Cara Berhenti Merokok, Simak Tips Ini

Terakurat – Artikel Kesehatan – Bagaimana Cara Berhenti Merokok – Rokok membuat kecanduan para penggunanya karena mengandung zat adiktif seperti nikotin di dalamnya.

Tak heran begitu banyak perokok aktif yang merasa sulit untuk serius berhenti dari kebiasaan merokok meskipun berbagai cara telah banyak dilakukan.

Terlebih pada masa awal percobaan berhenti merokok, kesulitannya benar-benar berkali lipat.

Kendati peringatan akan bahaya merokok sudah banyak didengungkan dan setiap saat didengar, faktanya jumlah perokok tetap terbilang banyak. Ironisnya Indonesia menjadi negara dimana jumlah perokok setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Termasuk jumlah perokok usia muda dimana Riset Kesehatan Dasar 2013 mengungkapkan bahwa perokok aktif mulai dari usia 10 tahun ke atas berjumlah 58.750.592 orang.

Tips Cara Berhenti Merokok

Berikut ini kami sajikan beberapa trik yang cukup berguna untuk mensiasati keadaan tersebut, khususnya bagi mereka yang serius mencari cara berhenti merokok.

1. Menyeruput Air Dingin dengan Sedotan Seukuran Batang Rokok

Salah satu cara berhenti merokok yang dapat dilakukan yang pertama adalah dengan menyeruput air dingin melalui sedotan; bentuk sedotan yang kecil ini mampu menggantikan bentuk batang rokok sehingga keinginan merokok sejenak terlupakan.

Selain itu, menyeruput air dingin melalui sedotan juga akan melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk. Atau, Anda juga dapat mengganti keinginan menghisap batang rokok dengan makan makanan ringan yang sehat.

2. Catat Progress dan Hal Positif yang Anda Jalani

Cara Berhenti Merokok
Cara Berhenti Merokok

Cara berhenti merokok yang unik berikutnya adalah mencatat progressnya.

Banyak perokok yang tidak mau berhenti karena merasa bahwa berhenti merokok hanya menyiksa diri. Padahal, berhenti merokok akan memberikan banyak manfaat pada tubuh Anda, termasuk keuangan dan kesehatan Anda.

Baca juga  Manfaat dan Resiko Teknik Pengobatan Alternative Bekam

Untuk itu, saat Anda sedang mencoba berhenti merokok, cobalah untuk mencatat hal-hal positif yang Anda dapatkan dalam beberapa hari berhenti merokok, termasuk perasaan yang lebih terkendali, menghemat uang, badan terasa lebih energik, dan sebagainya.

3. Menyikat Gigi dengan Rutin

Biasanya, perokok aktif memiliki bibir yang berwarna gelap dan napas mulut yang cenderung bau rokok. Oleh karena itu, salah satu hal baik yang Anda dapatkan ketika mencoba berhenti merokok adalah napas mulut Anda yang terasa lebih segar terlebih ketika Anda sering sikat gigi.

Jika Anda rutin sikat gigi dan selalu memiliki napas yang segar, Anda pun akan merasa sayang untuk mengotorinya kembali dengan tar dan asap rokok.

4. Hindari Dulu Pemicu Keinginan untuk Merokok Seperti Kopi dan Alkohol

Banyak orang yang merokok sambil ngopi, keinginan untuk merokok kerap timbul saat menyeruput nikmatnya kopi hitam. Pahami diri Anda sendiri, jika hal ini memicu Anda untuk kembali memikirkan rokok, maka hindarilah sejenak kegiatan ngopi Anda.

Hal yang sama juga terjadi pada alkohol. Jika saat meminum alkohol keinginan merokok Anda semakin kuat, maka sebaiknya Anda menghindari alkohol. Selain itu alkohol yang berlebihan tentu membuat banyak penyakit mengintai pertahanan kesehatan tubuh Anda.

5. Sediakan Waktu untuk Olahraga, Tetap Bergerak, Walau Hanya Sekedar Jalan Kaki

Jika Anda benar-benar ingin berhenti merokok, Anda harus mencoba aktif berolahraga. Karena ketika tubuh Anda aktif, tubuh Anda akan mengirimkan bahan kimia alami yang dapat membantu suasana hati dan mengurangi stres.

Salah satu olahraga ringan yang dapat Anda coba adalah berjalan kaki.

6. Masukan sesuatu pada mulut Anda

Maksudnya adalah, ketika Anda dalam proses berhenti merokok, akan selalu ada keinginan untuk memasukkan sesuatu di mulut Anda.

Baca juga  Manfaat Buah Bit serta Cara Mengolah Buah Bit

Hal tersebut terjadi karena Anda sudah terbiasa mengisap batang rokok sehingga ketika Anda dalam tahap mencoba berhenti merokok Anda akan merasa aneh jika tidak ada sesuatu di mulut Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa mengganti rokok yang biasa Anda letakkan di mulut Anda dengan permen karet bebas gula, atau makanan ringan yang sehat.

7. Dua Minguu Pertama adalah Saat yang Tersulit, Kuatkan Diri Anda

Waktu terberat dalam proses berhenti merokok adalah pada dua minggu pertama. Namun, setelah Anda melewati waktu tersebut, Anda akan mulai terbiasa tanpa rokok dan mulai memperoleh manfaatnya.

Oleh karena itu, saat Anda sudah melewati dua minggu awal, jangan sampai Anda kembali tergoda untuk merokok karena hal tersebut akan membuat segala usaha Anda di waktu-waktu terberat menjadi sia-sia.

8. Temukan Alasan Anda Mengapa Berhenti Merokok

Cara berhenti merokok yang terakhir adalah dengan menemukan alasan sesungguhnya mengapa Anda ingin berhenti merokok. Sebelum Anda menemukan alasan yang benar-benar personal untuk Anda sendiri, kemungkinan besar Anda tidak dapat lepas dari jerat nikotin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *