Terakurat – Bahan Kaos Terbaik – Memilih bahan yang bagus untuk dijadikan sebuah pakaian memanglah bukan persoalan yang mudah. Pasalnya banyak sejaki jenis kain yang dapat digunakan untuk membuat pakaian. Namun bahan-bahan yang dipilih untuk membuat pakaian tentu saja harus ditentukan berdasarkan kebutuhan pakaian yang di inginkan.

Sebagai contoh, bahan pakaian formal akan berbeda dengan bahan pakaian kasual. Bahan pakaian kasual juga akan berbeda dengan bahan pakaian olahraga. Tak hanya itu saja, bahan pakaian yang bisa digunakan ketika musim dingin akan berbeda dengan kain yang digunakan pada musim panas.

Semua sifat bahan yang dipakai tersebut tentunya harus sesuai dengan kebutuhan, keinginan serta tujuan penggunaan pakaian. Untuk baju kasual seperti kaon, terdapat banyak banyak sekali bahan kain yang bisa digunakan. Akan tetapi tidak semua meiliki sifat yang unggul dan nyaman untuk digunakan oleh penggunanya. Nah berikut ini rekomendasi bahan kaos yang bagus dan bisa kamu pilih agar pakaian kasual yang satu ini terasa nyaman ketika di pakai.

Inilah Bahan Kaos Terbaik untuk Membuat Pakaian yang Nyaman Digunakan

Combed Cotton

Bahan Kaos Terbaik

Bahan katun memang menjadi salah satu bahan yang paling banyak dipilih dalam pembuatan pakaian. Salah atu jenis katun yang paling sering dipilih untuk membuat kaos adalah Combed Cotton atau katun Combed.

Katun jenis ini biasanya diberi perlakuan khusus sebelum dipintal menjadi benang. Perlakuan khusus yang dimaksud adalah sengan menghilangkan pengotor serta serat-serat pendek menggunakan alat khusus yang bekerja seperti sisir. Oleh karena itulah katun jenis ini diberinama combed cotton.

Perlakukan khusus dengan cara menghilangkan serat-serat halus akan membuat katun menjadi lebih kuat dan lembut dibandingkan katun biasa. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa harga katun combed lebih mahal jika dibandingkan dengan katun biasa. Selain itu, karena berbahan dasar 100% katun, maka kain tetap dapat menyerap keringat dengan baik dan bahan katun tidak akan berbulu.

Baca juga  Cara menghilangkan Stress Karena Masalah Keluarga, Menurut Islam

Supima Cotton

Supima merupakan singkatan dari Super Pima. Jenis katun ini merupakan katun Pima dengan kualitas terbaik. Perkebunan katun Pima dengan kualitas terbaik hanya terdapat di beberapa negara bagian Amerika Serikat diantaranya Arizona, New Mexico, Texas dan California. Karena hanya tumbuh di daerah tertentu saja, maka harga Supima juga dibanderol lebih tinggi dibandingkan Pima biasa.

Secara garis besar, semua Supima adalah Pima, namun tidak semua Pima merupakan Supima. Lantas apa yang membuat Supima lebih baik dibandingkan Pima biasa?

Perbedaannya adalah, Supima memiliki serat yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Pima. Panjang serat Supima rata-rata mencapai 38,1 mm. Padahal panjang serat pada umumnya hanya sekitar 25,4 mm saja.

Serat yang panjang ini memberikan karakteristik Supima menjadi lebih kuat dan terlihat mewah. Katun Supima juga sangat halus bahkan terasa seperti sutra. Selain itu jenis katun ini dapat menonjolkan warna dengan baik.

Bamboo Cotton

Jenis katun yang satu ini merupakan campuran antara serat bambu dan katun. Serat bambu yang memiliki sifat antibakteri, anti bau dan anti listrik statis. Selain itu, serat bambu juga dapat meyerap air. Inilah mengapa serat bambu dapat menyerap keringat dengan baik karena berasal dari alam, dan serat bambu juga cukup ramah lingkungan.

Bahan katun bambu juga cenderung ringan, lembut, elastis tahan lama dan sejuk meski dipakai dibawah sinar matahari. Hal ini dikarenakan kain ini dapat menghalangi sinar UV hingga 20% lebih baik dibandingkan kain lain. Tak hanya itu saja, serat bambu juga terdapat microgaps yang berfungsi baik untuk sirkulasi udara sehingga kain ini sangat cocok digunakan pada berbagai musim

Baca juga  Kisah Perjalanan Waktu Yang Menghebohkan Dunia.

Modal Cotton

Katun Modal Cottong merupakan campuran antara bahan Modal dan Katun. Katun ini merupakan jenis kain semi sintetis yang terbuat dari kayu Pohon Beech. Modal juga termasuk jenis kain rayon, bahkan modal memiliki karakteristik yang ringan, elastis dan nyaman ketika digunakan karena breatheable.

Perpaduan antara karakteristik Modal dan Katun akan menghasilkan sifat bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik, lembut, antibakteri serta dapat menyerap warna lebih tajam. Warna yang ditampikan oleh jenis kain ini bahkan cenderung berkilau dan tampak elegan. Konon, katun jenis ini juga disebut-sebut memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan katun Combed dan bambu.

Carded Cotton

Katun Carded memiliki serat kain yang lebih rapat dibandingkan dengan katun Combed. Jenis kain ini juga terbuat dari 100% katun dengan kualitas yang cukup baik meskipun dapat dikatakan berada di bawah level katun combed.

Katun carded tetap dapat menyerap keringat dengan baik, cukup nyaman untuk digunkan serta tidak mudah luntur. Namun sayangnya, jika dibandingkan dengan katun Combed, kekurangan dari katun Carded adalah kurang lentur, karena serat kain dibuat terlalu rapat. Selain itu, katun ini juga relatif mudah berbulu karena masih memiliki serat-serat yang pendek.

Kaun Carded cenderung agak kasar, tetapi jika dibandingkan dengan katun Combed, harga katun Carde lebih terjangkau. Bahan jenis katun ini cocok digunakan untuk produksi kaos masal yang tidak terlalu memperhatikan kualitas.

Polyester

Polyester merupakan bahan sintetis alias buatan manusia. Jenis bahan ini pertama jali dibuat pada tahuan 1941 oleh dua kimawan inggris bernama John Rex Whinfield dan James Tennant Dickson. Keduanya membuat material polyester melalui proses kimiawi dengan mencapurkan Ethylene glycol dan Terephthalate Acid. Pencampuran dua bahan kimia ini tak disangka akah menhasilkan material bernama Polyethylene Terephthalate atau yang memiliki nama beken Polyester.

Baca juga  Aplikasi Chat Alternatif Terbaik Selain WhatsApp

Bahan ini memiliki karakteristik antibakteri yang baik, awet, dan tidak mudah kusut. Material berbahan dasar polyester juga tidak mudah melar ataupun menyusut. Jenis kain yang satu ini tahan terhadap air dan cenderung lebih mudah mengering.

Kemampuan menyerap warna dari kain ini juga sangatlah baik, hanya saja jenis kain Polyester memiliki sirkulasi udara yang rendah dan apabila disetrika terlalu lama maka akan cepat meleleh.

Blend atau Polyblend

Blends jika diartikan adalah campuran, jenis kain yang satu ini memang jenis kain campuran antara katun dengan Polyester. Rasio campuran yang pada umumnya digunakan oleh produsen 65% katun dan 35% polyester.

Tujuan dibuatnya dari Blends ini adalah untuk mendapatkan kain dengan keunggulan yang ditawarkan katun dan polyester dalam satu kain. Karena itulah, kain ini memiliki sifat yang elastis dan tidak mudah robek sesuai dengan sifat polyester serta sejuk sesuai dengan sifat dari kain katun.

Nah, itulah beberapa Bahan Kaos Terbaik dan bisa kamu pilih sebagai bahan kaos. Kamu hanyalah perlu menyesuaikan karakteristik kain dengan kebutuhan serta keinginan. Kaos yang bagus tak hanya dilihat dari bahan kainnnya saja, melainkan juga dari kerapihan jahitan serta dari warnanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here