melawan rasa malas

Katakan Tidak Pada Rasa Malas!

Kenapa sih sering kali kita tidak bisa melawan rasa malas?

Nah, rasa malas ini akan timbul ketika kamu ada pada kondisi yang tidak bergairah,

ya, terkadang mungkin kamu merasa lelah, dan itu wajar – wajar saja apabila kamu merasa lelah hati dan pikiran.

Namun, rasa malas ini juga merupakan sebuah mindset yang harus di rubah, karena mindset adalah hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan seseorang.

Apabila kamu terus – terusan berkutat dengan rasa malas itu, bisa – bisa kamu akan kehilangan banyak hal, tertinggal jauh dari target – target yang sudah kamu buat.

Oleh karena itu kamu harus melawan rasa malas dan mengatasinya segera, karena rasa malas tidak akan membuat mu mendapatkan sebuah hasil yang memuaskan.

10 Cara Ampuh untuk Melawan Rasa Malas

1. Memotivasi diri Sendiri

Kenapa sih motivasi dalam diri itu penting ? jadi dengan kamu memotivasi diri kamu sendiri, hal ini dapat membantu kamu untuk menguatkan hati dan pikiran mu dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu.

Memotivasi diri sendiri juga sangat penting untuk melawan rasa malas dalam diri, katakan lah dalam diri sendiri, bahwa kamu bisa dan mampu untuk melakukannya.

2. Disiplin dan Teratur

Karena hidup itu punya aturan, begitu juga dengan kita, tanpa sesuatu yang teratur, ya,  apa – apa bisa jadi berantakan,

Pentingnya kedisiplinan dalam diri agar kamu segera melawan rasa malas yang bercokol di dalam diri, membuat mu semakin siap untuk membiasakan diri dengan pola hidup yang teratur.

Kata orang jawa “alon alon asal kelakon” atau pelan – pelan tapi pasti,

Baca juga  Biografi Jack Ma - Sosok Billioner di Balik Alibaba Group

Kamu dapat merubah kebiasaan malas mu ini, karena segala hal yang sudah terjadwal dan tersusun dengan rapih, dan akan memudahkan mu untuk menjalani aktivitas mu.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Sering kali mengkonsumsi makanan berat yang tidak sehat akan membuat kamu merasa gampang lelah dan mudah sekali mengantuk.

Biasanya dengan jumlah kalori yang banyak akan membuat kamu merasa kenyang dan akhirnya malas untuk melakukan apa – apa.

Untuk melawan rasa malas di perlukan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat, oleh sebab itu perhatikan lah asupan makanan mu per harinya.

Hindari makanan seperti, gorengan, atau makanan yang terlalu banyak mengandung pengawetnya seperti pada mie instant atau makanan serba instan lainnya.

Dan jangan lupa untuk menghindari minuman  / makanan dengan kadar gula yang tinggi.

4. Memutuskan apa tindakan selanjutnya.

Demi melawan rasa malas, berpikirlah kegiatan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya dan juga seterusnya, hal ini juga dapat menghindari kamu untuk menunda – nunda suatu pekerjaan.

Karena ketika kamu menunda – nundanya, rasa malas akan kembali datang “Ntar aja lah” ya mungkin dalam benak mu akan berkata seperti itu.

Tapi kamu bisa melawannya dengan menanamkan pikiran “hanya 5 menit”.

Hanya butuh waktu 5 menit untuk menyelesaikannya, kekuatan pola pikir ini akan membantu kamu untuk termotivasi untuk segera menuntaskan pekerjaan mu.

5. Catat Progres

Kamu juga bisa melakukan cara ini untuk melawan rasa malas dalam diri, buatlah suatu catatan, laporan kegiatan perhari tentang kemajuan apa saja yang sudah anda raih.

Hal ini sangat berguna untuk memotivasi diri kamu untuk melakukan yang lebih baik lagi dari sebelumnya, dan ketika kamu melihat kembali pada catatan tersebut, kamu bisa melawan rasa malas mu kedepannya,

Baca juga  Kumpulan Kata Gombal untuk Merayu Seseorang

Karna kamu menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik.

6. Pikirkan lah apa yang akan terjadi apabila kamu tidak melakukan rutinitas mu, atau jadwal kegiatan yang sudah kamu buat.

Dengan kamu memikirkan konsekuensi apabila pekerjaan itu tidak segera di lakukan, maka kamu akan menjadi lebih tergerak untuk mengerjakaan pekerjaan tersebut dan segera melawan rasa malas.

Misalnya kamu punya deadline tugas kuliah, atau laporan pekerjaan 3 hari lagi, dan pikirkanlah apabila kamu tidak mengerjakannya maka kamu akan mendapat hukuman, atau mendapat nilai yang rendah dalam tugas tersebut.

Ini lah mengapa kamu harus segera melawan rasa malas itu, karena ada konsekuensi apabila kamu tidak segera mengerjakan pekerjaan tersebut.

7. Mengetahui Prioritas

Pahami apa yang sedang kamu kerjakan, kewajiban apa yang harus kamu lakukan, dan hal apa saja yang akan lebih dahulu kamu kerjakan dan selesaikan.

Dengan mengetahui prioritas kamu, kamu akan memposisikan diri kamu dan merasa punya tanggung jawab dengan hal tersebut,

Dengan memiliki tanggung jawab, maka kamu akan lebih mudah untuk melawan rasa malas dalam diri.

8. Melihat Kemajuan Orang lain

Melihat kemajuan orang lain bukan berarti membandingkan diri kita dengan dia, atau malah menjadi merasa rendah diri dan seakan apa yang kamu lakukan tidak memiliki arti.

Bukan seperti itu, tapi kamu justru harus termotivasi, “kalau dia bisa, gue juga bisa”, dan jangan juga iri melihat keberhasilan orang lain, karena kapasitas kemampuan setiap orang berbeda – beda.

Justru dengan itu, kamu menjadi lebih semangat lagi untuk meraih kesuksesan dan dengan ini, kamu dapat melawan rasa malas, dan berusaha untuk memaksimalkan suatu pekerjaan.

9. Mencari Partner untuk Membantu mu dalam Introspeksi diri

Kamu mempunyai seseorang sahabat, saudara atau teman dekat yang sangat memahami kamu,

Baca juga  Kutipan Kata Bijak Penuh Makna

Dan sangat mengenal mu, mintalah pendapat mereka tentang apa kekurangan yang kamu miliki dan bagaimana cara memperbaikinya.

Mereka akan membantu mu dalam mengenali diri kamu sendiri, dan menjadi termotivasi untuk segera melakukan perubahan,

Tentunya perubahan di dalam diri harus diiringi dengan usaha, dan sebuah usaha harus di jalankan dengan melawan rasa malas dalam diri.

10. Olahraga Secara Rutin

Kamu bisa untuk melawan rasa malas dengan mulai rutin berolahraga, karena dengan kamu berolahraga, kamu akan memiliki tubuh yang fit dan segar dalam melakukan aktivitas mu.

Olahraga juga bisa membuat mu lebih semangat menjalani hari, kamu hanya perlu melakukannya selama 15 menit apabila aktivitas mu sangat padat.

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *