Terakurat – Cara Ambil Screenshot di Laptop – Buat kamu yang sudah sering menggunakan laptop, pastinya mengambil tangkapan layar untuk berbagai macam keperluan sebenarnya sudah bukanlah hal yang baru. Fitur ini bahkan sudah ada didalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi yang tersedia di pasaran.

Mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahui atau belum paham bagaimana mengambil tangkapan layar pada laptop. Atau kamu sedang mencari artikel bagaimana cara ambil screenshot di Windows? Nah buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara ambil screenshot di Windows 7. Berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar di Windows 7, 8, dan 10, simak ulasannya!

Cara Ambil Screenshot di Laptop Windows 7

Windows 7 sudah dibekali Microsoft metode lain yang dapat kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Sniping Tools. Fitur ini dapat kamu temui pada seluruh versi Windows, kecuali versi starter dan basic.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa menekan tombol start lalu dilanjutkan dengan memilih All Programs, lalu pilih Acessories jika sudah klik Sniping Tool.

Kamu dapat mengambil tangkapan layar secara spesifik di layar monitor kamu menggunakan aplikasi ini. Caranya adalah dengan klik New lalu Save setelah selesai mengambil tangkapan layar.

Cara mengambil tangkapan layar pada Windows 8

Cara Ambil Screenshot di Laptop

Keunggulan dari sistem operasi Windows 8 adalah, adanya kemampuan untuk menyimpan tangkapan layar yang kamu ambil ke folder spesifik. Untuk melakukannya kamu cukup menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Setelah itu, hasil tangkapan layar akan tersimpan secara otomatos di dalam folder pictures library.

Cara Ambil Screenshot di Windows 10

Setelah kamu mengetahui cara ambil tangkapan layar pada Windows 7 dan Windows 8, maka kamu harus tahu juga cara mengambil tangkapan layar pada Windows 10.

Baca juga  Cara Paling Mudah Mengembalikan Data Yang Terformat di Flashdisk

Cara berikut ini sama halnya seperti uraian sebelumnya, yang membedakannya hanyalah cara melakukannya. Berikut ini cara mengambil tangkapan layar di Windows 10.

Sniping Tool

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu cukup menekan start lalu pilih all programs, klik windows accessories. Setelah itu kamu akan menemukan sniping tools. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini kamu hanyalah perli mengklik new lalu pilih area yang akan kamu simpan setelah itu klik save.

Beberapa fitur baru yang ditambahkan pada Windows 10 adalah adanya Free Form, Window hingga Fullscreen Snips.

Tombol Prt sc

Cara kedua adalah menekan tombol PrtSc atau PrtScn yang bisasnya terletak di pojok kanan atas. Perbedaanya dengan sniping tools adalah, jika menggunakan kedua cara ini maka secara otomatis gambar yang kamu ambil akan tersimpan di dalam folder screenshot pada folder pictures.

Windows PrtSc

Cara ketiga adalah dengan menekan tombol windows+prtsc. Dengan menekan kedua tombol tersebut maka kamu dapat mengambil tangkapan layar di laptop secara keseluruhan dan secara otomatis akan tersimpan di folder screenshots.

Jika kamu berhasil mengambil tangkapan layar, seharusnya layar laptop kamu akan menjadi sedikit gelap dan akan kembali normal dalam sekejap pula. Kelebihan dari fitur yang satu ini adalah kamu bisa mengambil tangkapan layar secara beruntun tanpa harus menyimpannya.

Windows+H

Cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menekan Windows+H. Fitur ini baru ada pada sistem operasi Windows 10, tujuannya adalah mengambil tangkapan layar dan langsung membagikannya.

Dengan melakukan cara ini maka, secara otomatis tangkapan layar yang telah diambil akan membutuhkan windows share toolbar sehingga kamu dapat mengirimkan file tersebut kepada teman melalui berbagai sosial media yang telah dihubungkan sebelumnya.

Baca juga  Tips Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah!

Windows+Volume Down

Cara kelima ini merupakan cara yang jarang digunakan. Pasalnya hanya dapat digunakan oleh pengguna Surface. Buat kamu yang menggunakan Windows Surface, kamu dapat mengambil tangkapan layar dengan cara menekan tombol Windows serta Volume down.

Cara yang satu ini sebenarnya, sama halnya seperti mengambil tangkapan layar pada tablet maupun ponsel cerdas lainnya. Tanda-tanda kamu berhasil mengambil tangkapan layar Surface adalah layar akan redup sekejap dan kembali terang. Gambar yang telah diambil akan secara otomatis tersimpan di dalam folder Surface.

Nah, itulah beberapa cara Cara Ambil Screenshot di Laptop Windows 7, 8 , 10 dan Windows Surface.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here