Terakurat.com – Cara download di mega – MEGA adalah salah satu situs ternama yang menyediakan layanan file sharing dan Cloud Storage. Kamu dapat memanfaatkan situs yang satu ini sebagai media penyimpanan file agar data yang kamu miliki tetap ada meski PC atau smartphone yang kamu gunakan hilang. Tak hanya itu aja, di Mega ini juga kamu dapat membagikan file yang tersimpan di penyimpanan Mega ke siapapun dengan mudah.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Mega adalah Sistem Keamananya. File kamu yang tersimpan di cloud storage akan aman dari serangan mallware dan hacker. Selain itu Mega juga menyediakan layanan end-to-en encryption yang artinya isi file kamu tidak dapat diakses oleh siapapun kecuali pengguna dan orang-orang yang kamu bagikan linknya.

Jika kamu menemukan file yang tersimpan di Mega dan ingin mendownloadnya. Simak cara download di mega dengan cara yang mudah berikut ini.

Jika ingin mendownload file di Mega menggunakan PC kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu atau melakukannya via browser. Meskipun berbeda tapi cara mendownloadnya sama.

Buat akun Mega

Kamu tidak dapat mendownload file di Mega jika tidak memiliki akun mega. Maka dari itu silahkan buka halaman Mega dengan mengetikan https://mega.nz pada kolom pencarian atau tab input url.

Setelah halamannya terbuka kamu dapat membuat akun mega dengan cara mengklik tombol Create Account. Jika sudah maka secara otomatis mega akan memunculkan beberapa kolom yang perlu kamu isi seperti nama depan, nama belakang, email serta kata sandi. Setelah itu kamu juga perlu memunculkan tanda ceklis pada dua box yang tersedia. Jika seluruh kolomnya sudah terisi lahkah selanjutnya adalah klik Create Account.

Baca juga  Resep Sederhana Menu Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

Vertifikasi Email

Selanjutnya kamu akan menerima email yang berisikan tautan yang harus kamu klik untuk memvertifikasi email kamu. Cek kotak masuk lalu cari email dari mega tersebut. Jika email vertifikasi tidak ada, mungkin kamu harus menunggu beberapa saat. Atau cek kembali email yang kamu masukan saat mendaftar akun mega, untuk mencegah salah ketik. 

Kamu dapat mengubah email dengan Mega dan Mega akan kembali mengirim linknya ke email yang telah kamu koreksi.

Pilih tipe akun Mega

Langkah selanjutnya adalah memilih tipe akun dari opsi-opsi yang disediakan. Kamu juga dapat memilih tipe akun gratis dengan kuota transfer yang terbatas.

Setelah memilih, maka Mega akan memberikan account recovery key yang sebaiknya kamu simpan baik-baik agar ketika kamu lupa sandi kamu tetap dapat mengakses akun di Mega tersebut. Tetapi jika kamu hanya menggunakan akun untuk mendownload kamu tidak perlu khawatir karena jika kata sandi hilang maka kamu hanya perlu membuat akun baru saja.

Download aplikasi MegaSync untuk PC

 Setelah menyelesaikan serangkaian langkah-langkah tadi  akun mega yang kamu miliki sudah siap untuk di pakai mendownload. Namun jika kamu ingin proses download menjadi lebih nyaman lagi alangkah baiknya menggunakan aplikasi MegaSnyc yang tersedia untuk platform Windows, Mac dan Linux.

Ada beberapa keuntungan  jika kamu menggunakan apikasi MegaSync. Misalnya kamu dapat mendownload file tanpa harus menghubungkan akun kamu di browser. Selain itu proses mendonwnloadnya pun akan dilakukan pada aplikasi jadi tidak perlu khawatir jika tidak sengaja close tab dan meninggalkan download.

Untuk mendownloadnya kamu hanya perlu mengetik mega.nz/sync di kolom url browser dan pilihlah platform yang sesuai dengan yang saat ini kamu gunakan. Lalu tentukan direktori penyimpanan dan tunggu hingga aplikasi selesai di download. Kemudian klik pada file aplikasi untuk memulai penginstallan, masukan detail akun dan aplikasi telah siap untuk digunakan.

Baca juga  Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android Yang Mudah Digunakan

Jika kamu tidak mau repot menginstal aplikasi kamu juga dapat mendownload file di Mega melalui browser. Carilah dan klik link file yang tersedia di Mega dan progres download pun akan segera berjalan.

Uniknya kamu tidak akan diminta untuk menentukan direktori penyimoanan saat download akan dimulai, melainkan setelah proses download selesai. Durasi download sangat bergantung pada kecepatan koneksi dan ukuran file. Namun meskipun kamu menggunakan akun Mega gratis kamu tetap dapat menikmati donload dengan kecepatan penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here