Terakurat.com – Perusahaan raksasa Google diketahui telah merilis Android 11 Developer Previewnya lebih cepat dari biasanya yang kerap kali diumumkan pada bulan maret.

Android 11 Developer Preview dirilis pada 19 Februari 2020, Namun tidak dianjurkan untuk didownload oleh pengguna harian.

Android 11 Devloper Preview ini hanya ditunjukan untuk pengembang aplikasi untuk meninjau dan menguji coba software terbarunya.

Versi pertama dari android 11 hanya dapat dinikmati pada perangkat Google Pixel seperti Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3A dan Pixel 4. Sementara untuk versi finalnya dirumorkan akan dirilis pada Q3 2020.

Android 11
Source : Android authority

Berikut ini beberapa fitur-fitur baru dan menarik yang ada di Android 11 Developer Preview Pertama :

Link ability

Pada Android 11 membawa API (aplicarion programing interface) tautan baru untuk mendukung jaringan 5G.

Dengan demikian maka, para pengembang dapat mencoba sekaligus memanfaatkan kecepatan tinggi dan latensi pada jaringan 5G.

Sistem baru ini juga menambahkan API pengukur bandwith yang memungkinkan pengembang untuk menentukan bandwith yang tersedia tanpa aplikasi atau harus menghitung perkitaan mereka sendiri.

Mendukung lebih dari satu layar

Saat ini nampaknya sudah banyak produsen smarphone android yang mulai membuat produknya memiliki lebih dari satu layar, contohnya seperti Samsung, LG, dan Huawei.

Sekarang Android R memiliki fitur dukungan langsung untuk dua layar. Dengan ini, juga menyedikan Api untuk layar yang berponi, Sehingga para pengembang dapat memanfaatkan sepenuhnya bagian lengkung poni dan tidak lagi memerlukan pengaturan yang terpisah dari pabrikan.

Bubble Chat

Android R juga telah menambahkan fitur Gelembung obrolan mengambang layaknya seperti pada aplikasi Facebook Messenger.

Selama aplikasi menggunakan API baru maka, obran mengambang dapat berjalan dengan baik di Android 11 ini.

Baca juga  Rekomendasi Game Untuk Ibu-Ibu, Seru dan Bisa Melepaskan Stress

Selain itu fitur copy dan paste juga diperbaiki, dimana saat ini Android R sudah mendukung fitur copy dan paste gambar kedalam aplikasi balasan.

Sistem keamanan dan izin yang baru

Android R menambahkan izin satu kali untuk mengakses izin lokasi, mikrofon dan lainnnya. Dengan kata lain, aplikasi yang telah memperoleh izin sekali pakai akan meminta penggunanya untuk mendapatkan otorisasi saat digunakan berikutnya.

Pada sistem operasi yang baru ini, akan secara otomatis memblokir permintaan izin yang berulang-ulang. Jika pengguna mengklik dua kali untuk menolak otorisasi, sistem akan secara otomasit berhenti meminta otorisasi tersebut.

Gestur yang Baru

Pada seri Pixel 4 gesture navigasi mengalami peningkatan. ini memberikan gerakan motion sense baru yang dapat menjadi musik.

Baca juga : Fitur Android Q Berikut ini Membuatnya Menjadi OS yang Lebih Menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here