Terakurat – Mengembalikan file yang terhapus – Sebagian besar pengguna komputer pastinya pernah kehilangan data dan tentu saja sangat menyebalkan bukan? Apalagi jika data tersebut adalah data penting dan kamu tidak memiliki cadangannya. Biasanya file yan hilang akan masuk ke recyle bin, tapi bagaimana jika tidak ada di recyle bin?

Beberapa pengguna yang tidak dapat mengatasi masalah ini biasanya akan langsung panik. Jika hal tersebut terjadi pada kamu maka usahakan jangan panik dulu. Pasalnya jika data yang hilang atau terhapus dari perangkat penyimpanan baik itu disebabkan karena terhapus, terformat bahkan terkena vidur pada dasarnya masih bisa diselamatkan.

Cara mengembalikan file yang terhapus

Sebenarnya file tersebut benar-benar tidak hilang dari penyimanan perangkat. Melainkan tersimpan dalam wipe, dimana beberapa file yang terhapus akan menumpuk disana sampai tergantikan dengan file yang baru saja dihapus. Jadi jika kamu tidak sengaja menghapus file usahakan jangan menghapus file lainnya jika tidak ingin benar-benar kehilangan file tersebut secara permanen.

Nah maka dari itu, untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang maka kamu bisa memanfaatkan program atau software recovery. Berikut ini rekomendasi software yang mungkin bisa membantu mengembalikan file kamu yang hilang.

Recuva

Recuva merupakan salah satu software yang populer yang dapat digunakan untuk mengembalikan file data yang hilang. Tentunya software yang satu ini mudah digunakan bagi pemula, bahkan jika kamu bukan orang ahli dalam bidang komputer kamu pasti bisa menggunakannya. Selain itu software ini tersedia secara gratis. Recuva dapat membantu mengembalikan semua jenis file dan semua informasi yang telah terhapus sebelumnya. Namun software ini memiliki kekurangan, salah satunya tidak dapat mengembalikan data secara maksimal pada hardisk yang telah terformat.

Baca juga  Resep Es Segar Untuk Buka Puasa.

EaseUS

Aplikasi yang satu ini digadang-gadang sebagai software recovery terbaik yang memiliki rating yang cukup tinggi. Jika kamu mencari dengan kata kunci “software recovery” pada halaman google, maka situs ini akan berada di halaman pertama beserta dengan 4,5 dari 5 bintang.

EaseUS sangat digemari pasalnya dapat mengembalikan file yang terhapus sampai file yang rusak karena serangan virus, crash, corrupt, partisi RAW dan berbagai jenis kerusakan lainya. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengembalikan data dari berbagai media penyimpanan, seperti pada hardisk, kartu memori, handphone dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan Deep Scan untuk mengetahui aplikasi yang sudah lama terhapus dan dilengkapi juga dengan Loss Partition dan RAW Recovery. Namun, untuk menikmati semua fasilitas dan layanan yang menarik tersebut kamu perlu mengeluarkan budget, dengan kata lain software ini tidak gratis.

TestDisk

Software untuk mengembalikan file yang telah terhapus selanjutnya juga bisa kamu gunakan secara gratis adalah TestDisk. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang menarik, sehingga TestDisk menjadi salah satu software recovery yang populer. Kelebihan dari aplikasi ini adalah software open source dan multi platform. Jadi kamu dapat menggunakan software ini di berbagai jenis sistem operasi. TestDisk juga bisa dignakan untuk mengatasi kerusakan pada partisi hardisk seperti unallocated partition” atau “RAW partition”.

DoYourData

DoYourData adalah software yang memiliki banyak fitur canggih seperti pratinjau file, sebelum pengembalian data, penyortiran file berdasarkan jenis file dan masih banyak lagi. Aplikasi ini akan memberikan 2 opsi pada pemindaian, yang pertama yaitu opsi pemulihan cepat atau pemulihan lanjut.

DoYourData juga sangatlah mudah untuk digunakan dan sofware ini akan mengurutkan jenis file berdasarkan waktu dan jalurnya sehingga dapat memudahkan penggunanya. Namun, software yang satu ini termasuk berbayar. Sehingga kamu perlu merogoh kocek lebih agar dapat menggunakannya.

Baca juga  Tips Merawat Perhiasan Perak Warna Kuning Agar Tetap Berkilau

Hasleo

Hasleo merupakan salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembaikan file yang terhapus dan dapat kamu gunakan secara gratis. Meskipun gratis, software recovery yang satu ini sangat bisa membantu kamu untuk mengembalikan file yang telah terhapus atau rusak. Bahkan Hasleobisa mengembalikan file yang terhapus dari berbagai hardisk eksternal dan memulihkan data yang hilang dari drive terenskripsi windows bitlocker dengan menggunakan edisi ulitmatenya. Namun Hasleo hanya dapat mendukung berbagai jenis sistem operasi yang berbasis windows saja.

Nah, itulah beberapa software recovery yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Tentu saja masing-masing software recovery tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here