Terakurat – Cara Mengatasi 504 – Pernahkah kamu ketika mengunjungi Internet dan mengalami pesan erorr. Pesannya menunjukan “504 Gateway Timeout Errors”, pesan tersebut membuat website yang ingin kamu akses menjadi tidak dapat di akses dan akhirnya kamu harus mencari alternatif wesbsite lain untuk mendapatkan informasi. Hal ini jika kamu sebagai pengguna internet yang sedang mencari informasi.

Lantas bagaimana jika kamu adalah pemilik websitenya? Tentu saja akan merugikan bukan. Pengunjung website mu akan berkurang drastis dan reputasi website akan menurun. Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan apa itu 504 Gateway Timeout Errors dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu Gateway Timeout Errors

Dalam dunia website, 504 Gateway Timeout Error adalah sebuah pesan dari HTTP yang menunjukan bahwa server tidak menerima respon tepat waktu. Pesan ini akan tampil ketika pengunjung mengakses website. Artian lain, server yang akan menampung website kamu tidak bisa berkomunikasi dengan cepat.

Hal ini tentunya akan berdampak pada website kamu. Mulai dari pengunjung yang menurun, kehilangan pelanggan dan reputasi website menurun karena ketidak nyamanan visitor saat berkunjung.

Sebenarnya 504 adalah sebuah status dari HTTP dan ada juga kode-kode lainnya. Yang pembagiannya terdiri dari lima kategori sesuai dengan angka pertama seperti berikut ini:

  • 1xx – berkaitan dengan informasi, misalnya kode 101 artinya switching protocols.
  • 2xx – berkaitan dengan keterangan berhasil, misalnya kode 202 artinya acepted.
  • 3xx – berkaitan dengan redirection, misalnya 305 artinya use proxy.
  • 4xx – berkaitan dengan dengan error yang dialami pengunjung, misalnya kode 408 artinya request timeout.
  • 5xx – berkaitan dengan error yang dialami server, misalnya 502 artinya bad gateway.
Baca juga  Tips Merawat Sepatu Suede yang Baik dan Benar

Karena angka pertama dari 504 Gateway Timeout Errors adalah 5 artinya yang error berdasarkan dari server, maka penanganan dan pemecahan masalahnya juga harus melalui sisi server. Berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout Error

Periksa koneksi server

Kebanyakan website berada di multiple server atau layanan shared hosting. Jika ternyata server yang menampung website sedang down, maintenance atau alasan lainnya.

Maka wajar saja jika website menampilkan pesan 504 Gateway Timeout Errors, cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu hingga server hosting kamu selesai melakukan maintenance.

Pastikan htaccess benar

Jika kamu pengguna WordPress, biasanya 504 Timeout Errors ini disebabkan karena website terlalu banyak dikunjungi. Sehingga server akan kesulitan untuk memenuhi semua permintaan pengunjung, tapi bisa juga hal ini disebabkan karena terdapat database yang corrupt.

Untuk mengetahuinya, maka kamu bisa mencoba install plugin WP-DBManager dan coba “Repair DB” sekalian juga Optimize DB dan lihat apakah website sudah kebali normal atau belum, pastikan juga file htaccess sudah benar.

Periksa Perubahan DNS

Jika kamu baru saja mengganti Host server atau memindahkan website kamu ke IP address yang berbeda, maka akan ada perubahan pada DNS website kamu.

Sehingga pesan 504 Gateway Timeout Error akan tampil. Website kamu akan tetap menampilkan pesan tersebut sebelum amu mengubah DNS sesuai dengan IP address sesuai dengan server.

Setelah melakukan perubahan pun, kamu masih harus tetap menunggu. Mungkin berjam-jam atau berhari-hari hingga proses propagansi domain selesai dilakukan.

Telusuri Logs

Server log biasanya akan menyediakan detail informasi tentang kesehatan dan status server. Maka cobalah untuk menelusuri Logs dan cari apakah ada informasi atau peringatan yang membuat website menjadi bermasalah.

Baca juga  Tips dan Trik Android yang Jarang Orang Tahu!

Perbaiki kesalahan konfigurasi firewall

Firewall pada server adalah seperti penjaga gawang, fungsinya untuk menjaga website dari pengunjung jahat atau serangan DDOS. Terkadang kesalahan konfigurasi pada firwall dapat menyebabkan permintaan dari Content Delivery Network akan dianggap sebagai serangan pada server. Sehingga server menolak permintaan tersebut.

Sehingga menghasilkan 504 Gateway Timeout Error. Maka cobalah periksa kembali konfigurasi Firewall dan perbaiki kesalahan yang ada.

Periksa Kode Website

Jika terdapat kesalahan pada kode Website maka server kamu tidak akan bisa menjawab permintaan request dari CDN. Maka periksalah kode-kode website tersebut dan cari bugs. Atau kamu dapat menyalin kode ke dalam development machine. Sehingga kamu bisa mensimulasikan 504 Gateway Timeout Error yang muncul di website. Tak hanya itu saja, kamu juga akan melihat apa yang menyebabkan website menampilkan pesan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here