Tips Mengatasi Mozilla Firefox

Terakurat  – Tips Mengatasi Mozilla Firefox – Saat ini Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Dengan adanya Internet, maka masyarakan bisa menambah wawasan dan bisa terbuka lebar untuk lebih mengenal dunia. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah dengan menggunakan software browser internet. Banyak browser terbaik yang sudah di rilis untuk menunjang kebutuhan untuk berinternet ria.

Salah satu browser yang sering digunakan oleh masyarakat adalah Mozilla Firefox. Mozilla Firefox adalah software browser yang dikembangkan Mozilla Firefox Inc yang mendukung keterbukaan. Salah satu keunggulan browser ini adalah banyaknya ekstensi atau add-ons yang dapat menambah fungsi dari browser tersebut. Namun, ternyata browser ini memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya sering not responding, server nor found atau tidak bisa dibuka. Nah, buat kamu yang mengalami beberapa masalah tersebut maka simak ulasan mengenai cara mengatasi Mozilla Firefox  berikut ini hingga selesai!

Tips Mengatasi Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Mozilla Firefox Tidak Bisa dibuka

Mozilla Firefox tidak dapat dibuka bukan berarti tanpa sebab, nah berikut ini beberapa macam penyebab peramban tersebut tidak dapat dibuka.

  • Adanya ekstensi atau plusin yang tidak di instal namun tiba-tiba terinstal secara otomatis pada browser.  Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan ketika kamu akan mendownload file di internet, namun kamu malah diarahkan untuk mendownload semacam “toolbar” atau software yang kamu sendiri bahkan tidak tahu fungsinya untuk apa, tapi tidak diarahkan ke link tujuan file yang ingin kamu download. Sehingga kemungkinan besar kamu akan mengklik file yang baru saja di download karena kamu mengira file tersebut akan mengarahkan kamu ke file yang kamu tuju. Padahal sebenarnya, tidak seperti itu. File yang akan kamu download tidak didapat dan malah mendapatkan file berekstensi add-ons, ekstensi atau plugin Mozilla Firefox yang tidak berguna. Dan bisa jadi add-ons ekstensi tersebut malah membuat kinerja browser kamu melambat.
  • Kesalahan pada about:config. Alamat tersebut diketahui bagi kamu yang sudah berpengalaman untuk mengkonfigurasi browser Mozilla Firefox kamu agar bisa lebih cepat, stabil dan lebih baik ketimbang sebelum disetel. Untuk melakukan penyetelan pada pengaturan di about:config, maka kamu harus berhati-hati. Jika hasil penyetelan ini ada yang salah, maka bisa berakibat Browser Mozilla Firefox tidak dapat dibuka/
Baca juga  Rekomendasi Software Laptop Terbaik Agar Tidak Mudah Cepat Panas

Jika kamu mengalami masalah ini, kamu tidak perlu khawatir. Nah berikut ini cara mengatasi Mozilla Firefox yang tidak dapat dibuka.

  • Pada tampilan dekstop, tekan ctrl+alt+del. Lalu pilih Start Task Manager. Cara ini untuk mengarahkan kamu ke tampilan Task Manager.
  • Carilah Browser Mozilla Firefox pada tab aplikasi atau Firefox.exe pada tab process.
  • Setelah ketemu, klik kanan lalu pilih End Process. Setelah itu Mozilla akan keluar dengan sendirinya.
  • Selanjutnya klik Start> Program> klik kanan pada pilihan Mozilla Firefox> pilih Mozilla Safe Mode.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan sebelum membuka Mozilla Firefox versi Safe Mode. Ceklis semuanya, lalu pilih make Changes and Restart.
  • Tunggu hingga browser me-restart dan membuka kembali.
  • Setelah Mozilla Firefox terbuka, pilih menunya pada tombol warna jingga bertuliskan Firefox atau tiga garis horizontal.
  • Klik Add-ons/ekstensions.
  • Hapus beberapa add-ons yang tidak diperlukan atau add-ons yang seharusnya tidak di instal atau tidak berguna.
  • Lihat juga tab plugin dan hapus plugin yang tidak perlu atau yang tidak kamu instal sebelumnya.
  • Setelah semua add-ons, ekstensi dan plugin yang tidak berguna telah dihapus, restart Mozilla Firefox dengan cara menutup browser lalu buka kembali Mozilla Firefox.

Terkadang meskipun kamu sudah menghapus beberapa plugin dan ekstensi pada tam Add-ons, kamu masih perlu untuk menguinstallnya di windows. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik Start> Control Panel> Uinstall Programs atau Add/ Remove Program.
  • Cari aplikasi atau software yang bernama toolbar untuk browser Mozilla Firefox. Jika kamu bingung, intinya adalah hal ini dilakukan untuk menghapus sesuatu yang berhubungan dengan toolbar atau browser.
  • Restart Mozilla Firefox.

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara diatas, namun ternyata malah membuat Mozilla memunculkan pesan “Server Not Found”, maka ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Windows+R pada keyboard.
  • Ketikan Firefox.exe -p, lalu klik OK.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan Pilih Profil Pengguna Firefox. Pada bagian ini, buatlah profil baru lalu klik tombol “Jalankan Firefox” dan selanjutnya Mozilla Firefox dapat kembali dibuka.
Baca juga  Tips Memotret dengan Camera Smartphone

Setelah kamu melakukan ketiga cara di atas tadi, maka data-data yang kamu simpan sebelumnya pada browser Mozilla Firefox seperti Add-ons, form isian otomatis dan bookmark akan hilang. Bisa dikatakan, Mozilla akan tampil seakan baru.

By Heruuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *