Terakurat – Aplikasi Perekam Layar Terbaik – Aplikasi Perekam Layar atau Screen Recorder merupakan perangkat lunak yang sering digunakan oleh mereka yang ingin berbagi pengalaman tertentu dalam memecahkan suatau masalah pada kompuer dan sebagai pembelajaran. Dengan merekam layar maka pembelajaran ataupun pemecahan masalah yang harus di ikuti menjadi lebih jelas dan mudah di pahami.

Aplikasi semacam ini juga kerap kali digunakan untuk merekam aktivitas bermain game, vidio call hingga live streaming. Beberaa aplikasi bahkan menyediakan fitur-fitur editing yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas rekaman. Berikut ini adalah beberapa aplikasi perekam layar laptop terbaik dan gratis digunakan.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Camtasia

Camtasia merupakan aplikasi perekam layar yang bagus. Selain karena fiturnya yang lengkap, cara penggunaannya juga sangatlah mudah sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan. Agar vidio yang kamu buat menjadi lebih variatif, sudah terdapat berbagai template dan preset yang bisa di cocokan untuk segala kebutuhan.

Antarmuka aplikasi ini mengguakan drag and drop, sehingga akan sangat memudahkan orang awam ketika menggunakannya dan tetap bisa berkreasi tanpa adanya hambatan teknis. Selain dapat menambahkan berbagai efek seperti panah, highlight, bahkan kursor pun juga dapat diberikan emphasis agar penonton nantinya bisa lebih mudah mengikuti arahan anda.

Camtasia bukanlah aplikasi layar abal-abal, karena terdapat berbagai fitur canggih lainnya seperti penggunaan green sreen, penambahan closed caption atau subtittle, menghilangkan background noise pada suara, dukungan integrasi dengan Microsoft Point dan lainnya.

Camtasia dapat kamu nikmati sesaat menggunakan program free trial. Sedangkan jika kamu ingin membeli aplikasi ini harganya dimulai dari $169 atau setara dengan 2,4 juta (Education Package) dan ini belum termauk Maintenance Plan yang bisa mengupgrade aplikasi setahun sekali.

Baca juga  Benarkah Social Spy Bisa Digunakan Untuk Menyadap Whatsapp?

Movavi Screen Recorder Studio

Rekomendasi aplikasi perekam layar selanjutnya adalah Movavi Screen Recorder. Aplikasi perekam layar yang satu ini memiliki beragam fitur perekaman vidio dan pengeditannya, sehingga membuatnya sangat inklusif dan serbaguna. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam layar laptop atau sebuah bagian layar dari layar dan mengedit hasil rekaman tersebut dengan beberapa sejumlah fitur seperti trim, crop, flip hingga menambahkan filter dan wattermark. Selain itu kamu juga dapa melakukan screenshoot layar dan menyimpannya sebagai sebuah file.

Selain dapat merekam layar, kamu juga dapat merekam vidio dengan webcam, baik dilakukan secar bersamaan maupun secara terpisah. Aplikasi ini juga memunkinkan penggunanya merekam audio dengan mikrofon. Movavi Screen Recorder Studio dapat kamu unduh secara gratis. Kamu bisa mencoba versi trialnya untuk memastikan apakah cocok dengan aplikasi ini atau tidak.

Bandicam

Aplikasi perekam vidio yang satu ini terkenal karena mampu merekan vidio berkualitas tinggi. Setelah selesai merekam kamu dapat menyimpan rekaman sebagai file vidio ke dalam format AVI atau MP4. Beberapa fitur yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk memilih dan merekam area tertentu atau keseluruhan layar laptop, menggambar vidio pada saat sedang di rekam dan menambahkan overlay webcam ke dalam vidio dimana kamu dapat merekam diri anda sendiri pada saat layar sedang di rekam.

Beberapa fitur tambahan lainnya termasuk kemampuannya untuk mencampur suara sendiri ke dalam rekaman layar, kemampuan menambahkan logo ke dalam vidio dan menambahkan efek tetikus pada mouse serta animasi lainnya pada saat perekaman sedang berlangsung. Bandicam juga memungkinkan penggunanya untuk merekam game yang sedang dimainkan.

Terdapat dua versi yang di tawarkan oleh Bandicam, yakni Registered dan Unregistered. Versi registered tentu saja memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap tanpa adanya batas waktu perekaman per file serta tidak ada watermark.

Baca juga  Daftar Tim Esports Indonesia Tersukses, Jagoanmu yang Mana?

ShareX

Aplikasi ini hanya tersedia pada laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 7, 8.1, dan 10 saja. Selain gratis, aplikasi ini juga bersifat open source, tanpa ilan dan sangat ringan untuk digunakan.

ShareX dapat menangkap sebagian atau seluruh bagian layar dan dapat menangkap area layar dengan menggunakan bentuk persegi panjang, elips atau dengan tangan bebas. ShareX juga memungkinkan penggunanya untuk menambahkan efek gambar atau watermark ke dalam rekaman.

Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam membagikan hasil rekaman layar laptop ke orang lain, yakni dengan metode drag and drop.

CamStudio

CamStudio Merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang bersifat Open Source. Aplikasi ini mampu merekam semua bagian layar dan aktifitas audio di laptop yang kamu miliki serta membuat vidio AVI yang dapat diubah dengan mudah menjadi vidio SWF.

Aplikasi CamStudio juga memudahkan kamu dalam menambahkan teks berkualitas tinggi ke semua vidio yang direkam. Selain memiliki keunggulan dalam fitur teknis vidionya, CamStudio juga menawarkan kepada penggunanya codec lossless-nya sendiri yang mampu menghasilkan vidio berkualitas tinggi dengan ukuran file yang lebih keci.

Kamu tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi yang satu ini meski proyek kamu bersifat profesional. Jika kamu membutuhkan bantuan dengan proyek yang sedang dilakukan, maka kamu dapat menggunakan file bantuan bawaan CamStudio yang telah tersedia.

Filmor Scrn

Filmora merupakan brand yang cukup terkenal alias produk-produknya user frienly nya yang mampu membuat produser vidio awam pun terlihat ahli. Hadir dengan antarmuka yang sederhana serta beragam fitur yang komprehensif, kini kamu bisa mejadi seorang YouTuber yang handal hanya dengan menggunakan Filmora Scrn.

Aplikasi perekam layar yang satu ini nampaknya lebih difokuskan buat kamu yang ingin menjadi YouTuber Gamer, karena sudah tersedia beragam efek dan template. Bahkan aplikasi ini juga dapat merekam layar dan webcam sekaligut.

Baca juga  Update PUBG Mobile 1.0 8 September, Akan Membawa Perubahan Besar!

Untuk penggunaan umum, aplikasi ini juga masih oke. Pasalnya masih tersedia fitur-fitur seperti penambahan kotak atau panah, serta menambahkan tulisan pada vidio buat kamu yang ingin membuat tutorial.

Icecream Screen Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar gratis yang tersedia untuk perangkat Windows, Mac dan Android. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk merekam area layar laptop atau menyimpannya sebagai screenshoot.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu dapat merekam berbagai aplikasi dan game, tutorial vidio, webinar, live straming, panggilan Skype dan masih banyak lagi dengan cara yang mudah dilakukan. Selain itu, kamu juga dapat mereka layar secara bersamaan dengan audio dan webcam.

Clipboard merupakan salah satu fitur penting lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyimpan hasil tangkapan layar dan mengirimnya secara instan melalui email atau Skype.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here