Terakurat – Cara Memperjelas Foto Buram – Pastinya akan sangat menyebalkan bukan? ketika sedang asyik memfoto objek atau pemandangan, tapi hasil fotonya buram. Apakah kamu pernah mengalaminya? Jika hasil foto yang kamu ambil menjadi blur atau buram, berikut ini cara mengatasinya menggunakan ponsel Android. Bahkan orang awam yang jarang edit-edit fotopun juga bisa mengedit foto yang blur atau memperbaiki foto yang pecah.

Cara Memperjelas Foto Buram di Android Menggunakan Aplikasi

Adobe Photoshop Express

Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi Adobe Photoshop bukan? Photoshop tak hanya dapat digunakan pada laptop atau komputer saja. Kamu juga bisa menggunakan Photoshop di perangkat Android.

Selain sebagai aplikasi edit foto terbaik yang dipilih oleh editor Play Store, Adobe Photoshop Express juga dapat digunakan untuk mengatasi foto yang buram di Android. Cara menggunakannya cukup mudah, namun sebelum masuk ke tahap cara memperjelas foto yang buram di Android kamu harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu.

Jika kamu belum menginstalnya, maka kamu bisa mengunduhnya di Google Playstore dan ketikan “Adobe Photoshop Express” setelah hasil pencariannya muncul lalu klik unduh.

Nah, berikut ini adalah cara mengguanakan Adobe Photoshop Express untuk mengatasi foto yang buram atau blur.

  • Setelah aplikasinya terinstal, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasinya dan tentukan foto blur atau buram yang akan kamu edit.
  • Jika sudah, pilihlah fitur adjust dan gantilah denga pilihan tools Sharpen. Alat ini akan membantu membuat foto menjadi terlihat lebih jelas.
  • Lalu geser pada tingkata sharpen maksimal hingga 150.
  • Jika hasil foto ingin lebih jernih lagi, kamu bisa memanfaatkan fitur Auto Enchance, Klik fitur tersebut dan selesai. Kini foto kamu yang tadinya blur atau kurang jernih sekarang terlihat lebih jelas.
Baca juga  Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah !

Fix Photo Blur

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga bisa dijadikan alternatif lain untuk mengatasi foto yang blur dan buram. Aplikasi ini memang tidaklah selengkap aplikasi Adobe Photosop Expres, karena aplikasi ini hanya dikhususkan untuk memperjelas foto yang buram. Jika kamu penasaran ingin tahu bagaimana cara menggunakannya, maka simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Unduh aplikasinya terlebih dahulu, jika sudah buka aplikasinya lalu pilih open untuk memasukan foto yang blur atau kurang jelas.
  • Setelah itu, aplikasi ini akan menampilkan beberapa tools untuk memperjelas foto kamu yang blur, seperti Fix Blur, Details, Focus dan Fix Noise.
  • Setelah itu, kamu hanya perlu menggeser garis di setiap alat-alatnya untuk mendapatkan foto yang lebih jernih. Atur setiap toolsnya sesuai dengan selera dan kebutuhan.
  • Selesai, kini foto kamu yang buram sudah terlihat lebih jelas dibandingkan dengan foto blur kamu sebelumnya.

PixLr

Masih sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara memperjelas foto yang buram di android. Selain dapat digunakan untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperjelas foto yang blur.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juga pengunduh di Google Playstore ini memiliki segudang fitur yang mampu untuk memperbaiki foto yang blur bahkan mengedit foto. Berikut ini cara memperjelas fot yang blur menggunakan PixLr.

  • Unduh aplikasinya terlebih dahulu, lalu buka aplikasi PixLr-nya. Setelah itu pilihlah menu photos untuk menentukan gambar mana yang kana kamu perjelas.
  • Kemudian, pilih tools dan klik pada fitur adjustment. Aturlah tingkat highlight untuk mencerahkan foto dan lightless untuk meningkatkan kecerahan dari background juga gambar.
  • Setelah itu, kembali lagi pad meu tools dan klik autofix untuk memperjelas gambar yang blur.
  • Jangan lupa untuk mengurangi tingkat noise dengan cara mengaturnya pada bagian fitur smooth pada tools.
Baca juga  Cara Menghentikan Windows Update pada Windows 10

Setelah selesasi kini, foto kamu yang buram sudah terlihat jelas dengan bantuan aplikasi ini.

Remove blur from Picture-Enhance Image

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengklaim bahwa mampu membuat foto yang buram menjadi lebih jelas dan cerah kembali. Pada aplikasi ini, terdapat beragam macam fitur yang bisa membuat foto buram kamu menjadi lebih jelas. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

  • Jalankan aplikasi blur from Picture-Enhance Image.
  • Setelah itu, pilih foto yang ingin kamu perjelas dengan klik pada bagian galeri untuk memilih fotonya.
  • Setelah itu, manfaatkan fitur enchance photo quality serta dehaze picture. Atur sesuai keinginan, jika sudah kamu bisa langsung menggunakan fitur remove blur untuk menghilagkan efek blur pada foto.
  • Terakhir, simpan hasilnya pada galeri.

ToolWiz Photos

Selain menggunakan beberapa aplikasi dia atas tadi, kamu juga bisa mengandalkan sebuah aplikasi bernama ToolWiz Photos. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mengatasi foto yang buram. ToolWiz merupakan salah satu aplikasi yang kaya akan fitur dan tools yang dimilikinya.

Ketika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu tak hanya sekedar memperjelas foto yang blur saja, tapi juga bisa mengeditnya menjadi foto yang kece badai. Jika kamu penasaran cara menggunakan aplikasi ini untuk memperbaiki foto yang buram, berikut langkah-langkahnya.

  • Download terlebih dahulu aplikasinya, jika sudah buka aplikasi ToolWizz dan klik Pro editing.
  • Setelah itu, pilihlah tools dan klik Enchance yang terletak pada bagian paling kanan.
  • Pada bagian Enchance terdapat banyak sekali tools yang bisa kamu gunakan untuk memperjelas foto yang blur. Kamu bisa menklik Defog dan pilihlan yang strong untuk membuat foto semakin jelas.
  • Selanjutnya, klik Auto Tone dan pilihlah antara Tone Basic atau Tone Correct. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi foto blur yang dimiliki. Jika sudah simpan foto yang sudah di edit ke galeri.
Baca juga  Pertolongan Awal Kanker Kulit

Fix Blur and Sharpen Images

Dilihat dari namanya saja, aplikasi ini sudah bisa dipastikan dapat meperbaiki foto yang blur. Namun aplikasi ini tidak memiliki fitur yang lengkap seperti Photoshop Express atau PixLr.

Namun, meskipun begitu, aplikasi ini bisa dikatakan cukup bagus untuk megedit foto yang kurang jelas. Jika kamu tertarik untuk mencoba memperjelas foto yang buram dengan aplikasi ini, maka kamu bisa langsung menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasinya, lalu klik Load untuk memilih gambar yang blur.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung klik Sharpen yang terletak pada bagian bawah dan selesai, kini foto kamu yang kurang jelas secara singkat sudah menjadi jelas.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa foto yang sudah diperjelas tentunya tidak semulus seperti foto yang tidak blur. Tentunya masih akan terlihat sedikit blur, tetapi tidak terlalu blur seperti saat kamu mengambil foto.

Nah, itulah cara mudah memperjelas foto yang blur dengan mengandalkan ponsel android. Meskipun tidak membuat foto yang blur menjadi sangat jelas, setidaknya foto yang sangat buram bisa teratasi dan masih enak untuk dipandang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here