Terakurat – Mengatasi Layar Laptop Bergaris – Penggunaan komputer dalam kehidupan serhari-hari sudah bukan hal yang asing lagi. Meskipun saat ini smartphone mampu melakukan banyak hal sehubungan dengan data digital, namun kehadiran laptop atau komputer masih tetap dibutuhkan untuk banyak hal. Seperti pekerjaan misalnya. Komputer merupakan sebuah mesin yang membutuhkan perawatan agar tetap dapat berjalan dengan baik. Namun, meskipun kita sudah merawatnya dengan baik, terkadang laptop mengalami kerusakan yang tentunya hal ini sangatlah menganggu.

Salah satu kerusakan mungkin pernah kamu alami adalah permasalah pada layar monitornya. Ciri-ciri layar laptop yang rusak bisa terlihat dari tampilan layar blue screen, bergaris-garis hingga gelap sama sekali meskipun laptop dalam kondisi h idup. Nah, berikut ini cara mengatasi layar laptop yang bergaris-garis.

Biasanya ada 2 tipe yang muncul pada layar laptop yang bergaris-garis. Pertama berupa aris lurus yang memanjang secar vertikal dengan warna hitam atau putih halus dan tidak bergerak.Gangguna dengan ciri tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan pada beberapa bagian panel screen LC.

Kedua berupa garis bergelombanya yang memanjang secara mendatar dan bergerak naik turun atau berupa garis kecil yang muncul secara acak. Gangguan dengan ciri tersebut bisa terjadi karena permasalahan pada kabel panel LCD, VGA, VRAM atau hardware lain yang mempengaruhi LCD. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Mengatasi Layar Laptop Bergaris.

Menggunakan Pixel Repairer

Kerusakan pada panel LCD dapat ditandai dengan garis lurus berwarna hitam atau putih halus dan tidak bergerak, hal ini disebabkan oleh adanya dead pixel. Dead Pixel bisa terjadi karena memang adanya cacat bawaan pada panel layar sejak komputer dibeli, atau bisa juga disebabkan karena masalah lain seperti tekanan pada layar yang terlalu keras.

Baca juga  Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah !

Pixel Repairer meruapakan sebuah software pendeteksi dead pixel bagi pengguna OS Windows. Selain dapat mendetekai adanya dead pixel, software ini juga bisa membantu kamu untuk memperbaikinya. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membongkar layar.

Cara cek dead pixel menggunakan Pixel Repair

  • Download dan instal terlebih dahulu software Pixel Repair, setelah itu ketika kotak dialog Pixel Repairer muncul, pilih pattern yang kamu inginkan.
  • Klik enable untuk mengaplikasikan warna yang kamu pilih pada layar.
  • Perhatikan pada layar, jika memilih pattern hitam, dan lalu kamu lihat jika seluruh layar berwarna hitam, berarti layar laptop kamu dalam keadaan baik. Namun jika kamu menemukan adanya titik putih atau warna lain pada layar, maka itu berarti memang terdapat dead pixel pada layar laptop yang kamu miliki.
  • Klik Esc untuk keluar

Cara memperbaiki Dead Pixel menggunakan Pixel repairer

  • Jalankan terlebih dahulu program Pixel Repairer di laptop kamu
  • Setelah itu klik ikone repair.
  • Klik add untuk menambahkan dan melakukan konfigurasi area perbaikan.
  • Drag lptal reparier ke lokasi dimana dead pixel ditemukan.
  • Gunakanlah salah satu mode konfigurasi reparier, misalnya solid. Jika ternyata tidak berhasil maka gunakan mode noise.
  • Untuk ukuran, pilihlah ukuran yang mencakup area dead pixel berada.
  • Untuk frekuensi jika tidak diubah biasanya 60 Hz.
  • Klik Add kembali utuk menambahkan area reparier lainnya, jika kamu menemukan lebih dari 1 dead pixel pada layar laptop kamu. Setelah itu ulangi hal yang sama seperti pada poin no  4 – 7.

Aplikasi ini berukuran ringan, jadi tidak akan membebani kinerja laptop kamu. Selain itu, kamu juga masih bisa menjalankan program lain selama menjalankan aplikasi ini. Jadi sambil memperbaiki kamu juga  bisa sambil mengerjakan hal lain. Selain untuk memperbaiki masala pada layar laptop, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah pada LCD layar monitor lainnya.

Baca juga  Perbedaan WhatsApp Business dan Whatsapp Messenger

Memeriksa kabel Fleksibel layar

Kabel  fleksibel yang menghubungkanlayar dan motherboard terkadang mengalami error atau mengalami kerusakan. Maka periksalah sambungan kabel tersebut, pastikan terpasang dengan baik. Coba hubungkan laptop ke layar monitor eksternal, jika garis-garis masih muncul, berarti kerusakan bukan pada kabel layar, juga panel screen layar. Bisa saja terjadinya kerusakan karena masalah pada komponen seperti RAM, VGA atau terkadang pada hardisk.

Memeriksa RAM, VGA atau Hardisk

Cara cek ram, buka dan bersihkan pin-pinnya dengan menggunakan penghapus berwarna putih yang bersih. Setelah itu pasang kembali dengan baik. Jika terdapat 2 slot Ram, maka cobalah untuk memindahkannya. Jika tidak berpengaruh coba pasang RAM lain, jika garis-garis pada monitor telah hilang, berarti penyebabnya adalah kerusakan pada RAM.

Jika garis masih tetap muncul, maka lanjutkan dengan memeriksa VGA. Jika VGA dapat dilepas, coba bersihkan pin-pinnya dan lakukan hal yang sama seperti membersihkan RAM.

Namun sayangnya,  cara yang satu ini tidak dapat dilakukan jika VGA kamu Onboard. Kamu bisa melanjutkan memeriksa komponen lain.

Cek kondisi Hardisk jika rusak, atau kabel hardisk yang rusah atau tidak terpasang dengan baik bisa juga menyebabkan layar bergaris. Kamu bisa mengeceknya dengan, mengganti kabel hardisk atau memasang hardisk lain untuk memastikannya.

Melakukan Update Driver VGA

Driver yang sudah lama tidak di update juga bisa menyebabkan timbulnya garis-garis pada layar laptop. Hal ini disebabkan karena kurang sinkronnya antara driver VGA lama dengan program yang baru. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mendownload update driver VGA laptop kamu, yang biasanya disediakan oleh web resmi vendor VGA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here