Terakurat – Cara Mengatasi Kesepian – Apakah kamu sedang merasa kesepian karena terlalu lama dirumah atau kesepian di tengah keramaian? Mungkin tak sedikit orang yang pernah merasakan hal tersebut. Namun kesepian adalah fenomena mental dan emosional yang kompleks.

Beberapa orang mengalami kesepian karena banyak alasan, mulai dari bertemu dengan orang baru, berada di lingkungan baru, atau sedang mengalami kondisi yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Mungkin kamu juga sekarang sedang bingung dan khawatir dengan diri sendiri, atau masih belum tahu apa yang akan kamu lakukan ketika kesepian?

Terdapat beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk mengatasi kesepian. Apa saja caranya? Simak ulasannya berikut ini!

Cara Mengatasi Kesepian dengan Kegiatan Positif!

Menulis Daftar Kegiatan

Hand hold wooden cube with PLAN word. The concept of planning in business.

Biasanya rasa kesepian muncul ketika kita tidak melakukan apa-apa. Nah untuk mengatasinya maka mulailah dengan hal yang sederhana seperti menuliskan daftar kegiatan favorit yang biasa kamu lakukan. Tujuannya adalah agar perhatian dari kesepian akut dapat teralihkan dengan cara yang sehat.

Dengan menulis hal-hal yang akan dilakukan maka akan membuat kita sadar bahwa terdapat beberapa kegiatan yang mudah dilakukan. Jika kamu merasa kesulitan menmukan teman untuk diajak melakukan kegiatan bersama, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya dengan merasa kesepian membuat kita belajar melakukan sesuatu secara mandiri.

Menekuni Hobi

Rasa bosan juga bisa menambah bobot kesepian. Nah daripada hanya berdiam diri saja di rumah, maka cobalah menekuni hobi yang menyenangkan. Mungkin kamu bia memiliki hobi seperti menonton film atau bermain game, tapi kegiatan tersebut bukanlah solusi yang tepat. Kamu bisa memilih beberapa hobi baru yang menyenangkan yang dapat membuatmu berada dalam lingkungan sosial.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk terlibat dalam aktivitas yang disukai sekaligus bisa mendapatkan teman baru seperti mendaki, memasak, fotografi, dan lain-lain. Kaena dengan melakukan kegiatan secar aktif maka akan membuat kamu menjadi tidak merasa kesepian.

Baca juga  Kasih Sayang Ibu Sepanjang Masa, Ini Dia Bukti Keistimewaannya

Mendengarkan Musik

Salah satu hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendengarkan musik. Penelitian menyebutkan bahwa terdapat beberapa manfaat dengan mendengarkan musik, salah satunya adalah membuat orang menjadi merasa bahagia. Putarlah lagu-lagu ceria yang dapat mengubah suasana hati dan membuat kamu semangat dalam melakukan hal yang positif.

Kegiatan di Luar Rumah

Terlalu lama berdiam diri dirumah hanya akan membuat kamu semakin merasa kesepian, maka dari itu cobalah untuk mencari kegiatan di luar rumah yan bisa kamu nikmati sendiri. Contohnya seperti bepergian ke bioskop atau ke café. Jangan merasa canggung atau aneh jika kamu sendirian, pasalnya kegiatan tersebut dapat kamu nikmati.

Atau kamu juga bisa berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku-buku favorit. Karena mungkin kamu juga perlu waktu untuk terbiasa dengan kesendirian. Tapi seiring berjalannya waktu, kamu akan dapat terbiasa dengan kesendirian tersebut dan tidak akan merasa kesepian.

Ajak Orang-orang untuk Bertemu

Cara lain agar kamu tidak kesepian adalah dengan mengajak orang lain yang ingin kamu temui seperti teman-teman, keluarga atau rekan kerja. Ajak orang-orang yang bisa membuatmu tertawa atau yang dapat memberikan dukungan terhadapmu.

Jadwalkan untuk makan siang atau makan malam, atau sekedar minum kopi di café atau berjalan-jalan di taman. Karena pada dasarnya manusia membuunusia membutuhkan koneksi terhadap sesama manusia. Hal itu adalah normal, karena manusia butuh berinteraksi dengan orang lain. Jika kamu tidak memiliki teman akrab, maka inisiatiflah untuk menciptakan persahabatan agar kamu tidak merasa kesepian.

Olahraga

Nah buat kamu yang jarang olahraga, rasa kesepian juga bisa kamu atasi dengan cara berolah raga meskipun sendirian. Olahraga dapat membuat pikiran kamu keluar dari perasaan kesepian. Lakukanlah olahraga ringan dan menyenangkan seperti jogging, naik sepeda dan berlari.

Baca juga  Tidur Siang dapat Membuat Kulit Tampak Lebih Sehat

Secara ilmiah, berjalan kaki dan berlari selama 30 menit dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Usahakan untuk membuat dirimu sibuk atau luangkan waktu untuk berolahraga.

Berendam dengan Air Hangat

Berendam dengan air hangat juga bisa mengatasi rasa kesepian. Otak kita mengasosiasikan kehangatan fisik dengan perasaan yang terkoneksi secara psikologis. Sebuah penelitian menyatakan bahwa perasaan dingin atau terputusnya hubungan sosial terbukti dapat memicu kebutuhan akan kehangatan yang dapat dipenuhi dengan mandi air hangat.

Menjadi Relawan

Salah satu cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menempatkan diri di tempat yang bisa membuatmu bertemu dengan orang baru. Daripada pergi ke pusat perbelanjaan atau ke tempat pesta, lebih baik kamu pergi ke tempat dengan kegiatan positif seperti menjadi relawan. Temukan peluang menjadi relawan yang dapat membuat kamu menjadi lebih fokus pada suatu tugas.

Berfokus pada kebutuhan orang lain dapat mejauhkanmu dari perasaan sedih. Kamu bisa mencari sumber informasi dari sosial media atau internet mengenai relawan atau acar yang akan diselenggarakan di daerahmu.

Mengadopsi Hewan Peliharaan

Jika menghabiskan waktu bersama teman karena jauh dari rumah, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memelihara hewan peliharaan untuk mengatasi kesepian. Penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan jauh lebih kecil kemungkinannya mengalami kesepian daripada yang tidak.

Kucing atau anjing umumnya dianggap sebagai hewan peliharaan terbaik yang bisa kamu coba untuk mengatasi kesepian. Pasalnya kedua hewan tersebut senang diajak berinteraksi, sekaligus kamu dapat menikmati kontak fisik dengan hewan tersebut.

Jika kamu tidak terlalu menyukai kucing dan anjing, kamu juga bisa mencoba memelihara hewan lainnya seperti burung dan ikan. Bahkan hewan peliharaan dapat membuatmu melupakan masalah dan mampu membuat suasana hati membaik.

Baca juga  Cara menghilangkan Stress Karena Masalah Keluarga, Menurut Islam

Membersihkan Rumah

Perasaan yang tenang bisa turun ketika semuanya beres, maka dari itu ketika kamu membersihkan ruangan, otak kita juga akan terasa di bebaskan. Karena dengan melakukan tugas fisik maka akan mengaktifkan pusat tugas di otak kamu yang membuat kamu keluar dari rasa sedih atau kesepian. Kamu bisa memulainya dengan merapikan tempat tidur dipagi hari dan melakukan bersih-bersih rumah.

Hal tersebut dapat membuat kamu menjadi merasa lebih baik dan dapat mengendalikan hidupmu. Bahkan menurut penelitian merapikan tempat tidur adalah salah satu kebiasaan utama orang menjadi bahagia.

Beribadah

Bukan sebuah rahasia lagi jika tempat ibadah adalah salah satu tempat yang paling ampuh untuk menenangkan pikiran. Karena itu, masuk akal jika kamu sedang dikelilingi orang yang dapat membangun imanmu serta dapat meningkatkan koneksi sosial kamu. Buat kamu yang beragama muslim, kamu bisa pergi mengaji dan berdoa di rumah. Buat kamu yang kristiani, kamu bias pergi ke gereja dan berdoa di sana.

Itulah beberapa cara mengatasi kesepian, kesepian adalah perasaan sementara. Bahkan ketika kamu sedang mersa kesepian saat ini, bukan berarti kamu akan selalu merasa kesepian. Jadi kamu perlu mencari jalan keluarnya.

Pastikan kamu melakukan kegiatan positif daripada ikut melakukan kegiatan negatif yang hanya akan merusak masa depanmu.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here