Belacan Riau.

Riau hadir dengan menu gulai belacannya yang terbuat dari campuran belacan plus kuah gurih yang sangat lezat. Makanan ini semakin nikmat jika ditambah ikan atau udang sebagai menu pelengkap gula belacan.

6. Pempek Sumatera Selatan.

Pempek adalah kuliner khas Sumatera Selatan, terbuat dari bahan olahan sagu dan ikan. Pempek disajikan dengan tambahan kuah coklat yang dinamai cukpo. Rasanya dijamin lezat dan segar.

Baca juga  Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Palembang

7. Sate Bandeng Banten.

Banten juga memiliki kuliner terbaik khasnya yaitu sate bandeng dengan daging ikan empuk tanpa tulang yang ditambah santan dan gula coklat. Pastikan Anda mencicipi masakan ini saat berkunjung ke Banten ya.

8. Kerak Telor Jakarta.

Jakarta juga tidak ketinggalan dengan kuliner khasnya yaitu kerak telor, menu masakan yang terbuat dari beras ketan putih, ebi, telur ayam yang di sangrai. Kerak telor menjadi lebih lezat dengan tambahan beberapa bumbu rahasia yang khas.

9. Nasi Gudeg D.I Yogyakarta.

Makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari olahan nangka muda dan santan. Kuliner dengan tambahan nasi, ayam kampung, telur dan lainnya ini akan membius lidah Anda dengan citarasanya yang teramat manis dan lezat.

10. Rujak Cingur Jawa Timur.

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur, tentu semua orang telah mengetahui hal ini. Jangan pernah lewatkan menu terbaik ini ketika Anda mengunjungi daerah Jatim ya.

11. Ayam Betutu Bali.

Ayam betutu adalah kuliner khas Bali yang terbuat dari ayam utuh dan berisikan bumbu terbaik, ayam akan dipanggang dalam api sekam, dijamin membuat ketagihan.

12. Soto Banjar Kalimantan Selatan.

Soto banjar ialah menu yang terbuat dari bahan utama ayam plus berbagai rempah terbaik dengan aroma memikat. Ayam yang disuwir dicampur dengan tambahan soto dan perkedel.

13. Sup Konro Sulawesi Selatan.

Makanan ini terbuat dari iga sapi dengan siraman kuah yang berwarna coklat kehitaman. Akan semakin nikmat jika dikonsumsi dengan tambahan potongan ketupat.

14. Papeda Papua Timur.

Papeda merupakan sejenis bubur sagu yang terlihat nikmat dengan tambahan kuah kuning plus ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit, citarasanya tidak ada yang bisa menyanggah.

15. Bika Ambon, Sumatera Utara.

Makanan khas dari Sumatera Utara ini adalah Bika Ambon. Bika Ambon terkenal sangat enak. Legit, kenyal, dan rongga-rongga di dalam kuenya pun sangat unik Terkadang juga dijual dengan rasa lain, seperti durian dan keju. Rasanya manis dan juga lembut.

Baca juga  Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Tidak Boleh Terlewati

16. Otak-Otak, Kepulauan Riau.

Otak-otak merupakan salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, ataupun di Pulau Penyengat. Di sini terdapat dua jenis otak-otak yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak biasanya dibungkus dengan daun pisang, lalu kemudian dibakar dengan bara api. Rasa ikannya yang kuat dan teksturnya yang kenyal, pasti akan membuat anda ketagihan.

17. Mie Bangka, Bangka Belitung.

Mie atau Mi Bangka merupakan salah satu dari ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah berwarna kuning biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuat dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.

18. Lumpia, Jawa Tengah.

Lumpia merupakan makanan khas Jawa Tengah khususnya kota Semarang. Makanan ini disajikan dengan isian telur, rebung, dan daging udang. Setelah dibungkus bisa dimakan langsung, bisa juga digoreng.

19. Ayam Taliwang, Nusa Tengara Barat.

Ayam Taliwang merupakan makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Makanan ini berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, terasi goreng, bawang merah, bawang putih, tomat merah, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan dengan makanan khas Lombok lainnya yaitu Plecing kangkung.

20. Catemak Jagung, Nusa Tenggara Timur.

Catemak Jagung adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur. Kuliner Catemak jagung ini merupakan makanan penutup yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa.

21. Bubur Pedas Sambas, Kalimantan Barat.

Bubur Pedas Sambas merupakan makan khas dari daerah sambas di Kalimantan Barat. Meski nama makanan khas tersebut bergelar kata “pedas” dan mungkin akan membuat para pencinta kuliner yang tidak suka rasa pedas bergidik ngeri, namun ketika disuguhkan pasti akan minta tambah lagi. Bubur pedas ini dibuat dari campuran sayur mayur.

Baca juga  Pantai Indah di Korea Selatan !

22. Juhu Singkah, Kalimantan Tengah.

Juhu Singkah merupakan makanan khas masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, dengan rasanya yang sangat lezat. Kuliner ini bisa dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalteng. Terbuat dari umbut rotan, masakan yang satu ini akan terasa lebih lezat bila dipadukan dengan ikan betok. Umbut rotan didapat warga dengan mencarinya di sekitar hutan tempat mereka tinggal.

23. Sup Ikan Jantung Pisang, Sulaweisi Tengah.

Sup Ikan Jantung Pisang merupakan makanan khas sulawesi tengah, Tepatnya di kota Palu. Makanan yang bercita rasa asam pedas segar ini, menggunakan ikan kakap untuk bahan utama.

24. Binte Biluhuta, Gorontalo.

Binte Biluhuta adalah makanan khas Gorontalo. Makanan ini biasa juga disebut dengan milu siram, karena terbuat dari milu (bahasa setempat berarti jajung). Makanan ini terbuat dari jagung, udang, kelapa setengah tua, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis.

25. Tinutuan/Bubur Manado.

Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, ibukota Sulawesi Utara. Makanan ini merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here