Cara Memindahkan Data Whatsapp

Terakurat – Cara Memindahkan Data Whatsapp – Ketika kamu berencana ganti ponsel dari iPhone ke Android pastinya kamu ingin memindahkan semua data Aplikasi Whatsapp dari iPhone ke Android. Namun, kedua OS pada ponsel tersebut berbeda. Karena kedua ponsel tersebut berjalan dengan OS yang berbeda, maka kamu tidak bisa memindahkannya seperti memindahkan data lain seperti biasa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk memindahkannya, bisa menggunakan aplikasi mapun dengan email yang terintegrasi dengan fitur Whatsapp-nya itu sendiri. Jika kamu penasaran, dan ingin tahu caranya maka simak tips memindahkan data Whatsapp berikut ini!

Cara Memindahkan Data Whatsapp dari iPhone ke Android

Jika kamu pengguna iPhone dan ingin melakukan transfer data Whatsapp ke Android tanpa ribet maka cobalah dua cara berikut ini.

Dr.Fone – Whatsapp Transfer

Cara yang pertama ini menggunakan bantuan pihak ketiga. Aplikasi ini tidaklah sulit untuk digunakan, karena kamu hanyalah perlu meng-klik satu kali maka semua data di Whatsapp kamu akan di transfer dengan mudah dan cepat oleh aplikasi ini.

Dr. Fone merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak keunggulan. Aplikasi ini dapat memindahkan semua data Whatsapp, sepertihalnya media, chat, kontak tanpa ribed. Aplikasi ini selain dapat mentransfer dari iPhone ke Android, kamu juga bisa memindahkan data Whatsapp dari Android ke iOs dengan satu kali klik.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk melakukan backup dan restore percakapan yang ada di WhatsApp. Sehingga kamu tidak perlu khawatir soal chat lama yang mungkin terhapus.

Yang menjadikannya menarik adalah ia dapat digunakan untuk membackup aplikasi sosmed lain seperti Line, Kik, Viber dan WeChat. Jadi kamu tidak lagi perlu kehilangan isi chat, voice, dan stiker.

Baca juga  Fitur Tersembunyi LINE yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Nah, setelah kamu mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh Dr.Fone kini saatnya kamu mencoba sendiiri aplikasinya. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Unduh dan pasang aplikasi Dr. Fone di PC. Kamu dapat mendownloadnya disini
  • Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi Dr. Fone dan pastikan kedua ponesel Android dan iPhone sudah terkoneksi dengan Aplikasinya. Lalu pada bagian menu utama pilih Whatsapp Transfer> Whatsapp.

Nantinya kamu akan di beri 4 pilihan lainnya, yakni Transfer WhatsApp message, Backup WhatsApp message, Restore WhatsApp messages to iOS device, dan Restore WhatsApp messages to Android Device.

  • Nah karena kamu ingin memindahkan data Whatsapp maka pilihlah opsi Transfer Whatsapp Message.
  • Langkah berikutnya Dr. Fone akan langsung mendeteksi smartphone Android dan iPhone yang kamu miliki.
  • Setelah itu, kamu bisa melanjutkan langkah berikutnya dengan meng klik Transfer. Secara otomatis aplikasi ini akan melakukan trasfer data WhatsApp dari iOS ke Android dengan cepat.
  • Tunggu hingga proses pemindahan data selesai, sehingga kamu bisa membuka Whatsapp seperti biasa.

Menggunakan Email

Cara yang satu ini terbilang sangatlah mudah, namun kamu tidak membuka datanya di Whatsapp karena sudah di export menjadi format “txt”. Cara ini hanyalah untuk menyimpan isi percakapan saja.

Berikut caranya:

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp kemudian pilih Setelan>Chat>Email Chat.
  • Selanjutnya pilih percakapan WhatsApp yang ingin kamu pindahkan. Nantinya akan muncul jendela baru “Attaching media will generate a larger email message”. Jika kamu ingin menyimpan gambar dan vidio, maka pilihlah opsi Attach Media, dan sebaliknya pilih Without Media untuk tidak meyimpan vidio dan gambar.
  • Nantinya kamu akan diminta untuk masuk ke email dengan password dan email yang kamu miliki. Setelah itu klik Kirim.
Baca juga  Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini Dijamin Efektif!

Cara memindahkan data dari Android ke Android

Jika kamu pengguna Android dan ingin memindakan data Whatsapp ke ponsel Android lainnya, kamu bisa menggunakan fitur backup dari Whatsapp. Caranya sangatlah mudah, simak tutorialnya berikut ini.

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di ponselmu, lalu klik Setelan > Chat > Cadangkan Chat.
  • Dan jangan lupa untuk mengaktifkan cadangan ke Google Drive. Selanjutnya klik Backup.
  • Setelah itu, jangan lupa untuk mencopot pemasangan aplikasi Whatsapp di smartphone lama. Lalu instal aplikasi Whatsapp di smartphone baru dan masuk dengan nomor lama yang telah kamu daftarkan untuk menggunakan Whatsapp.
  • Lalu klik Restore semua data Whatsapp di ponsel lama.

Nah, itulah tadi cara memindahkan data Whatsapp dari iOs ke Android maupun sebaliknya.

By Heruuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *