Terakurat.com – Apakah kamu pengguna Whatsapp? Pernahkah kamu merasakan gangguan Whatsapp tidak bisa dibuka? nah di balik itu ternyata ada alasan tertentu mengapa Whatsapp tidak dapat berjalan dengan normal di Smartphone anda.

Ada banyak hal yang menyebabkan Whatsapp tidak dapat berjalan normal seperti pada umumnya, namun kamu tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah ulasan cara mengatasi masalah Whatsapp yang tidak dapat di buka.

Whatsapp tidak bisa dibuka

Smartphone Sudah Tidak di Dukung Oleh Whasapp

Alasan pertama yang menyebabkan Whatsapp kamu tidak dapat dibuka adalah karena, smartphone yang kamu gunakan sudah tidak support dengan aplikasi Whatsapp.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap aplikasi yang digunakan pada smartphone biasanya akan mengalami pembaharuan baik dari segi keamanan maupun segi tampilan.

Pembaharuan ini lah yang mengharuskan anda untuk selalu mendownload versi terbaru dari Whatsapp.

Masalah pada Aplikasi Whatsapp

Jika kamu merasa smartphone yang kamu gunakan masih layak untuk menggunakan Whatsapp namun tetap tidak bisa mengaksenya. Kemungkinan aplikasi Whatsapp memang sedang error.

Errornya aplikasi Whatsapp bisa saja terjadi mengingat Whatsapp juga kerap kali melakukan pembaharuan agar dapat berjalan lebih baik lagi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara lain untuk mengatasi masalah yang satu ini yaitu dengan cara menutup aplikasi secara paksa.

Kemudian tunggulah beberapa menit, Setelah itu coba masuk kembali kedapam aplikasi Whatsapp.

Masalah di Cache Aplikasi

Untuk alasan kenawa Whatsapp tidak dapat dibuka yakni bermasalah pada Cache aplikasi smartphone yang anda gunakan. Kemungkinan besar anda membuka aplikasi Whatsapp bersamaan dengan aplikasi lainnya, sehingga hal tersebut dapat membuat aplikasi Whatsapp akan terhenti.

Namun jika anda mencoba untuk menutup Whatsapp saja dan masih tetap tidak bisa bekerja seperti pada umumnya. Anda bisa menghapus cache aplikasi yang sedang berjalan.

Baca juga  Tips Menanam Hidroponik Sendiri di Rumah

Terdapat Masalah pada Smartphone

Ketika kamu sedang asyik chattingan namun tiba-tiba “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti” secara mendadak pasti sangat menjengkelkan bukan.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena smartphone yang kamu gunakan mengalami penurunan performa. Hal ini disebabkan karena spesifikasi hp yang kamu gunakan tidak mampu menahan banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan dengan Whatsapp.

Maka dari itulah Whatsapp tiba-tiba tertutup paksa secara otomatis dan berhenti tiba -tiba. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu memulai ulang perangkat anda.

Setelah restart maka secara otomatis smartphone yang kamu gunakan akan kembali seperti semula dan anda juga dapat menggunakan Whatsapp kembali.

Whatsapp yang Terinstal Sudah Kadaluarsa

Jika kamu tidak melakukan pembaharuan seperti yang disarankan oleh pihak Whatsapp maka kemungkinan Whatsapp anda tidak akan bisa dibuka.

Maka dari itulah, kamu harus rajin memperbaharui aplikasi Whatsapp secara rutin. Biasanya akan ada pemberitahuan apabila Whatsapp harus di update dan mendownload sistem yang baru.

Masalah pada Jaringan Internet

Alasan lainya kenapa whatsapp tidak dapat dibuka adalah mungkin karena masalah jaringan yang anda miliki. Whatsapp merupakan aplikasi chating gratis yang membutuhkan akses internet untuk memanfaatkan semua fitur yang berada pada aplikasi Whatsapp. Maka dari itu pastikan jaringan internet yang kamu miliki dalam keadaan baik.

Jika masih bermasalah tidak dapat masuk karena koneksi internet yang buruk, mungkin kamu bisa mencoba jaringan internet 4G atau menggunakan WiFi.

Kartu SIM yang error

Buat kamu yang mengandalkan Whatsapp menggunakan kuota internet pasti sangat bergantung ada SIM Card yang anda gunakan. Namun terkadang ada saja masalah pada SIM yang tidak terbaca.

Hal tersebut juga dapat menyebabkan jaringan internet mati sehingga dapat membuat aplikasi Whatsapp tiba-tiba terhenti.

Baca juga  Cara Membuat Layar Laptop Tetap Menyala, Tidak Mati Otomatis

Cara mengatasinya cukuplah mudah. Kamu hanya perlu mematikan smartphone terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa mencopot kartu sim yang kamu gunakan. Jika sudah kamu bisa memasangnya kembali kedalam ponsel anda.

Harap pastikan kartu SIM yang kamu gunakan terpasang dengan baik di dalam ponsel agar ponsel dengan mudah dapat membaca kartu SIM.

Itulah beberapa alasan kenapa aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka. Meski banyak alasan Whatsapp tidak dapat bekerja. Jika kamu memiliki solusi lainnya silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Baca juga : Begini Caranya Mengetahui Whatsapp Disadap secara mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here